Pengalaman Magang atau PKL di NET.TV - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Magang atau PKL di NET.TV

Pengalaman Magang di NET.TV


Pengalaman Magang atau PKL di NET.TV

Salah satu stasiun TV swasta yang baru seumur jagung tapi program-programnya udah nggak karuan kerennya! TOP Banget!

Jadi.... aku berniat magang di NET. karena ada mata kuliah wajib untuk magang di tempat yang berkaitan dengan jurusanku, Ilmu Komunikasi. Ya! karena memang pengin banget kerja di TV, jadilah aku mengirimkan surat yang berisi proposal, surat pengantar kampus dan juga CV via pos. harap - harap cemas karena nggak tahu bakalan sampai ke tangan yang benar ato enggak.

Kemudian, semua berawal dari tanggal 4 Desember 2014 lalu. ketika itu dengan segenap niat dan tekad yang kuat aku memberanikan diri untuk mengirim pesan singkat elektronik ke salah satu alamat email program acara news setelah usai mengirimkan berkas print out via pos. lewat email ini berniat untuk memastikan bahwa berkasku benar sampai atau tidak sejak seminggu lalu. aku berbalas pesan melalui rangkaian kata dalam internet yang kulayangkan pada mimin dunia maya yang bertugas mengelola email tersebut. hingga pada akhirnya tanggal 23 Desember 2014admin memberikan nomor ponsel produser NET. "Nanti SMS ke produser blablabla"

keyh. akhirnya aku diberikan kesempatan untuk ikut tes wawacara setelah berbalas email dan attach proposal serta CV. aku memilih tanggal 26 Des karena lebih cepat lebih baik. terbanglah aku dengan kakak perempuanku menuju ibu kota. seumur hidupku 20 tahun ini, aku baru pertama kalinya naik pesawat ya saat itu tanggal 25 Desember di umurku yang ke 20 tahun semester 5. hahaha ndesit kan aku? (maaf udik, ehe). so, langit yang gelap (karena saat itu malam) tak cukup menarik perhatianku mendongak ke jendela. aku sama sekali tak menyiapkan apapun soal wawancara, meskipun sebenarnya aku takut maksimal, hal yang paling bergemuruh di otakku hanya satu pertanyaan yang dilontarkan esok sesuai dengan pangalaman-pengalaman lalu saat wawancara organisasi yaitu "Sebutkan apa kelebihan dan kekuranganmu" yap. cukup menyita waktu dan tenaga untuk memikirkan jawaban dari hal tersebut.

pagipun tiba. hotel yang kusinggahi tak jauh dari kantor. celana kain hitam dipadu dengan atasan pastel jadi andalan. niatnya sih biar produser kesengsem gitu deh. ehek. saat memasuki kantor, hatiku hanya dapat bergumam SUMPAH SUMPAH SUMPAAAHH AKU SEKARANG MASUK KANTORNYA NET? damn! fix! aku ndesit. mata ini hanya dapat berbinar dan terperangah masih nggak nyangka bisa ada di kantor broadcast yang... hmm... wanna be here forever, please? ahahaha bodo amat. sejujurnya ini juga pertama kalinya aku menginjakkan kaki di Jakarta. ini karena memang sebelum-sebelumnya sama sekali tak ada kepentingan untuk datang menjajaki ibu kota.

lumayan lama menunggu instruksi dari produser hingga akhirnya aku tepat berada di lobby kantor NET. iya NET. yang lagi naik daun berkat mas Wishnutama. sampai pada akhirnya produser itu menghampiriku "Halo, Thomas" ujarnya. yap. dapat diduga orang yang baru saja menyalamiku ini adalah sosok Mas-Mas bukan Pak-Pak. wajahnya lucu. sepertinya keturunan etnis sebelah. doi menyuruhku masuk ke kantor. bisa dilihat namanya kantor jurnalis ya kubikelnya banyak, tapi bersih, nggak kayak bayanganku yang bakalan banyak kertas berserakan. btw sebelum giliranku ada yang lain yang masih di interview, sehingga harus menunggu sambil diajak ngobrol Angie Ang (news anchor NET.). btw aku baru tahu waktu itu kalo Angie Ang itu news anchor-nya, soalnya nggak seberapa suka mantengin news-nya TV, hehe :"

giliranku.

