Pengalaman Kerja di Ernst & Young Indonesia - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Kerja di Ernst & Young Indonesia

Pengalaman Kerja di Ernst & Young Indonesia

Pengalaman Kerja di Ernst & Young Indonesia

Businessweek.com pernah menerbitkan artikel yang bertajuk “Best Places to Launch a Career 2008”, dimana telah dilakukan survey kepada 40,000  US undergraduates untuk mengidentifikasikan 5 pemberi kerja teratas yang mereka inginkan dilihat dari unsur bayaran, benefit dan program pelatihannya. Hasilnya menunjukkan Ernst & Young pada urutan teratas setelah sebelumnya di tahun 2007 hanya menempati urutan ke-3.

Sebenernya artikel ini awalnya dikirimkan oleh teman sekantor saya yang pada saat itu agak bingung apakah pilihannya bergabung dengan E&Y adalah tepat, namun dengan artikel ini nampaknya dia merasa agak sedikit lega bahwa mungkin pilihannya ngga salah-salah amat. Saya sendiri bergabung dengan Ernst & Young di awal 2005 dan ini memang merupakan pilihan saya dan alhamdulillah pilihan saya juga memilih saya untuk dipilih, setelah memasuki tahun ke empat, terus terang saya masih “menikmati” pekerjaan yang saya pilih ini, buktinya saya belum pernah “menjual” diri saya ke tempat lain, baru sekedar wacana, belum ada realisasi. Makanya pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman saya kepada anda yang mungkin berminat untuk meniti karir di tempat ini.

Buat anda yang lulusan akuntansi, mungkin memiliki idealisme untuk berkerja di kantor akuntan publik (saya ngga tau kebanyakannya gimana sekarang ini, tapi waktu saya dulu, memang banyak yang berminat untuk bisa masuk ke Big-Four Accountant Firm). Karena saya memiliki idealisme seperti itu, maka setelah lulus saya mencoba “menjual” diri saya ke E&Y tepatnya ingin menjadi seorang Auditor tapi akhirnya terdampar sebagai Tax Consultant, sebuah profesi yang tidak pernah terpikir sebelumnya oleh saya.

Disini saya ingin sharing ke teman-teman atau adik-adik sejurusan dengan saya (Sudirman – Depok), maksud saya jurusan Akuntansi dan memiliki idealisme untuk menjadi seorang Auditor, bahwa mungkin anda bisa mencari alternatif lain atau istilah kerennya mencari tantangan lain dengan memasuki dunia Perpajakan Indonesia, kalau sudah punya dasar akuntansi yang kuat, itu bisa menjadi senjata yang ampuh di bidang ini, sebab ilmu perpajakan bisa dipelajari saat anda berhubungan dengannya langsung artinya nih ilmu kan selalu berubah (mengikuti perubahan undang-undang dan peraturannya) disesuaikan dengan kondisi yang ada selain itu terkait erat dengan ilmu akuntansi itu sendiri. Sehingga kalau anda berminat, itu akan menambah ilmu dasar sudah anda pelajari selama bangku kuliah.

Jenis jasa yang ditawarkan oleh kantor konsultan pajak biasanya meliputi tax compliance (monthly and annually), tax audit, tax objection, tax appeal, tax advisory, tax review and tax due dilligence. Project-nya banyak sekali sehingga buat anda yang mencari kerja, dijamin disini pasti selalu ada saja yang bisa dikerjakan. Program training yang diberikan juga beragam dari yang paling dasar seperti ‘building block’ sampai dengan ‘taxation for special industry’ juga diberikan, selain itu setiap ada perubahan seperti perubahan undang-undang atau peraturan-peraturan yang terkait, kita akan selalu di update, sehingga kalau anda berminat banyak yang bisa dipelajari.

Jenjang level/tingkatan di Ernst & Young untuk profesional adalah sebagai berikut:
1.   Assistant 1
2.   Assistant 2
3.   Senior 1
4.   Senior 2
5.   Senior 3
6.   Manager 1
7.   Manager 2
8.   Manager 3
9.   Senior Manager
10. Executive Director
11. Partner

Pada umumnya untuk level assistant sampai dengan senior, kalau performance anda memenuhi harapan, maka setiap tahunnya akan naik ke level berikutnya yang berdampak terhadap perubahan salary anda, bahkan kalau performance anda melebihi dari harapan dan anda dianggap mampu, jangan heran kalau anda bisa double promote. Untuk masalah salary, awal masuk untuk level assistant 1 mungkin sekitar 3,5jtan, soalnya yang satu ini saya kurang begitu paham, tapi menurut pihak management, standar salary disini sudah bersaing, ngga tau deh maksudnya apa. Yah mudah-mudahan aja bisa memuaskan semua pihak.

Jadi….berminat???

Updated (26-08-09) – Saya juga akan coba update informasi-informasi yang terkait dari sumber lain yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan bagi rekan-rekan yang berminat untuk berkarir ditempat ini atau tempat sejenisnya.

Updated (10-09-11) – Mulai Oktober 2011, diperkenalkan posisi baru yaitu “Senior 4”. Tujuan dari adanya level ini adalah sebagai jembatan antara level senior menuju jenjang level manager, dimana sebelumnya untuk bisa naik dari Senior 3 menjadi Manager 1 dibutuhkan waktu minimal 2 tahun dengan rating performance 4 (exceeded expectation) secara berturut-turut. Nah, level ini diharapkan sebagai jembatan bagi mereka yang belum bisa memenuhi persyaratan tersebut namun memiliki adanya progress dalam performance mereka. Secara bisnis title, Senior 4 bisa disebut sebagai “Assistant Manager”.

Updated (02-09-13) – Tanggal 23 Agustus 2013 merupakan hari terakhir saya di EY, setelah 9 tahun saya memutuskan untuk memulai “hidup baru”, postingan saya tentang berkarir di EY nih merupakan salah satu, atau mungkin satu-satunya yang menarik minat banyak teman-teman, semoga informasi tersebut dapat membantu rekan-rekan yang ingin memulai karirnya di kantor akuntan publik ataupun kalau saya di konsultan pajak, is a never ending learning institution. Starting September 2013, I will not make any statement or answering your questions in regards to carrier in EY, if you have question, please go to EY official website at http://www.ey.com/id . Its nice to share this information to you all and I surely recommend EY as a great place to work or start your carrier. I wish all of you the very best of luck. Cheers. 

Other Related Information/Links:

1. http://fe.brawijaya.ac.id/?id=557

Disclaimer:

Tulisan diatas maupun jawaban pertanyaan merupakan tulisan/pendapat penulis pribadi, yang sampai saat ini masih bekerja sebagai pegawai Ernst & Young Indonesia dengan tujuan untuk membantu rekan-rekan yang berminat untuk berkarir di EY, sehingga tulisan/opini/pendapat bukan merupakan tulisan resmi dari Ernst & Young. Bila berminat untuk mengetahui informasi resmi tentang kesempatan berkarir di EY bisa menuju ke website resmi http://www.ey.com/Careers

Post a Comment for "Pengalaman Kerja di Ernst & Young Indonesia"