Tips Daftar dan Jualan Jasa/Gig di Fiverr - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Daftar dan Jualan Jasa/Gig di Fiverr

Tips Daftar dan Jualan Jasa/Gig di Fiverr



Tips Daftar dan Jualan Jasa/Gig di Fiverr

Ijin share pengalaman dari newbie nih gan mengenai cara mendaftar dan bekerja di salah satu situs freelance terbesar di dunia, fiverr.
Sebenarnya niatnya buat thread ini sejak tanggal sembilan kemarin (tepat 1 bulan kerja di fiverr) tapi karena alhamdulillah kerjaan lumayan banyak dari fiverr, jadinya baru sempat share sekarang hehehe.
Udah sebulan lewat 5 hari saya gabung di fiverr.,
Awalnya cuman coba-coba, modal tau gesek2 mouse di corel doang, eh alhamdulillah sekarang udah dapat total $128 

Belum pernah di tarik sih, soalnya niatnya mau di tarik pas udah cukup buat beli laptop hihihi.
Oh iya, kalau ada yang bertanya bagaimana caranya uang dari fiverr nyampe ke tangan kita, caranya adalah dengan menggunakan akun paypal! Ya, $ yang dihasilkan dari fiverr bisa di transfer ke akun paypal kita, nah dari paypal itulah nanti di transfer lagi ke rekening kita.

Oke, sebelum mulai penjelasannya, ini nih interface dari fiverr.com:



Nah, bagi yang mau daftar, silahkan klik Join, nanti bakalan muncul form untuk daftarnya, atau bisa juga langsung daftar dengan akun sosmed agan-agan, seperti ini nih :


Oke, sampai daftar fiverrnya saya anggap agan-agan pasti udah ngeerti lah.
Nah, sekarang gimana caranya ngebuat "gig".
Gig di sini adalah jasa yang agan2 jual kepada buyer (pembeli).
Di fiverr sendiri udah ada kelompoknya masing-masing untk tiap gig, mulai dari musik, desain, programing, video editing, writing, SEO, sampai hal-hal yang hanya untuk have fun aja juga ada 

Nah, kalau udah klik pilihan untuk buat gig, maka akan muncul form untuk di isi, seperti ini:

+ Di bagian title silahkan agan tulis judul jasa yang mau di tawarkan. Gunakan titel yang semenarik mungkin dan seidentik mungkin dengan jasa yang di tawarkan, supaya mudah di dapat di pencarian dan lebih menarik buyer.

+ Di bagian Category agan pilih kira-kira di kategori mana jasa yang agan tawarkan, Ini harus benar-benar sesuai karena tim fiverr akan memeriksa apakah gig yang kita buat udah ada di kategori yang tepat atau tidak, kalau tidak nanti bakalan ada pemberitahuan untuk memperbaiki gig kita.

+ Di bagian tags, isi dah kata-kata kunci yang berhubungan dengan gig yang kita buat. Ini untuk memudahkan gig kita di dapat sama buyer lewat pencarian.

Udah isi form ini, lanjut ke form berikutnya :


Nah, di sini form untuk nentuin harga yang mau kita tawarkan untuk jasa kita, muali dari $5 tentunya.
Isi semua form yang ada terkait harga dan detial jasa yang di dapatkan buyer dengan harga yang agan tawarkan.
Di SS itu juga agan bisa liat bahwa kita bisa buat 3 paket harga!
Biasanya ini di gunakan ama yang udah punya reputasi di fiverr. Kalau saya sendiri nyaranin nggak usah pake paket2an dulu aja kalau masih abru di dunia fiverr.
Cukup paket $5 aja.
Kenapa? Prinsipnya sama aja gan dengan jualan di dunia nyata, kita mesti cari nama dulu supaya terkenal baru bisa jual mahal. Kalau masih baru di fiverr perlu kerja keras dan extra buat dapat pembeli. Ingat! Ini market global gan, kita bersaing sama semua orang di dunia, jadi tawarkan semaksimal yang kita bisa dengan harga yang murah aja dulu, nanti kalau udah mulai punya reputasi yang baik di fiverr baru dah bisa mulai jual mahal 


Selain harga standar, agan juga bisa nambah "Extra Gig", yakni jasa ekstra yang terkait dengan gig agan yang tentunya dapat bayaran extra juga :


Kalau udah ngisi harganya, form selanjutnya adalah ini nih :


Nah, ini nih yang penting!
Deskripsikan jasa yang agan tawarkan semenarik mungkin tapi seminimal mungkin.
Intinya gimana cara aganlah ngejelasin tentang jasa apa yang agan jual dengan cara yang paling mudah di mengerti.
Agan bisa liat-liat gig orang lain sebagai contoh dan perbandingan 

Next, Requirements :


Khusus form ini nggak wajib di isi sih gan.
Gunanya form ini buat ngasih tahu buyer tentang apa yang agan butuhkan supaya bisa ngerjain pekerjaan dari buyer.
Misalnya, seperti yang ada SS itu. Ada opsi jawabannya juga, apakah dengan text aja, atau harus melampirkan file.
Ngertikan?!
Next, gallery :


Nah di sini agan upload deh gambar yang terkait dengan jasa yang agan tawarkan. Gambarnya semenarik mungkin biar narik perhatian buyer juga 


Selain gambar, agan juga bisa upload video, tapi durasinya saya kurang tau hehehe

Kalau udah semuanya, jadi dah gig agan:


Udah siap dipasarkan 


Ok sampai di sini saya anggap agan udah ngerti dan siap buat daftar di fiverr


Selanjutnya, saya kasih beberpaa tips aja yah.

