Pengalaman Mengikuti Tes Rekruitmen HALLIBURTON Terbaru 2021 - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Mengikuti Tes Rekruitmen HALLIBURTON Terbaru 2021

Pengalaman Mengikuti Tes Rekruitmen HALLIBURTON Terbaru 2021


Halliburton? wow buat anak teknik service oil company ini udah pasti terkenal akrab di telinga para mahasiswa dan menjadi salah satu dream company. Bukan cuma dilihat dari sisi salary nya yang emang cetar membahana kalo kata Syahrini tapi juga karena experience yang bakalan kita dapet dan kesempatan buat mengembangkan diri kita sendiri yang diberikan oleh perusahaan yang bahkan bisa membuat kita berkeliling dunia... siapa yang gak pengen.
Selain Halliburton ada juga saingan beratnya yaitu Schlumberger, yak kedua perusahaan asing yang bergerak di bidang service company untuk energy industry ini emang bikin banyak anak teknik berlomba-lomba buat pengen bisa berkesempatan berkarier di perusahaan tersebut


Sekarang aku bakalan ngepost dan sharing pengalaman waktu ikut tes di Halliburton, siapa tau bermanfaat haha..
Pertama kali apply halliburton di kampus, nothing to lose aja daftarnya, udah tau reputasi company nya kayak gimana soalnya. Yang diminta kampus waktu itu, ya cetak cv online, transkrip, ijazah (waktu itu aku ngasih SKL), sama sertifikat toefl (min.450)
Udah deh nunggu sekitar 2 mingguan terus ada panggilan buat tes tulis di Gedung pascasarjana ITS waktu itu tesnya. Jadi tahapannya kayak gini

1. TES TULIS
pagi pagi sebelum tes tulis dimulai yang katanya jam 8 ternyata agak molor, jadi jam 9 baru masuk ruangan. Terus ada safety moment 5 menit (muter video tentang pentingnya safety dimanapun kita berada. Bagus banget sih menurutku berarti culture pentingnya safety buat para pekerja nya bener-bener number one. Terus abis itu company profile yang nerangin divisi-divisi yang ada di field untuk field engineering. PSL nya ada macem-macem mulai dari wireline, baroid, cementing sama sperry drilling. Yang sperry drilling usernya masih muda, ganteng lagi (okelah tidak penting)
Abis itu ngerjain tes tulis waktunya sekitar 1,5 jam terdiri dari soal tes kemampuan bahasa Inggris ya hampir kayak toefl gitu sih tapi ga pake ada listeningnya. Jadi cuma reading sama grammar.
Tes kompetensi teknisnya itu ngerjain soal-soal cerita dan logika matematika, ada juga soal matematika itungan dasar kayak SMA dulu. Semuanya in english yah, jadi waktu itu saya ngerjainnya ga selesai yang bagian kompetensi teknis ini
udah abis gitu disuruh istirahat keluar nunggu 2 jam dan bakalan diumumin yang lolos buat tahapan selanjutnya FGD

2. FGD
Kira-kira 2 jam lebih abis tes tulis hasilnya yang lolos buat FGD ditempel. Waktu itu saya pesimis bakal lolos yaudah saya balik kos aja tidur-tidur, eh ternyata setengah 4 sore di tlp temen saya kalo saya lolos FGD dan saya kelompok 1 dan FGD nya udah mau dimulai, mampus lah!!


Saya ngebut tapi tetep aja gak kekejar, kelompok FGD udah masuk yang kelompok 1-4. Masih dengan napas ngos-ngosan saya nemuin mbak HRD Panitianya dengan muka melas trs ditanyain namanya dan suruh tunggu dulu. Abis itu diusuruh ngumpulin softcopy CV dan damn baru inget flash disk dipinjem temen, alhasil kacau saya minjem hp dan laptop temen sama peserta yang ada disitu buat download cv saya di email (agak malu maluin ya) haha bodo amat

Oke akhirnya saya dipanggil diikutin FGD kelompok 12 (kelompok terakhir). 1 kelompok sekitar 6-7 orang. waktu itu kelompok saya ceweknya cuma saya. dikasih soal cerita gitu kondisi di field dan rig up, dikasi study kasus dan gimana cara kamu solving problem sebagai sebuah tim. Waktu FGD nya gak lama sekitar 15 menit. Asli waktu itu saya bingung mau jawab gimana secara walaupun saya anak teknik, tapi bukan yang berbau bau perminyakan, pengeboran dll itu. Mana FGD nya in english semua, yaudah waktu itu saya jawab semasuk akal yang ada di otak saya aja.
kelar FGD Mbaknya bilang kalo pengumuman yang lolos ke wawancara user ntar malem langsung antara jam 10-11 gitu

3. INTERVIEW USER DAN HRD
Malemnya dengan gak gitu ngarep soalnya kemampuan bahasa Inggris biasa banget aku tungguin email, udah refresh sampe jelek ga ada email masuk juga sampe jam 11. Nanya temen juga pada belom dapet yaudah akhirnya aku tidur.