doi ngejelasin panjang lebar soal sistematis kalo mo magang di kantor kece badai ini. nantinya ngapain aja, nanya kuliah, kelengkapan proposal magang lalalayeyeyeye. otakku masih fokus mencari jawaban soal pertanyaan yang kutakutkan yang udah aku jelasin sebelumnya. sampai doi nyuruh aku buat ngeresume berita, sepertinya ngetest kalo aku cukup paham dengan struktur berita. and then done! what? cuman setengah jam doang. pertanyaan yang kutakutkanpun tak dilontarkan. ada sedikit rasa bersalah juga soal biaya transport yang aduhai dengan 30 menit interview. oh men maafkan daku kakak. pengumuman selanjutnya akan dikabarin via sms karena doi kudu rundingan dulu sama tim.

dua hari selanjutnya, doi ngasih kesempatan buat aku magang di NET. tepatnya di divisi news  NET. 10. aku kegirangan. senyum-senyum sendiri. sumringah. YEAH. AKU KE JAKARTA! sumpah alay berasa dapet golden tiket di ajang kompetisi nyanyi. dengan cepatnya aku menghubungi salah satu temanku yang rumornya dia melamar magang di salah satu maskapai di Jakarta. and then, meskipun dia nggak jadi di maskapai tapi dia jadi di BUMN di Jakpus tapi mulai bulan Februari. KEYH! I GOT A FRIEND! fix. aku bahagia kayak terbang bareng paus raksasa ditemenin awan nan pelangi yang menghiasi birunya bumi.

---

OK, jadi magang ini dimulai tanggal 12 Januari 2015

 

hari pertama ke kantor berasa failed banget. hujan! nebeng mbak kos, namanya mbak Alfi, naik motor karena doi kerja di Pangsud. alhasil aku pake jas ujan biru two pieces. karena nggak searah banget dan takut macet aku diturunin di gerbang Mega Kuningan dan itu harus jalan sekitar 10 menit untuk sampe the real kantor. ok. aku jalan kaki (masih berbalutkan jas ujan). aku mikir, ga mungkin kan aku sampe lobi kantor masih jas ujan gini, gembel deh. ok, di tengah perjalanan jalanku aku lepas deh jas ujannya terus pake payung, dan fix aku kebasahan. sialan :( padahal niat kece pertama kali ke kantor.

kenalan. ada yang namanya Tria (anak UIN Jkt 2011 udah dapet 1 minggu magang) sama Ima (Unhas 2012 bru masuk magang barengan sama aku).

hari pertama do nothing banget, cuman nunggu HRD dateng agak sorean buat psikotest dulu karena kemarin ngeskip tes psikotest, jadi psikotest dilaksanain pas udah masuk magang. super khan? tes psikotest-nya biasa sih cuman kepribadian gitu sama ngisi biodata, udah. setelah itu hasil keluar dan langsung di-interpretasikan sama produser, Mas Thomas, ke aku dan Ima. dijabarin tuh kepribadian masing-masing, positif negatifnya.

--

Magang ini berlangsung selama 2 bulan dengan sistem rolling jobdesc dalam satu program. Sesuai kesepakatan, aku dan Ima akan mengisi untuk NET. CJ dulu dalam satu bulan pertama. dan yang megang yaitu produser Adrian, biasa kupanggil Mas Ad. Jadi dalam waktu satu bulan pertama aku masuk kerja 12 to 7 pm.

 

Ngapain aja?

Resume berita.

jadi kalo kalian tahu NET. CJ (Citizen Journalism), kan yang ngirim warga mana aja tuh ngirim berita dengan berbagai kategori seperti kuliner, bisnis, public affair, wisata, moment, dan masih banyak lagi. nah, tugasku dan Ima yang me-resume naskah yang dikirim oleh para peng-upload sebelum akhirnya di-publish oleh produser untuk naik ke webnya NET. CJ. www.netcj.co.id

 

Gitu doang??????

