Pengalaman Tes Kerja di Samsung Elektronik Indonesia - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Tes Kerja di Samsung Elektronik Indonesia

Pengalaman Tes Kerja di Samsung Elektronik Indonesia


 Pengalaman Tes Kerja di Samsung Elektronik Indonesia

Kamis, 18 Juli 2012, Bandung. Di sore yang adem dan tenang tiba-tiba saya mendapat satu buah pesan SMS yang sangat penting. Isi SMS tersebut adalah sebagai berikut: (saya ketik ulang sama persis dengan teks aslinya)

"Yth. Kandidat PT Samsung Electronics Indonesia, anda diundang ikt tes Samsung Electronics Indonesia, anda diundang ikt tes rekrutmen. Kamis, 19 juli, jam 09.00 di ruang 9211, GKU Timur lantai 2 ITB. Info lengkap bisa dilihat di announcement www.karir.itb.ac.id #Salam. ITBCC"

 

Setelah membaca pesan tersebut saya langsung terkejut karena baru 1 hari yang lalu tepatnya tanggal 17 Juli 2012 rekrutmen Samsung Electronics Indonesia (SEIN) ini ditutup. Lebih terkejut lagi karena SMS ini mendadak dan saya belum memiliki persiapan apa pun untuk mengikuti tes ini (padahal tes-tes rekrutmen sebelumnya juga saya tidak pernah belajar apa pun, haha :P). Untuk tes rekrutmen SEIN ini terdiri dari 2 hari tes. Hari pertama tanggal 19 Juli tes tertulis. Hari kedua tanggal 20 Juli wawancara dengan user dan HRD.

 

Esok paginya saya berangkat ke kampus hanya dengan membawa alat tulis seadanya tanpa membawa CV, fotokopi transkrip, fotokopi ijazah, dan kawan-kawannya. Jam 9 pagi kami mulai antre di depan pintu masuk ruang tes untuk mengisi daftar hadir. Jumlah peserta yang datang sangat banyak, kira-kira bisa saya perkirakan jumlah mencapai seratus orang lebih karena saat pertama kali saya masuk, saya mendapatkan posisi tempat duduk paling belakang. Untung saja tidak telat, karena jika telat bisa-bisa saya mendapat kursi paling belakang mentok tembok dimana masih ada peserta tes yang duduk di barisan belakang saya dengan menggunakan kursi tambahan (bisa dibilang sangat sumpek). Rangkaian acara pada hari tersebut terdiri dari: pembukaan, presentasi SEIN, tes TOEIC (english test), istirahat, tes aptitude, dan tes UK.

 

Presentasi yang dilakukan seperti presentasi rekrutmen perusahaan pada umumnya. SEIN ini berlokasi di daerah Cikarang, Jawa Barat. SEIN merupakan perusahaan elektronik kedua terbesar di dunia. Selebihnya mengenai perusahaan ini saya tidak ingat. Yang saya ingat hanya tahapan tesnya yang terdiri dari:

1. Tes TOEIC dan tes aptitude (untuk S1), tes TOEIC dan tes UK (untuk D3)

2. Wawancara dengan user dan HRD

3. Medical Check Up

4. Tanda tangan kontrak kerja

 

Tes TOEIC ini merupakan salah satu tes standar bahasa Inggris bagi perusahaan SEIN. Saya sendiri belum pernah mengikuti tes TOEIC sebelumnya, dan ini merupakan aksi perdana saya mengerjakan soal-soal TOEIC. Bagi saya yang masih amatir di dunia bahasa Inggris, setelah melihat soal TOEIC saya menganggap soal TOEIC ini mirip-mirip dengan soal TOEFL yang secara garis besar terdiri dari listening dan reading (cmiiw = correct me if i'm wrong). Untuk soal tes TOEIC ini terdiri dari 100 soal listening dan 100 soal reading. Untuk 20 soal awal saya masih lancar mengerjakannya karena soal tersebut berupa gambar dengan pertanyaan kira-kira manakah pernyataan yang paling tepat untuk menjelaskan keadaan pada gambar tersebut. Soal ini masih saya anggap mudah karena narrator mengucapkan kalimat per kalimat dengan pelan. Selanjutnya pada bagian conversation dari beberapa orang hingga pertanyaan cerita, lumayan sulit saya jawab karena narrator berbicara lebih cepat dari sebelumnya. Setelah 45 menit, listening pun selesai dan dilanjutkan dengan mengerjakan soal-soal reading. Sekitar pukul 12.30 seluruh peserta selesai mengerjakan soal tes TOEIC ini. Setelah itu dilanjutkan dengan tes aptitude untuk S1 pada pukul 13.15, dan tes UK untuk D3 pada pukul 14.45.

