Pengalaman Beli Iphone Black Market Batam - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Beli Iphone Black Market Batam

Pengalaman Beli Iphone Black Market Batam

Pengalaman Beli Iphone Black Market Batam

Setelah hampir 2 tahun hibernasi, vakum dari dunia blogging, baru tergelitik lagi pengen nulis.

Ini yang mau dibahas juga kasus lama, 2 tahun yang lalu, tahun 2013. Tapi rasanya emang perlu di share buat referensi dan pertimbangan para pemburu gadget blackmarket (BM).

 

Barang BM itu memang menggiurkan, KALO kita dapetnya dari seller yang JUJUR dan barangnya ORIGINAL. Karena dengan  harga yang 30%-40% lebih murah dari harga resminya, kita bisa dapat barang yang sama spesifikasi dan kualitasnya dengan minus ga ada garansi resmi dari brand-nya.Karena barang BM cuma garansi personal 1 minggu untuk ganti unit, dan 1 bulan kalo ada cacat pabrik untuk di service.

 

Setelah stalking sekian lama dan keppo-in rekam jejak seller gadget BM terpercaya di dunia online shop, akhirnya saya memutuskan buat beli iPhone 4, ini pengalaman pertama beli gadget secara online, agak was-was juga, duit cuma segitu-gitunya, dan ngumpulin duitnya juga ga sebentar.

 

PERTAMA.

Hari Jum'at, 20/09/2013.

Saya beli iPhone 4 16GB warna White.

Saya transfer pembayaran + Ongkos kirim JNE YES ke Bandung (include Asuransi & Packing kayu). Proses pembayarannya TANPA JASA REKBER. Keren ga tuh, gimana ga sport jantung coba.

Hari Senin, 23/09/2013.

Barang sudah diterima.

Asli dan lengkap.

Dus iPhone 4 GB White, isinya iPhone 4, Headset , Dock Charger 3 kaki, Kabel data, manual book (bahasa china), sama colokan buat kartu sim nya.


Quality and Performa:

Mungkin karena BM kali ya, barangnya refurbish-an. iDevice nya memang ORIGINAL, iPhone 4. Tapi accesoriesnya OC (Original China). Artinya, Casing, Dock Charger, Kabel Data, Headset yang orinya sudah diganti sama KW punya. Makanya wajar aja kalo campur-campur. Dock Charger Singapore punya, tapi manual booknya bahasa china.

Barang yang dijual kelengkapannya udah di abrik-abrik, mungkin itu namanya proses pengecekan buat mastiin kalo barang yang dijual masih berfungsi baik kali ya....

Performanya juga baik, normal, iTunes, iCloud, Apple ID ga bermasalah.

Secara keseluruhan sih kalo dari pengalaman, barang BM itu sama aja kaya barang SECOND. Barang yang dibeli gatau NEW atau bekas pake, karena khususnya iPhone yang saya beli itu udah ga segel. Jadi bisa aja kan barang bekas yang resett factory trus di package ulang lagi.

Malah mungkin lebih aman beli second aja dari orang yang dikenal biar tau persis jejak pakainya.

OVERALL OK!.

So... barang BM ga masalah asal hoki. Dapet barang yang berfungsi baik dan penjual yang JUJUR. 

KEDUA.

Beberapa bulan kemudian, Sepupu saya ikutan tuh pengen beli iPhone BM. Pastinya saya rekomend seller yang sebelumnya dongs. Tapi kali ini, ga seberuntung ga sebelumnya.

Begini kronologinya

Pembelian iPhone 4 16GB White.

Pembayaran tanggal 26/09/2013.

Kata seller lagi close, barang delay 1 minggu. Untungnya sepupu saya orangnya nyantai, kalem, ga riweuh.

Barang diterima tanggal 07/10/2013.

Kondisi iPhone:

  • Gak bisa nyala. Saya kira lowbat, saya charge aja. Dinyalain layarnya bluescreen.
  • Setelah tanya tanya sama teknisi katanya kerusakan LCD. Biaya perbaikannya sekitar 600ribuan.
  • Dock Charger ada label CR**S. 

Sepupu saya shock dong denger biaya benerinnya segitu, dan ga profesional banget pula masa iDevice chargernya merk CR**S #pfff.

