Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengecek Infrared di Oppo dan Android Lainnya

Cara Mengecek Infrared di Oppo dan Android Lainnya


Cara Mengecek Infrared di Oppo Dan Android – Hallo semua diartikel kali ini saya akan membahas tentang infrared. Eits tunggu dulu ini bukan inframerah kek di film-film ya, tapi infrared yang ada di hp.

Nah untuk kalian yang sedang mampir diblog ini pastinya kalian sedang mencari cara mengecek infrared di android benar kan? Kalo iya selamat deh karena kalian berada diblog yang tepat.

Sebelum masuk ke pembahasan utama saya akan membahas sedikit mengenai infrared ini. Jika anda sedang buru-buru silahkan langsung lompat ke bagian tutorial dibawah, jika tidak silahkan baca sedikit info yang akan kami berikan berikut.

Infrared atau inframerah mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Pasalnya sebelum adanya bluetooth dan wifi, infrared sudah digunakan pada zaman ponsel jadul untuk berbagi file.

Namun seiring berjalannya waktu, infrared mulai ditinggalkan dan pengguna beralih ke bluetooth yang mana kecepatan transfer datanya lebih cepat berkali-kali lipat dari infrared tersebut.

Tapi tenang saja meskipun sudah ditinggalkan bukan berarti fitur ini dihilangkan. Fitur ini masih tersedia di Hp Android seperti Oppo, Vivo, Asus, Samsung, Lenovo, Huawei, LG, Sony, dan beberapa jenis smartphone lainnya.

Lalu kenapa inframerah masih ada? Katanya sudah ketinggalan jaman?

Jadi begini, memang kalau untuk transfer data infrared kalah dengan fitur lain seperti bluetooth dan wifi tapi itu hanya sebatas pada hp saja. Tapi jika untuk alat elektronik lainnya, IR ini sangat penting, contohnya saja remote AC, Remote TV dan alat elektronik lainnya. Itu semua memakai IR loh.

Tapi menurut saya pribadi, fungsi utama dari adanya Infrared di Smartphone ini adalah sebagai remote tv cadangan sih haha. Buat kalian yang ingin mencoba nya silahkan menuju Cara Menggunakan Remote TV di Hp Oppo.

Cara Mengecek Infrared di Oppo Dan Android Lainnya

Ada 3 cara untuk mengecek infrared di android yaitu dengan aplikasi, kode dial dan cek manual. Silahkan dipilih ingin menggunakan cara yang cocok dengan anda.

Cara Cek Infrared di Oppo Dengan Aplikasi

  1. Download aplikasi IR Test by Argentina Developers di Playstore.
  2. Jika sudah terpasang silahkan buka aplikasinya.
  3. Aplikasi akan mulai mengecek apakah Hp kalian ada fitur Infrared nya.
  4. Maka akan ada tulisan yang muncul seperti “YOU HAVE AN IR BLASTER” maka selamat hp kamu memiliki infrared namun,
  5. Jika yang muncul tulisan “YOU DON’T HAVE AN IR BLASTER”, sangat disayangkan hp mu tidak memiliki fitur infrared.

Aplikasi IR Test

Cara diatas bisa digunakan disemua merk smartphone seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, Samsung, Lenovo, dan Asus.

Cara Cek Infrared di Android dengan Dial

Untuk menggunakan cara dial, hanya bisa dibeberapa merk saja seperti samsung dan xiaomi. Untuk merk hp yang lain sedang saya cari kode nya, jika sudah ketemu akan saya update lagi.

  • Buka telepon lalu ketikkan dial dibawah ini,
  • Untuk samsung silahkan gunakan dial *#0*#
  • Untuk Xiaomi gunakan *#*#64663#*#*
  • Jika sudah maka akan muncul secara otomatis GENERAL TEST MENU, disini kalian akan disuguhkan berbagai fitur untuk mengetest ponsel.
  • Untuk mengetahui Fitur inframerah silahkan temukan menu IR LED

Jika kalian tidak menemukan menu IR LED berarti hp kalian tidak memliki Infrared.

Cara Cek Infrared di Android Manual

Cara ketiga ini digunakan untuk lebih memastikan apakah fitur IR ada atau tidak di Ponsel kalian. Cara nya sangat mudah, silahkan kalian cari semacam lampu kecil, lampu ini mirip seperti yang ada di remote TV. Biasanya lampu ini terdapat pada bagian atas kanan ponsel.

Nah itulah dia cara mengecek Infrared di Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi, Asus, Lenovo atau jenis Android lainnya yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan mudah dipahami ya.

 


Post a Comment for "Cara Mengecek Infrared di Oppo dan Android Lainnya"

close