Ternyata pas kebangun jam 3an gitu temen-temen pada tlp hp sama sms aku ngasih tau kalo aku lolos buat interview user hari ini. Dan ternyata di emailnya jam 23.30 dan wajib me reply email buat konfirmasi kehadiran maksimal jam 01.30 (gilaak pengen ngakak rasanya). Tapi bodo amat sih waktu itu aku reply reply aja walaupun telat banget.


Siangnya dapet giliran buat interview jam 13.30 waktu itu tempatnya di Novotel. Enak banget karena jam makan siang para peserta dipersilakan buat makan siang di restoran hotel bareng-bareng sama bapak-bapak usernya, keren banget, dari sini aku bisa nyimpulin kalo halliburton ini bener-bener memperhatikan kesejahteraan karyawan, ;)


Waktu naek ke atas sharing sama peserta lain ternyata ada yang dapet jadwal jam 10 pagi tp belom pulang soalnya masih harus antri ke user yang lain. Jadi ternyata pertama kita bakalan di interview sama HRD, waktu itu sih ditanyain divisi apa yang paling pengen kamu masukin sebutin at least 3 dan kenapa.


Habis itu bakalan di recommend sama HRD nya setelah interview HRD mesti antri ke user apa dulu (wireline, sperry drilling, baroid, cementing)


Ada yang baru wawancara sama 1 user udah di suruh pulang ada yang mesti ke semua user dulu.
Waktu itu pas di interview HRD pertanyaan yang diajuin ya seputar diri sendiri, kepribadian gitu, trs pengalaman organisasi, yaa standar pertanyaan HRD lah


Habis itu HRD ternyata nyuruh buat masuk sperry drilling dulu (oh men ini divisi paling standby dan harus on call setiap saat hehe) tapi usernya kece banget masih muda :p
Yaudah di sperry drilling udah takut aja bakalan ditanyain teknis banget ternyata enggak, lebih kayak kepribadian sama komitmen. Waktu itu sempet ditanyain juga berapa expected basic salary yang diharapin sebagai field engineer. Dan waktu itu walaupun saya tau kalo gaji di service oil company itu gila-gilaan tp saya jawabnya : There is general standard for fresh graduated basic salary, but if include other benefit it becomes more than standard basic salary. Terus ditanyain brp dan dengan polosnya aku jawab : Standard basic salary for fresh graduated is 5 million, langsung deh 2 usernya ngakak (pasti mereka mikir aku bodoh banget,haha)


Terus usernya bilang kalo sbg field engineer kamu bakal di hargain basic salary 600.000 per hari jadi kamu bisa ngitung kan how much in a month? dengan wajah bodoh aku jawab : yes Sir (-______-)
Udah deh abis gitu balik nanya ke hrd nya apa aku udah boleh pulang atau mesti ke user lain dulu (dalam hati sebenernya ngarep bakalan disuruh langsung pulang haha)
Ternyata disuruh buat nunggu lagi buat interview ke baroid sama cementing, mereka jadi 1 ruangan jadi ntar usernya ada 4, hmm nunggu cukup lama 1 jam lebih lah..


Sebelum aku ada anak Teknik Industri juga yang interview dan dia cuma sekitar 10 menit soalnya divisi ini kayaknya emang butuhnya yanga da hubungan buat kimia gt jadi agak gak relevan sama jurusanku. Tapi ternyata pas masuk aku 30 menitan lebih haha diajak becanda sama bapak-bapak usernya yang baik dan ramah-ramah.


Awal-awal pertanyaan bahasa Inggris dan emang harusnya semua proses seleksi in english. Tapi gatau dari mana awalnya tiba-tiba wawancara jadi berubah pake bahasa Indonesia sampe selesai sekitar 30 menitan hahaha. Pertanyaannya lucu dan out of the box dan ujung-ujungnya bapaknya divisi baroid bilang : Erys saya kok jadi ga tega ngirim kamu kerja di hutan ya, kayaknya kamu terlalu princess buat saya kirim ke hutan ( shock dan bingung tp pengen ngakak juga ). Saya nothing to lose aja sih pasrah sebenernya soalnya udah tau dari 4 bidang field engineer ini saya emang kurang ngerti teknisnya karena ga terlalu dipelajari di kuliah hehehe


Dan selesai lah interview saya...disuruh nunggu 2 minggu lagi buat pengumuman medcek dan kalo lolos bakalan langsung offering letter.


Kata temen jurusan elektro yang sempet masuk ke user wireline disitu disuruh ngerjain soal fisika dasar sama kayak rangkaian listrik gitu guys, untung ga sempet masuk sana, bingung juga mau jawab apa hehe

4. MEDICAL CHECK UP
emang ga terlalu berharap sih abis wawancara yang lucu sama bapak-bapak usernya. Dan pas pulang jadi mikir apa aku sanggup buat kerja di rig yang satu tim cuma 2-3 orang? dari situ kayaknya aku berpikir aku belum se tough itu
ternyata beneran dong 2 minggu kemudian dikasi tau anak-anak kalo ada yang udah di email yang dari jurusn mesin, teknik kimia dll...
hahahah emang udah bukan rejekinya disitu yang penting kita sudah memberikan usaha maksimal :)

Post a Comment for "Pengalaman Mengikuti Tes Rekruitmen HALLIBURTON Terbaru 2021"