Pengalaman Magang atau PKL di Nutrifood - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Magang atau PKL di Nutrifood

Pengalaman Magang atau Internship di Nutrifood



Hi, kawan.
Oh ya, kali ini aku gak bakal nge-post tentang Komputer dulu nih. Kali ini, aku mau menceritakan
Pengalaman tes PRAKERIN = Praktek Kerja Industri ku di sebuah perusahaan yang keren banget..
Sesuai Judulnya aku Prakerin di PT.Nutrifood Indonesia. Lokasi nya di Ciawi, Bogor.
PT.Nutrifood Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam membuat makanan dan minuman kesehatan. yang mempunyai visi keren banget yaitu “Inspiring a nutrious Life” Menginspirasi semua orang untuk hidup sehat dengan asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh.
Ok, let me introduce my self. Nama ku Muhammad Nabil Fadhlurrahman, biasa di panggil oleh temanku Nabil. Aku sekolah di SMKN 4 Kota Bogor, sebuah sekolah yang memiliki 4 Jurusan dan di bangun tahun 2009. Di Sekolah tersebut, aku mengambil Jurusan TKJ, karena udah hobi banget sama yang namanya komputer, yah pilih jurusan yang sama, biar nyambung sama hobi.. kelas 11 TKJ terdiri dari TKJ 1,2 dan 3. aku di kelas 11 TKJ 2.

Singkatnya, tak ku sangka saat melihat kalender ternyata sudah sampai bulan September, akhir September kami satu sekolah melaksanakan UTS. dan dengar-dengar kabar bahwa anak kelas 11 akan berangkat PRAKERIN setelah UTS.
Setelah selesai UTS pertama di hari senin, aku bergegas pulang untuk belajar menyiapkan ulangan esoknya. Dan saat aku mau jalan pulang, temanku memanggilku dan dia bilang “Bil, di panggil sama Wali Kelas suruh menghadap ke beliau” Ok, aku langsung bergegas menemui beliau. Saat aku bertemu dengan Wali kelas ku. Beliau bilang kepada ku untuk ikutan tes di Nutrifood dan mungkin akan Prakerin di tempat itu. Aku langsung menjawab siap pak. Karena menurutku rating tempat prakerin di sekolahku yang lumayan bagus di Nutrifood.

Singkatnya lagi, ada 8 Orang yang ikut seleksi Nutrifood dan yang di terima nantinya hanya ada 4 orang dari jurusan TKJ saja. Pembimbing Prakerin dari sekolahku pun memberi info bahwa tes akan dilaksanakan pada tgl 07 Oktober 2015. Tes pertama di Nutrifood adalah Tes Psikotes, yang kedua Tes Wawancara dan yang terakhir Medical Check Up (MCU). Saat itu aku sangat optimis untuk masuk ke Nutrifood.

Skip>>> Tgl 07 Oktober 2015 pun kutemui. Pagi hari kumpul bersama 8 orang temanku di POS satpam Nutrifood pukul 7 pagi.
Saat kami menunggu, ternyata banyak juga karyawan yang katanya ingin melamar di Nutrifood, kemungkinan ada sekitar 8 orang. Oh ya, nama orang yang ikut tes dari sekolahku yaitu Nabil(Saya), Aziz, Rangga, Mufti, Rajib, Fikri, Kiki, dan Nurul. 6 orang laki, dan 2 orang perempuan. Tapi, Fikri tidak datang saat tes, jadi dia di anggap gugur oleh pihak Nutrifood. Jadi kami bertujuh ikut tes pertama.

Tak lama pukul 07:30 kami di panggil untuk ke ruangan tes. Di Nutrifood, yang ingin Prakerin dan yang ingin melamar tidak di bedakan mulai dari tesnya, soal-soal tesnya, tempatnya dan waktunya.

Banyak orang yang bilang bahwa Tes Psikotes sangat melelahkan. Ya, benar. Memang banyak menguras otak dan energi. Waktu tes selama 3 jam, yang saya ingat ada Tes Baum(Pohon), Tes Draw A Man, Tes Krapelin(Koran) dan ada beberapa tes lagi.
Setelah selesai Psikotes, kami di perbolehkan untuk istirahat sebentar. kami kembali ke pos satpam lagi. Dan hanya duduk 10 menit saja, kami di panggil untuk kembali ke ruangan tersebut. Sang Instruktur langsung memberitau “Dari 7 orang ini saya akan sebutkan 5 orang saja yang lulus. Yaitu Kiki, Rangga, Aziz, Mufti dan Nabil” saat itu aku sudah agak nervous karena namaku belum di panggil juga. Setelah itu kami boleh istirahat kembali dan seperi biasa kami kembali ke POS Satpam.

Dua orang teman kami yang gugur berpamitan dengan kami. Yaitu Nurul dan Rajib, semoga dia mendapatkan tempat Prakerin yang lebih baik dari ini.
Mereka berdua pun pulang. Kami ber-lima menunggu untuk tes selanjutnya, yaitu Tes Wawancara. Waktu sudah menunjukan pukul 12:00. Kami izin kepada satpam dulu, bahwa kita akan sholat. Kami sholat di Masjid Nutrifood. Masjid di Nutrifood bersih dan nyaman jjuga. Setelah selesai sholat kami kembali lagi ke Pos Satpam. selang 15 menit, kami di suruh untuk makan siang dahulu di kantin Nutrifood. Sungguh baik Nutrifood, Makanannya enak dengan hidangan ala Prasmanan.