 

Tes aptitude ini terdiri dari 2 bagian dengan soal-soal dalam bahasa Inggris. Yang pertama saya lupa nama bagiannya, soal-soalnya berisi data-data tabel dimana kita harus menghitung pertanyaan yang diminta berdasarkan data-data yang ada dari tabel tersebut. Bisa di bilang bagian pertama ini mirip dengan tes kemampuan berpikir nalar perusahaan Total seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya disini. Bagian kedua adalah general reasoning dimana soal-soalnya berisi tentang kemampuan kita untuk mengurutkan urutan orang ataupun nama kota berdasarkan peraturan yang ada. Pertanyaannya sangat klasik, urutan manakah yang benar berdasarkan peraturan yang ada? atau pertanyaan lainnya mirip-mirip seperti itu. Masing-masing bagian terdiri dari 25 soal, dan total soal keseluruhan berarti ada 50 soal. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes ini adalah 1 jam. Untuk tes UK saya kurang mengerti karena saya tidak mengikuti tes tersebut. Yang saya tahu dari pihak SEIN sendiri dikatakan bahwa tes UK ini mirip-mirip dengan tes Pauli atau Kraeplin dengan sedikit modifikasi. Setelah semua tes selesai, peserta akan diberi kabar hasil tes hari pertama pada malam hari. Jika lolos akan dikabari melalui SMS untuk mengikuti tahap wawancara keesokan harinya. Alhamdulillah, malam harinya sekitar pukul 21.30 saya mendapat kabar baik berupa SMS undangan untuk interview besok.

 

Hari ini (Jumat), 20 Juli 2012, Bandung, ITB, ruang wawancara ITB career center, akan diadakan wawancara user dan HRD. Sebelumnya para peserta diharuskan datang pukul 08.00 untuk melihat jadwal atau giliran wawancara masing-masing. Saya datang sedikit telat yaitu pada pukul 08.30 dan saya mendapat bagian jadwal wawancara user pukul 10.00-10.15 dan wawancara HRD pukul 10.15-10.30. Setelah masuk ke ruang karir ITB saya masih harus menunggu lagi untuk dipanggil wawancara. Sedikit terlambat dari yang dijadwalkan, saya dipanggil pada pukul 10.15 untuk wawancara user bersama dengan 2 orang lainnya. Wawancaranya sendiri bisa dibilang sangat singkat, karena kami bertiga diwawancarai oleh 2 orang user (1 orang Indonesia, 1 lagi orang Korea) dan selesai dalam waktu sekitar 10 menit. Pertanyaannya sangat sederhana, hanya "describe about yourself?". Saya mendapat giliran pertama kali untuk menjawabnya, setelah saya selesai dilanjutkan dengan orang kedua hingga ketiga dengan pertanyaan yang sama. Selanjutnya ditanya mengenai proyek yang pernah dikerjakan sebelumnya dan lagi-lagi saya yang mendapat kesempatan pertama menjawabnya. Selang 2 menit dari wawancara user, kami bertiga dipanggil lagi untuk wawancara HRD dengan sistem wawancara yang sama dengan user. Untuk HRD sendiri terdiri dari 3 orang (2 Indonesia, 1 Korea). Pertanyaan pertama sama persis dengan user yaitu ceritakan tentang diri anda, pertanyaan kedua mengenai target jangka pendek dan jangka panjang, dan pertanyaan terakhir adalah pernah mengikuti tes rekrutmen perusahaan mana saja? Untuk wawancara ini sendiri sepenuhnya dalam bahasa Inggris (full English) dimana pertanyaan yang diberikan seluruhnya dalam bahasa Inggris dan jawaban yang harus kita lontarkan pun harus dalam bahasa Inggris. Dalam wawancara ini bahasa Inggris saya sangat kicau balau alias tidak karuan atau berantakan hingga orang HRD tersebut memotong jawaban saya dan berkata "THANK YOU", haha. :))

 

Untuk pengumuman hasilnya bisa ditunggu 1-2 minggu kemudian. Setelah itu akan dilakukan MCU. Saya sendiri hanya bisa pasrah dengan hasilnya dan tidak terlalu banyak berharap dari tes ini. Dalam tes kali ini akhirnya saya pernah merasakan juga yang namanya tes TOEIC dan saya juga akhirnya merasakan wawancara yang full dalam bahasa Inggris. Pelajaran yang saya dapat hari ini adalah: Pelajarilah dan perdalamlah kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris, karena nantinya pasti akan dipakai dalam dunia kerja maupun untuk sekolah kembali di jenjang S2 dan S3.

 

Akhir kata saya ucapkan semoga sukses untuk peserta yang lolos dari tahap ini dan semoga diterima di perusahaan tersebut. Sukses selalu. :)

 

...Tak terasa bulan puasa telah tiba di pelupuk mata...

.....Penulis hanya ingin mengucapkan satu dua baris kata.....

..Selamat menunaikan ibadah puasa 1433 H bagi yang menjalankan ibadah puasa..

(: ...Mohon maaf lahir dan bathin... :)


*Update (24/09/12 pukul 07:00)
Sudah 2 bulan tidak mendapat kabar apa pun, maka saya menyatakan bahwa kali ini saya BELUM LULUS untuk proses seleksi di PT SEIN. Semoga bisa mendapat kesempatan di tempat lain yang lebih bagus. Amin.

 


Post a Comment for "Pengalaman Tes Kerja di Samsung Elektronik Indonesia"