Karna ada garansi ganti unit seminggu, maka tu barang di reture.

Barang di reture tanggal 08/10/2013. Ongkirnya jelas ditanggung pembeli.

Barang diterima seller tanggal 09/10/2013.

Proses reture selama 9 hari kerja.

Setalah nunggu akhirnya barang reture diterima tanggal 21/10/2013. Unit baru nih.

Barang yang diterima itu iPhone 16GB Black (padahal sebelumnya pesen white), tapi ga dipermasalahkan sama sepupu saya, yang penting barangnya bagus katanya. Beruntung banget sepupu saya ini super sabar dan kooperatif.

Kondisi iPhone:

  • Kelengkapannya udah bener. Ga ada yang melenceng ke brand sebelah.
  • Ga bisa deteksi SIM card. Nah ini yang ngeri, kemungkinan kondisi iPhonenya SU, bukan FU. Dan tentunya butuh biaya buat rubah SU ke FU.
  • Terkunci Apple ID. Nah ini yang paling berbahaya. Karena iPhone itu overprotective dan mewajibkan usernya buat pake Apple ID, kemungkinan besar ini iPhone SECOND dan si pemakai sebelumnya ga logout apple ID nya dulu. Karena ngerasa barang sendiri, maka tu iPhone di Resett All Content dongs, nah pas settingan awal udah diminta masukkin apple ID sama passwordnya. Ga ada yang tau dong pastinya, nanya ke sellernya juga dia gatau. Dicoba lagi lah bawa ke teknisi. And you know what??? Buat buka apple ID itu ga ada jalan pintasnya kecuali TAU PASSWORD nya. Kalopun bisa diakalin si teknisi minta biaya 1,7juta dan pengerjaannya kurang lebih 15 hari, itupun ga ada jaminan sukses -__-.

Karna tu iPhone gabisa diapa-apain akhirnya kita minta reture lagi tanggal 25/10/2013. Setelah nunggu 9 hari katanya stock iPhone kosong dan dikembaliin uangnya. Masih lebih baik deh duit dibalikin deh bisa beli ditempat laen . Nah udah tau kan sekarang .Sellernya SAMA - TAPI - kualitas barangnya BEDA.  Jadi beli barang BM tuh untung-untungan deh...

Sekedar tips nih buat yang lagi hunting gadget dan tergoda sama barang BM.

  • Mending beli gadget GARANSI RESMI aja deh, gapapa mahal dikit. Ada harga ada Kualitas. Barang terjamin ORI, accesories juga terjamin ORI. 
  • Kalo kepentok kantong ga kebeli barang resmi, coba pertimbangan beli Second aja tapi cari yang kualitas dan performanya masih baik dan lancar. Baik itu dari perorangan atau dari konter hp.
  • Kalopun keukeuh pengen nyobain BM, cari Seller yang JUJUR dan layanan after sellersnya baik, dan banyak tanya aja sama sellernya seputar kondisi barang, garansi dan lain-lain.
  • Jangan remehkan Garansi, ITU PENTING loh!. Gadget resmi garansi resmi 1 tahun, tapi BM cuma 1-3 minggu, ada juga yang sebulan, itupun cuma garansi personal.
  • KHUSUS untuk iPhone, mending pikir-pikir ribuan kali deh kalo mau beli BM. iPhone itu rentan banget khususnya masalah apple ID (iCloud), karena sekalinya lupa atau gatau password dan kena resett itu iPhone cuma bisa jadi gantungan kunci kali, semahal apapun harganya tetep gabisa dipake. Kalopun ga di resett juga gabisa masuk AppStore buat donlot-donlot aplikasi, paling maksimal cuma bisa buat sms-an sama foto, sayang banget kan? sama aja kaya hp jadul :( 
  • Untuk iPhone, kalo BM pastikan ke sellernya kalo apple ID nya AMAN. Dan kalo second, pastikan si user sebelumnya udah logout, atau kalo belum MUTLAK minta passwordnya.

That all guys! 

Ini murni pengalaman pribadi, just share aja tanpa ada maksud menjelekkan seller ataupun kualitas barang BM. Keep positive thinking :)

 


Post a Comment for "Pengalaman Beli Iphone Black Market Batam"