Pengalaman Tes Kerja Management Development Program (MDP) di Maybank - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Tes Kerja Management Development Program (MDP) di Maybank

Pengalaman Tes Kerja MDP Maybank



Halo pada tulisan ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti tes untuk posisi Management Development Program (MDP) di Bank Maybank Indonesia. Saya melamar untuk posisi ini saat berkunjung ke salah satu event job fair di kota Surabaya pada tanggal 3 Agustus 2016, dua hari setelah itu atau tanggal 5 Agustus 2016  saya mendapat e-mail dari pihak Maybank yang berisi undangan untuk mengikuti seleksi pada tanggal 8 Agustus 2016 pukul 09.00 WIB di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Hari Pertama

Hari seleksi pun tiba, saya datangke lokasites 30 menit lebih awal,  di dalam ruangan auditorium sudah banyak peserta yang datang. Jam menunjukkan pukul 9, salah seorang perwakilan maybank pun memulai acara dengan membeberkan tahap apa saja yang akan dilalui di hari pertama ini. Ternyata di awal sebelum tes pihak maybank mempresentasikan company profile dan management development program itu sendiri. Mereka membeberkannya secara jelas bahkan sampai masalah tunjangan dan jenjang karir sudah dijelaskan di awal.

Presentasi Awal

Proses seleksi pun dimulai dengan membagi seluruh peserta (100 lebih) menjadi 10 kelompok untuk melakukan initial presentation yaitu mempresentasikan diri anda. Yang harus anda presentasikan adalah nama, usia, asal universitas, pengalaman organisasi, pengalaman magang/kerja jika ada, dan yang paling penting, mengapa maybank harus pilih anda? Nah yang dinilai adalah cara berkomunikasi anda, meyakinkan atau tidak. Giliran saya pun tiba saya berusaha semaksimal mungkin untuk terlihat meyakinkan namun tidak terlihat arogan. Saran saya bicara seperlunya dan hanya yang harus dipresentasikan saja. Setelah 10 kelompok selesai, kami dipersilahkan untuk menunggu sambil istirahat makan siang dan kembali ke ruangan pukul 12.30. Selesai istirahat pihak maybank menyebutkan satu persatu nama dan ternyata nama-nama tersebut tidak bisa mengikuti tahap berikutnya yaitu tahap psikotes. Syukur alhamdulillah nama saya tidak disebutkan dan saya berhak mengikuti psikotes.

Psikotes

Setelah pengumuman tersebut panitia rekrutmen langsung membagi kursi untuk psikotes dan kita diminta untuk menempati kursi yang ada kertas soalnya. Untuk tahapan ini saya jujur lupa ada berapa macam psikotesnya tapi seingat saya ada tes logika aritmatika (deret), tes logika penalaran (gambar), tes analog verbal, dan tes epps (tes kepribadian) yang jelas tidak ada tes pauli atau tes koran. Setelah sekitar 2 jam mengerjakan psikotes waktu pun habis dan kami menunggu hasil tes tersebut sekitar 1 jam. Setelah satu jam pihak rekrutmen menyebutkan nama-nama yang berhak lolos untuk ke tahap interview HRD. Sudah lumayan banyak nama yang disebutkan tapi nama saya tak kunjung disebutkan. Saya sudah yakin kalo tidak lolos eh ternyata nama saya dipanggil 2 terakhir, alhamdulillah saya berhak lolos untuk tahap interview HRD.

Interview HRD

Pada tahap ini peserta akan melakukan sesi interview dengan pihak HR maybank, dan setelah saya telusuri, setiap peserta mendapat pertanyaan yang mirip-mirip. Pertanyaan seputar keluarga, mengapa pilih maybank dsb. Setelah menunggu sekitar 45 menit giliran saya pun tiba dan saya ditanyai hal-hal berikut:

Apakah anda mempunyai keluarga di perbankan?

Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah kerja maybank? Alasan

Seekor katak jatuh ke dalam sumur dalamnya 30 meter. Tiap hari, katak tersebut berhasil naik 3 meter namun malam harinya merosot 2 meter. Pada hari keberapa katak akan keluar dari sumur tersebut?

Nah untuk jawabannya silahkan anda pikir sendiri untuk latihan hehehehe. Setelah melalui tahap ini proses seleksi hari pertama pun selesai pukul 18.30. Pihak rekrutmen memberi tahu jika lolos tahap ini akan lanjut ke tahap interview user, paling lambat di kabari 2 minggu jika lolos.

Alhamdulillah tepat 2 hari setelah tes yaitu tanggal 10 Agustus 2016 saya mendapat e-mail berisi undangan untuk interview user pada hari kamis tanggal 11 Agustus 2016 di Maybank Surabaya, Plaza Sinarmas Surabaya. Untuk cerita selanjutnya silahkan tunggu bagian 2 ya terimakasih 

 


Post a Comment for "Pengalaman Tes Kerja Management Development Program (MDP) di Maybank"