Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Magang atau PKL di PT Dirgantara Indonesia

Pengalaman Magang di PT Dirgantara Indonesia





note: may contain typo, curhat, oot etc.
sesuai judulnya, post ini berisi cerita tentang kp di PT DI bagian flight control di departemen analysis system.
gausah dijelasin lah yaa PT DI itu apa dan dimana.
seperti tahun-tahun sebelumnya yang kp disini banyak banget. dari berbagai jurusan dan universitas, eltoro sendiri ada 20 orang yang kp disini (ralat gue kalo salah).
taun lalu ga ada yang ngepost cerita kp di PT DI. tapi berhubung gue dan partner kp (vani) ga gabut jadi gue mau cerita. jangan dikira kalo kp di PT DI itu selalu gabut. tergantung ambil bagian apa.
kalo mau cerita kp yang lebih menarik dan lebih oot kunjungi site penulis, lamanasikana.tumblr.com.

minggu pertama



rabu, 20 mei 2015
kebetulan yang mulai kp hari ini berlima yaitu gue, vani, cicim, fitri, ama novita. gue ama vani bagian flight control, sedangkan cicim, fitri, ama novita bagian avionic.
kami dateng jam 9.00 dan langsung ke ruang resepsionis buat minta id card visitor dengan menukar salah satu ktm.
id card ini perlu banget buat masuk ke PT DI. kalo ga pake id card ga dibolehin masuk ama satpam. di pos satpam ini juga harus bikin surat kalo bawa laptop. suratnya dibawa dan bakal distempel tiap hari kalo mau masuk.
abis itu kami pergi ke gedung diklat lantai 2 buat ketemu bu Ila. di bu Ila bakal dikasih surat pengantar buat bikin id card.
setelah dapet surat pengantar, kami ke gedung GPM lantai satu buat bikin id card.
di ruangan id card ini kami menulis riwayat hidup sederhana yang dilampirkan pas foto 2x3 2 lembar, pas foto 3x4 2 lembar, dan fotocopy ktm.
id card kami baru jadi keesokan harinya jam 10.00.
abis itu kami pulang karena harus uas sisken dan penulis sendiri harus presentasi+demo tubes sismik.

kamis, 21 mei 2015
hari ini gue ama fitri berangkat bareng naek angkot. gue ama fitri naek angkot caringin-sd serang dari baltos dan turun di patung husein. darisini kami harus jalan sekitar 30 menit buat ke PT DI soalnya kalo pagi portalnya ditutup.
kami berlima janjian di resepsionis jam 10.00. setelah semua dateng, kami langsung ke GPM buat ambil id card. ternyata id card ini bayar 2.500 rupiah.
abis itu kami ke gedung putih (kata bu Ila) lantai 4 buat ketemu pak Andi Yudono, kepala departemen analysis system.
karena kedua supervisor kami belom ada, jadi kami ketemu pak Widi Handoko buat di kasih penjelasan singkat tentang kp di PT DI.
ga berapa lama kemudian, yang avionic dipanggil pak Andi disuruh ke lantai 3.
gue ama vani dijelasin jadwal masuk di PT DI. karyawan biasa masuk jam 7.45 dan pulang jam 4.30 untuk senin-kamis dan pulang jam 5.00 untuk jumat.
disini terserah kami mau masuk dan pulang jam berapa. trus akhirnya diputuskan kami masuk jam 9.00 dan pulang jam 3.30.
selain itu dijelasin pula beberapa topik yang bisa dipilih buat dijadiin kp. gue ama vani kerja bareng, satu topik dan satu laporan.
abis itu gue ama vani dikasih bacaan tentang flight control. pas jam 3 novita dateng bawa bacaannya sendiri. kami baca-baca sampe jam pulang, jam 4.00.

jumat, 22 mei 2015
gue ama vani akhirnya uda menentukan topik kp apaan. setelah bacabaca yang ga terlalu membantu. banyak istilah-istilah yang gatau, maklum kami bukan anak penerbangan.
kami memutuskan ambil trim. trim adalah suatu sistem yang meringankan beban pilot. ga mungkin kan pilot ngasih gaya yang konstan terus-menerus apalagi kalo lagi take-off ato landing. jadi dibantulah dengan trim ini.
pak Widi menyarankan elevator trim karena itu susah. mungkin yang lain terlalu gampang buat kami haahaa.
kami juga dikasih laporan kp anak elektro ub taun lalu yang dibimbing ama pak Widi.
karena gue ama vani ga ngerti apa-apa dan bingung mau desain kayak gimana jadinya kami nyicil laporan.
vani bikin bab 1, sedangkan gue bikin bab 2.
trus istirahat sekitar jam 11.30 sampe jam 1.00. abis istirahat lanjut nyicil laporan lagi.
hari ini dikit banget progressnya karena uda bosen juga. sampe jam 4.00 pulang deh.
ohh yaa disini ga disediain internet. jadi harus sedia internet sendiri. salah satu kekurangan kp di PT DI selain ga dapet gaji. cuma disedian air minum panas dan dingin.