Ya! awalnya aku dan Ima ngerasa 'Gitu doang??'

eeiiiiitttssss.......

jangan salaaaaaaah...... yang ngirim banyaaaaaaakkkkk bangeeeeet kalo emang lagi rame, kami berdua bagi tugas. 2 jam bisa nggak berhenti buat resume karena juga harus ngamatin video yang dikirim sesuai ato engga nih sama naskah, gitu. Yaaa.... sambil istirahat dikit-dikitlah pas waktu sholat, heheu.

Oh ya, selain nge-resume berita, Mas Thomas ngasih tugas ke aku buat cari quote yang nantinya akan di post di Twitter NET. CJ setiap jam 6 pagi, jadi di set gitu pake app. Nah, challenging banget tuh cari quote yang memotivasi orang banyak untuk mengawali hari. itung-itung juga buat nambah follower, ditarget juga akunya. untunglah dari 18.2K jadi 19.3K selama 2 minggu. Kalo tugas dari Mas Adrian, laporan soal Twitter, progres followers, yang retweet sampe prediksi follower gitu pake grafik terus dijelasin secara personal ke Mas Adrian.

Oh ya, soal Twitter, aku juga harus ngepost berita yang udah ada di youtube di channel Official NET. News yang NET. CJ ke Twitter, jadi di promote gitu biar pada nonton juga di youtube. Seru.

Karena di bulan pertama ini cukup nyantai dan bisa mantengin sunset tiap hari kalo lagi cerah. kalo udah mulai malem kadang aku dan Ima dengan senang hati mendengarkan curhatan Mas Adrian, produser yang banyak galaunya dan hobi banget cerita mellow. ah kangen. 

 Satu bulanpun berlalu.

Awal bulan Februari udah kena rolling. jadi schedule-nya 2 minggu bantu On-Air, 1 minggu ikut liputan, 1 minggu bikin CJ. Nah, karena Mas Firza (sepertinya) lupa, jadinya aku bantu On-Air cuman 1 minggu doang haha.

 

Bantu On-Air ngapain sih?

Ini nih, yang kudu standby di kantor jam 6 pagi. Zupperr!

bantu Mbak Agnes (Production Assistant) buat download-in video yang bakalan tayang. terus ingest video yang re-run, mastiin naskah dari produser kecetak di print meja PA, terus cari orang buat Voice Over berita, nyetorin naskah yang udah di VO ke Editor. begitu alurnya.

ribet? iya. tapi asik kok. nggak kerasa aja kerjanya.

Terus kalo udah On-Air nih jam 10 pagi. anak magang kerjaannya Live Tweet di Twitter NET. CJ. jadi ya update berita apa yang lagi ditayangin gitu.

begitu selama 1 minggu.

 

Ikut Liputan ngapain sih?

kebetulan aku ikut liputan bareng Mbak Agnes dan Mas Bule (Jafriyal) tentang parkir meter di Jakarta yang baru diterapin pertama di Jalan Sabang.

ngebantuin cari orang yang sekiranya bisa kasih soundbite. milih-milih gitu. aku bagian yang ngecegah tuh orang buat minta waktunya, Mbak Agnes yang nanyain. terus pindah tempat ke Gading. terus ke DisHub apa ya, lupa-lupa inget heheu.

 

Bikin CJ ngapain sih?

Nah ini nih tugas akhir dari magang. Bikin liputan sendiri, alias jadi Citizen Journlist-nya Jakarta. sempet bingung banget mau ngeliput apaan karena masih newbie di Jakarta kan. hmmm.... mengikuti cara para reporter, akupun riset di Google mengenai public affair yang sekiranya masih kurang diperhatikan. eh ketemu deh, soal taman sama transjakarta. Karena aku berada di bawah bimbingan Mas Adrian, aku disuruh bikin 3 liputan meskipun sebenernya cuman 2 kalo kata Mas Thomas.

Yha.... begitulah magangnyaaaah....

 

karena usai aku magang ada rolling crew, jadiiii...... kita semua karaokean

kebetulan rumornya tim NET. 10 ini tim paling OKEx

Tetiba aku sungguh rindu kala itu.

 

 

ah waktu.....

 


Post a Comment for "Pengalaman Magang atau PKL di NET.TV"