Pengalaman Interview Kerja di PT Saipem Indonesia - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Interview Kerja di PT Saipem Indonesia

Pengalaman Interview Kerja di PT Saipem Indonesia



Pengalaman Interview Kerja di PT Saipem Indonesia

Lanjut dengan panggilan yang cukup lama setelah 2 bulan lebih dari perusahaan PT Saipem Indonesia tak kunjung mendapat kabar. Kali ini saya mendapat panggilan melalui telepon pada hari Selasa, tanggal 25 September 2012 dari Saipem. Saipem mengundang saya untuk melakukan interview user untuk posisi Jr. Piping Engineer di kantor mereka yang terletak di daerah HR Rasuna Said - Jakarta. Untuk jadwal interview saya diperbolehkan untuk memilih keesokan harinya pada hari Rabu atau 3 hari kemudian pada hari Jum'at. Berhubung panggilannya begitu mendadak saya memilih jadwal interview pada hari Jum'at pagi pada pukul 09.00.

 

Kamis saya tiba di Jakarta dan Jum'at pagi saya pergi ke kantor Saipem dengan menggunakan kendaraan umum yaitu Busway. Saya berangkat pada pukul 06.30 tanpa tahu arah jalan menuju ke sana karena saya belum pernah ke daerah Kuningan menggunakan kendaraan umum apalagi ini ke-2 kalinya saya naik Busway. Saya naik busway dari halte Perumnas Klender dan bertanya pada petugas di sana bagaimana caranya saya bisa ke daerah Kuningan? dan akhirnya saya mendapat pencerahan untuk beberapa kali transit menuju tujuan akhir halte Kuningan Madya. Di tengah jalan saya sempat panik yaitu saat transit di halte Matraman karena suasana halte disana sangat penuh dan saya harus berebut dengan penumpang lain untuk naik busway. Selain itu yang lebih membuat panik adalah waktu sudah menunjukkan pukul 08.00 lewat dan busway yang ditunggu pun tak kunjung tiba alias lama sekali datangnya. Akhirnya saya tiba di kantor Saipem sekitar pukul 08.50 dan saya masih sempat untuk ke toilet dahulu. Setelah itu saya langsung naik ke lantai 6 menuju bagian HR Saipem. Dari sana saya diantar oleh bagian HR ke lantai 3 menuju ruang orang yang mewawancarai saya yaitu dari Head of Department bagian Piping Engineer.


Setelah masuk saya langsung disambut oleh HOD di ruangannya, dan kemudian interview pun langsung dimulai. Beruntungnya saya pada kesempatan ini mendapat HOD orang Indonesia, bukan seorang ekspatriat  sehingga interview berjalan dengan tenang dan santai menggunakan bahasa Indonesia seperti percakapan biasa dengan teman. Mula-mula saya ditanya seputar diri saya dan kemudian dilanjutkan tentang pertanyaan mengenai Tugas Akhir saya yang kebetulan berhubungan langsung dengan posisi yang saya lamar yaitu Piping. Pertanyaan pun sangat mendalam tentang TA saya dan sedikit menyerempet ke pertanyaan teknis yang lain dengan dibumbui pertanyaan-pertanyaan lain di luar teknis dengan sedikit humor. Di akhir interview saya diberi kesempatan untuk bertanya. Interview berlangsung kurang lebih sekitar 1 jam. Setelah interview saya tidak disuruh untuk langsung pulang, tetapi disuruh menunggu terlebih dahulu untuk menemui pihak recruitment di lantai 6. Setelah menunggu saya dipanggil kembali dan bertemu dengan bagian recruitment di ruangannya. Disana saya seperti di wawancara lagi tapi hanya seputar diri saya dan aktivitas saya dengan menggunakan campuran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Selain itu saya ditanya seputar perusahaan Saipem. Setelah itu langsung masuk ke inti pembahasan yang menyatakan bahwa user telah menyatakan bahwa saya layak diterima sehingga saya diserahkan ke bagian recruitment untuk membahas masalah kontrak kerja. Karena pimpinan direksi disana sedang keluar kota, maka saya tidak bisa langsung menandatangani perjanjian kontrak kerja sementara. Setelah itu langsung dibahas mengenai langkah atau tahapan selanjutnya yaitu medical check up (MCU). Masih di lantai 6, kali ini saya disuruh untuk menemui orang dari departemen kesehatan untuk penjelasan MCU. Setelah selesai semuanya, saya diperbolehkan untuk pulang.

Berhubung hari itu adalah hari Jum'at dan sudah hampir jam 11.30 maka saya tidak langsung pulang. Saya menunggu waktu shalat Jum'at dan teman-teman saya yang masih bekerja di Saipem untuk turun ke bawah. Setelah menunggu tidak terlalu lama, akhirnya turun juga geng Saipem dari M07 yang saya tunggu-tunggu. Geng Saipem ini terdiri dari Gilang Nugraha, Catra Prathama, Fauzan Ramadhan, Luthfaldi Idfar, Teguh Binarto, dan Zico Umri. Kebetulan pula saya datang di hari yang tepat dimana pada hari ini ada traktiran gaji pertama bos Zico Umri. Ternyata di Saipem ini ada tradisi traktiran gaji pertama bagi yang telah diterima di sini. Sialnya, sehari sebelum saya tes ada Teguh yang melakukan traktriran gaji pertamanya dan saya tidak ikut dalam traktiran tersebut. Jika saya diterima di Saipem, sebagian gaji pertama saya diwajibkan untuk mentraktir geng Saipem yang telah bekerja di sana.

Sebelum shalat Jum'at kami makan dulu di tempat makan Padang di daerah belakang kantor yang tentunya di bayar oleh bos Zico. Setelah makan, barulah kami melaksanakan shalat Jum'at di gedung Bakrie dekat kantor Saipem. Setelah selesai shalat saya langsung pulang dan akan kembali lagi pada tanggal 1 Oktober untuk melakukan MCU di Medika Plaza yang berada di dalam Hotel Kartika Chandra.

Untuk kisah MCU dapat dilihat di 
~Medical Check Up: PT Saipem Indonesia~

 


Post a Comment for "Pengalaman Interview Kerja di PT Saipem Indonesia"