Sama halnya di dunia nyata, kita nggak bisa hanya diam nunggu pembeli, pasti kita harus jemput bola. Nah di fiverpun juga gitu gan, ada menu yang namanya "Buyer Request" di sana kita bisa liat kerjaan apa yang sedang dicari/ditawarkan oleh para buyer. Kita cuman punya 10 kesempatan/hari buat ngirim "offer"(penawaran) ke orang yang udah post buyer request, jadi manfaatkan sebaik-baiknya.


Review dari pembeli sangatlah penting! Review semacam kometar dari orang yang udah selesai membeli jasa kita. Review dari para buyer ini sangat penting untuk menjaga reputasi kita. Kalau review dari para buyer jelek otomatis orang-orang tidak akan membeli jasa kita lagi. Review ini juga sangat berpengaruh terhadap sistem level di fiverr. Di fiverr ada beberapa kriteria tertentu yang kalau udah di penuhi maka kita akan naik level dan ini juga bisa meningkatkan kepercayaan buyer buat beli jasa kita. Ini SS dari review buyer saya dan sistem level di fiverr (untuk ngecek level kita, bisa buka https://www.fiverr.com/levels)

Uang yang udah di dapat dari hasil kerja kita nggak bisa langsung di tarik! Butuh waktu setidaknya 2 minggu sejak job kita di nyatakan selesai baru $ kita bisa di tarik ke paypal kita gan. Intinya kalau job udah selesai, maka $ kita statusnya pending dulum, nanti sekitar dua minggu baru bisa di cairkan gan. Ini SS dari $ saya yang masih pending

Sampai sini udah pahamkan gan?
Sebenarnya masih banyak banget tips dan trik yang mau saya bagikan, tapi tangan udah pegal ngetiknya gan. So, bagi agan-agan yang mau nanya silahkan komentar atau nanya langsung


Saya harap ini bisa membantu agan-agan mencari rejeki yang halal dan semoga bisa jadi orang kaya 


Bagi yang udah kerja di fiverr silahkan bagi pengalamannya juga di sini, atau mungkin ada yang salah dari informasi yang saya bagikan mohon di benarkan hehehe

Good Luck!

Tips dari ane :

1. Kalo pertama kali jualan di Fiverr, bikin Gigs yang banyak dibutuhin dan worth to buy. Mungkin agan mikir, kalo gigs yang banyak di butuhin berarti banyak pesaingnya. yup benar ! Tapi setidaknya di Fiverr search, ada pilihan "New Arivals" sehingga ada kemungkinan Gigs agan kepilih ketika permintaan lagi tingi - tinggi nya.
2. Cari rating dulu, kalo bisa banting harga, maksudnya dengan orang bayar $5 pastikan agan ngasih service senilai lebih dari $5 bahkan lebih.
3. Kalo rating udah lumayan ( udah jadi level 2 seller ), silahkan deh timbang - timbang harga jasa agan selayaknya. Kalo bisa dengan orang bayar $5 jangan sampe agan kerja lebih dari 30 menit.
4. Promosi, promosi, promosi. Promosinya lewat sosmed. Ane biasanya lewat twitter, pake hashtag yang berkaitan dengan Gigs agan. Contoh ane : #EmailLists #EmailMarketing #marketing
5. Be creative ! If not, tons of competitor will kick you out. Ingat, saingan agan dari seluruh dunia, Fiverr terus update algoritma search engine nya, jadi kalo agan gak kreatif, bisa - bisa Gigs agan malah gak muncul.

 

Tambahan, karena terkadang orang suka kurang percaya diri termasuk ane, berikut tips - tips dari ane untuk meningkatkan percaya diri berjualan di Fiverr.

1. Pastikan agan udah punya konsep, jasa atau sesuatu apa yang mau di jual di Fiverr.
2. Cari di Fiverr Search dengan keyword sesuai gigs yang agan mau bikin.
3. Lihat service apa yang mereka kasih, pastikan agan bisa kasih service yang lebih dari mereka dengan begitu agan jadi lebih percaya diri.
4. Jalan - jalan di Fiverr, liat Gigs - Gigs orang dan agan akan ketemu orang yang cuman jualan sesuatu yang bodoh. Contoh : Saya akan mengirimkan 3 foto saya di dekat Taj Mahal dengan harga $5. Artinya, selama agan punya konsep dan kreatif, hal bodoh pun bisa jadi duit.


Post a Comment for "Tips Daftar dan Jualan Jasa/Gig di Fiverr"