Selesai makan, kami langsung ke ruang an Tes, untuk Tes Wawancara. Yang Interview kita ada dua orang. saat Interview / Wawancara aku di tanyakan sudah belajar apa saja di sekolah dan sudah pernah ada pengalaman apa saja di dunia komputer. Tes Wawancara pun sudah selesai. Kami di perbolehkan untuk pulang. Tetapi besok kami harus mengikuti tes Medical Check Up, yaitu tes terakhir yang akan di lakukan pukul 10 esoknya.
Ke esokannya kami ke sekolah dahulu, dan mengikuti beberapa pelajaran. Lalu minta dispensasi ke guru piket pada pukul 9. Kami ber-lima sampai di Nutrifood pukul 09:30 dan menunggu lagi di Pos Satpam. Pukul 10 Tes pun dimulai, Kami di Tes di Balai Kesehatannya Nutrifood. Tes pun telah selesai. Kami di perbolehkan pulang, dan katanya pengumuman orang yang positif untuk prakerin, paling cepat hari senin.

Aku menunggu hari senin dan tak ku sangka, ternyata pihak Nutrifood berkehandak lain. Aku dan teman-temanku berfikir. dari 5 orang, yang mungkin gugur hanya 1 orang saja, tapi tidak. Pembimbing dari sekolah bilang, hanya 2 orang saja yang lolos dari 5 orang. Pembimbing pun langsung menyebutkan nama yang lolos tes dan akan prakerin di Nutrifood, yaitu Aziz dan Nabil. Saat itu aku langsung bersyukur dan salam kepada pembimbing ku beberapa kali dan bilang terimakasih kepadanya. 3 orang temanku pun mengucapkan selamat kepada ku dan Azis.

Setelah itu pembimbing mengumumkan saat tanggal 15 Oktober, ada beberapa teman sekelasku sudah ada yang berangkat Prakerin pada hari itu. Satu persatu murid di kelaspun berkurang, dari Normal 27 orang, tinggal 17 orang saja. Aku menunggu panggilan dari pihak Nutrifood, kapan aku berangkat…_ Pembimbing ku pun bilang, Nutrifood akan mencari kandidat dua orang lagi. Setelah dua orang dapat, baru aku bisa Prakerin.

Hari demi hari, murid di kelas pun berkurang, sobat-sobat di kelas pun sudah pada berangkat. Tapi, teman sebangku dan teman belajar ku dari pertama aku masuk SMK pun, belum berangkat. Dia dan dua orang lainnya di tempatkan Prakerin di Telkomsel, tetapi belum ada kepastian. Tanggal 23 Oktober pun, aku dan Aziz di panggil oleh Pembina, bahwa Nutrifood sudah memiliki 1 orang lagi, namanya Wildan, dia dari TKJ 3. Pembina bilang “Kalian berangkat prakerin tgl 26 Oktober hari Senin pukul 08:00″.
Akhirnya, kereta tujuan ku pun telah tiba, Aku berangkat Prakerin. Saat hari Senin, sekolah mengadakan Upacara Bendera. Tetapi kami bertiga tidak ikut Upacara, karena sudah di tunggu di Nutrifood pukul 08:00. Sebelum teman-temanku Upacara, aku berpamitan dan meminta doa restu kepada teman-teman yang tersisa di kelas :v {Maklum, teman yang selalu mendukungku di kelas, terasa berat untuk di tinggalkan ;( }Aku juga men-sempatkan untuk berfoto perpisahan dengan teman-teman ku di kelas, begitu juga dengan teman sebangku ku.
Upacara pun segera di mulai, pembina kami menyiapkan barisan untuk Upacara dahulu. Lalu kami pun berangkat ke Nutrifood di antar oleh pembimbing sekolah kami.

Tipsnya:

1. Sejak di kasih tau bahwa aku akan tes di Nutrifood, aku berdoa kepada Allah,S.w.t agar bisa lolos saat tes. Karena hanya Allah.s.w.t lah atas izinnya kita bisa berada di tempat tersebut. Begitu juga dengan izin dari orang tua. Rajin lah untuk bersedekah atau infaq.

2. Lalu Tes Psikotes adalah tes untuk mengetahui kepribadian dari seseorang, apakah kepribadian orang itu baik atau buruk, kemungkinan dapat di ketahui dari psikotes. Jadi, saran saya perbaiki sikap anda dahulu. Mulai dari Kedisiplinan berpakaian, disiplin tepat waktu, bertanggung jawab terhadap sebuah masalah, sikapnya sopan santun dan seorang yang pekerja keras. Karena perusahaan yang bagus hanya ingin orang-orang yang bagus juga. Percuma jika anda latihan Psikotes saat dirumah, karena hasilnya akan sangat berbeda, dari latihan sebelumnya.

3. Setelah anda mendapatkan tempat yang bagus, Bersyukurlah kepada Allah s.w.t dan berterima kasihlah kepada orang-orang yang telah mendoakan anda pada saat itu.

By the way, cerita ku masih terus berlanjut, sampai aku Uji Jurnal nanti. Tunggu cerita ku selanjutnya di –>>” Prakerin di PT.Nutrifood Indonesia” see you 

 


Post a Comment for "Pengalaman Magang atau PKL di Nutrifood"