minggu kedua



senin, 25 mei 2015
hari ini penulis berangkat sendiri karena fitri harus presentasi+demo tubes sismik. partner gue, vani, juga ijin sama kayak fitri.
sampe di kubikel, gue kembali pinjem buku bacaan. belajar gimana desain rangkaian elevator trim.
gue pake referensi n235 (nama pesawat) karena elevator trimnya mirip ama punya n219. kebetulan gue ama vani disuruh desain elevator trim pesawat n219.
tapi karena penulis juga masih bingung, jadi lanjut nyicil laporan lagi.
ga berapa lama kemudian pak Ali dateng membawa serta tiga anak unsri. dikenalin lalala gitu.
mereka anak elektro angkatan 2012 juga. bedanya rombongan penulis cewek semua, rombongan mereka cowok semua.
trus ga berapa lama juga dateng satu cewek dari telyu, anak telkom angkatan 2012.
mereka semua baru mulai kp hari ini dan masih pake id visitor. rencana bakal kp satu kubikel ama kami.
jam 12.00 kami istirahat sampe jam 1.00. abis itu gue lanjut nyicil laporan *again*.
then pulang seperti biasa, jam 4.00. besok gue ama vani bakal diskusi ama bahas progress kata pak Widi.
padahal penulis bingung progress apa yang hendak disampaikan ke pak Widi.

selasa, 27 mei 2015
seperti biasa, gue ama vani nyicil laporan. di tengah-tengah menulis, kami dipanggil pak Widi. kami dijelasin lebih rinci apa yang harus di desain.
setelah tercerahkan, gue ama vani bisa desain switch up and down elavator trim untuk pilot dan co-pilot masing-masing.
sebelum kedua switch ini dapat berpengaruh, pilot dan co-pilot masing-masing harus menekan suatu tombol. nah apabila mereka menekan secara bersamaan maka yang bakal dihubungkan adalah pilot *diskriminasi emang*.
kami berhasil merancang dua hal ini. setelah itu, gue ama vani berusaha menghubungkan ke bagian actuator, tapi bingung ama kegunaan switch yang ada didalemnya.
ngubek-ngubek internet juga ga bakal nemu, karena bagian actuator ini bikinan vendor.
sampe jam pulang kami masih bingung, akhirnya memutuskan untuk pulang.
progress hari ini cukup lumayan, setidaknya daripada cuma nyicil laporan.

rabu, 28 mei 2015
hari ini kita memutuskan bertanya cara kerja actuator. lumayan tercerahkan, akhirnya kami dapat merancang antara pilot dan co-pilot sampe actuator.
setelahnya kami berusaha merancang emergency actuator. namun lagi-lagi bingung ama kegunaan salah satu switch.
dan lagi-lagi sampe jam pulang kami masih bingung. akhirnya kami memutuskan untuk pulang.
ohh yaa kami juga diharuskan desain kabel yang digunakan, autopilot dan menampilkan posisi elevator trim ke display untuk pilot dan co-pilot.

kamis, 29 mei 2015
kami masih bingung ama switch yang ada di emergency. akhirnya gue iseng download livewire.
livewire ini adalah simulasi yang dipakai di yellow page, laporan anak ub maksudnya, soalnya warnanya kuning gitu.
ternyata cuma 4.6 mb dan uda dalem zip jadi ga perlu install lagi.
jam 11.30 sampe jam 12.30 kami istirahat. ternyata istirahat disini jam 11.30 sampe jam 12.30.
setelah istirahat, kami memutuskan untuk bertanya cara kerja emergency. setelah itu kami mencoba membuat desainnya.
akhirnya setelah jadi, kami melakukan simulasi menggunakan livewire. disini vani yang membuat rangkaiannya di livewire.
karena penulis bosen ga ngapa-ngapain akhirnya ikutan bantuin vani. ternyata di simulasi ini motor yang dibagian actuator bisa gerak clockwise ato counter sesuai dengan switch yang ditekan.
antara seneng dan lucu karena baru pertama kali liat simulasi yang kayak gini. di livewire juga bisa diliat arus yang mengalir ato tegangan tiap node.
cukup lumayan progress kami hari ini.

jumat, 30 mei 2015
hari ini penulis tibatiba teringat kalo elevator trimnya uda maksimal, motornya harus berhenti. yang terpikirkan oleh kami adalah menggunakan sensor jarak.
namun resolusi yang dibutuhkan sangat kecil, yaitu 0.375 inchi, sekitar 9.5 mm. ternyata susah mencari sensor ini.
sampe istirahat juga masih ga nemu sensornya. akhirnya kami memutuskan merancang kabel yang digunakan.
sekitar jam 3.00, cicim dan fitri turun ke lantai 3 buat presentasi ama kakak pendampingnya.
dan mereka lama banget presentasinya. jam 4.30 kami baru bisa pulang. efeknya adalah kena super macet. macet di padjajaan, paskal, jalan dr dr itu, wasken, all tamansari terutama baltos.
lesson learned adalah jangan pulang sore-sore. pulanglah abis sholat ashar, antara jam 3.30 sampe jam 4.00.
jangan pulang agak siang juga, ga enak ama yang laen. apalagi kalo sekubikel ama jurusan dan universitas lain kayak kami.

minggu ketiga



rabu, 3 juni 2015
setelah long weekend garagara Hari Raya Waisak, kami masuk kp lagi. hari ini kami menggabutkan diri, mungkin efek long weekend.
sebenernya karena kami belom terpikir desain display ama autopilot. dan kalo lanjut laporan males karena internetnya susah sinyal.
setelah istirahat, kami memutuskan bertanya ke pak widi sekaligus menunjukkan hasil desain dan simulasi. desain kami ga perlu revisi, tinggal bikin skematik listrik seperti file actuator.
selanjutnya kami merancang autopilot dan display. namun belum dimasukkan ke dalam rangkaian simulasi, masih di atas kertas.
seenggaknya hari ini berprogress meskipun penulis merasa sangat gabut hari ini.
ohh yaa hari ini ada dua cewek yang dateng ke departemen kami. rencananya dua cewek ini bakal kp satu kubikel ama kami juga.

kamis, 4 juni 2015
sama seperti sebelumnya, gue ama vani kembali menggabutkan diri. penulis sendiri cuma memasukkan desain rangkaian sebelumnya ke dalam rangkaian simulasi.
hari ini meja kami penuh. karena ga ada yang duduk disamping anak unsri padahal mejanya uda ditata ulang.
akhirnya setelah istirahat, kami (gue, vani, fitri, karena novita sp dan cicim pindahan rumah) pindah ke samping anak unsri soalnya charger laptop fitri ga nyampe ke stop kontak.
meskipun gabut namun akhirnya vani berhasil menyelesaikan bab 1 sedangkan gue berhasil menyelesaikan bab 2 hari ini.
ohh yaa ternyata dua cewek yang baru mulai kp ini dari telyu, anak elektro angkatan 2013. 
hari ini juga kami kembali melihat tiga cewek yang dateng ke departemen kami. rencananya tiga cewek ini bakal kp di kubikel sebelah kami.
samar-samar kami mendengar mereka dari itb juga.

jumat, 5 juni 2015
hari ini penulis ulang tahun yang ke-19 haahaa.
hari ini gue ama vani lanjut bikin laporan bab 3. vani nulis bagian perancangan, kalo gue bagian simulasi.
vani ngejelasin apa aja yang harus dirancang sedangkan gue ngejelasin gimana bikin desainnya.
cuma segitu doang progressnya. sama seperti day sebelumnya, kami merasa bosan dan malas.
ohh yaa tiga cewek dari itb ini adalah anak ft 2012 dan ternyata mereka satu kubikel ama kami.
lesson learned adalah dateng yang pagi karena uda banyak dan rame yang kp di kubikel kami. dan kalo mau kp di PT DI jangan dijadiin opsi terakhir. uda susah cari topiknya. lagipula banyak keuntungan kalo daftar kp di PT DI awal-awal.
maklum, penulis dan rombongan adalah yang pertama daftar kp di PT DI season ini. belom ada jurusan dan univ lain yang daftar. jadi banyak opsi mau kp di departemen apa, ambil bagian apa, ambil topik apa.
yaa mau kp dimanapun sih kalo bisa daftarnya awal-awal.

sekian cerita kp di PT DI bagian flight control. masih ada dua minggu lagi waktu kp gue ama vani di PT DI. karena satu bulan selanjutnya gue ama vani bakal kp di Tripatra Bojonegoro.
maap ga ada foto-fotonya. kalo mau, minta aja ama temen-temen lain yang kp disini. penulis biasa jadi objek foto, jadi gapunya foto-foto kp di PT DI heehee.

 


Post a Comment for "Pengalaman Magang atau PKL di PT Dirgantara Indonesia"

close