Pengalaman Tes Kerja di PT Rekayasa Industri - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Tes Kerja di PT Rekayasa Industri

Pengalaman Tes Kerja di PT Rekayasa Industri


PT Rekayasa Industri disingkat Rekind, merupakan perusahaan EPC nasional milik pemerintah. Dan cukup banyak anak Mesin angkatan saya yang sudah bekerja di perusahaan ini. Pada kesempatan kali ini saya mendapat kesempatan panggilan tes di Jakarta, tepatnya di Kantor Rekind di daerah Kalibata – Jakarta Selatan. Tes Rekind ini diselenggarakan pada hari Selasa, 6 November 2012. Sehari sebelumnya saya berangkat ke Jakarta dan menginap di tempat teman saya Irfan Pradipta yang sudah bekerja di Rekind. Pagi harinya saya bersama teman saya berangkat bersama-sama ke kantor Rekind dengan berjalan kaki karena letaknya tidak begitu jauh dari kostan teman saya. Ternyata teman saya Fauzan Ahmadi yang pernah mengikuti tes Paragon juga mendapat undangan untuk mengikuti tes Rekind ini. Pada tes kali ini saya tidak bertemu dengan geng Rekind M07 karena kesibukan masing-masing. Pada kesempatan ini saya hanya bertemu dengan Irfan dan Afrizal Manaf (secuil geng Rekind) saat sarapan pagi di halaman depan kantor bersama dengan Fauzan. Selesai sarapan, kami berempat terbagi menjadi dua grup, saya dan Fauzan pergi menuju ruang pembantaian tes di gedung HR, Irfan dan Afrizal pergi menuju ruang kerja di gedungnya masing-masing.

 

Di ruang pertemuan yang cukup besar dengan meja panjang berada di tengah dan para peserta tes duduk di sebelah kanan dan kiri meja tersebut. Karena peserta tes pada hari itu hanya 6 orang, maka komposisi posisi tempat duduk tes tersebut adalah 3 orang di kubu kiri dan 3 orang lainnya di kubu kanan. Ternyata 83,33 % dari peserta tes pada saat itu mendapat panggilan untuk posisi Mechanical Engineer dengan 3 orang sudah memiliki pengalaman kerja. Tanpa basa-basi, tes pun segera dimulai pada jam 9. Diawali dengan tes awal berupa psikotes. Psikotesnya berupa pertanyaan-pertanyaan psikotes standar yang sama seperti psikotes untuk tes perusahaan lainnya hingga saya bosan untuk menulisnya kembali di sini :P. Bahkan saya pun sudah jenuh dengan Pauli dan tes menggambar hingga hafal di luar kepala. Setelah Pauli tes dilanjutkan dengan diskusi kelompok atau lebih dikenal dengan Focus Group Discussion (FGD). FGD ini merupakan hal yang sangat baru bagi saya. Disini kita diberikan suatu permasalahan yang harus diselesaikan bersama-sama dengan berdiskusi untuk menghasilkan satu keputusan bersama. Untuk studi kasusnya bisa cari sendiri di blog orang lain yang kebetulan saya menemukan soal FGD yang sama persis dengan yang saya hadapi kemarin. Selesai FGD, dilanjutkan dengan tes menggambar dan wawancara dengan psikolog. Wawancara ini dilakukan secara bergantian saat mengerjakan tes gambar. Saya mendapat giliran ketiga sebelum waktu istirahat jam 12 siang. Jam 12 hingga jam 1 siang kami dipersilahkan untuk istirahat makan dan sholat. Makan siangnya disediakan oleh Rekind berupa nasi dari Hokben. Setelah itu dilanjutkan hingga tes menggambar dan semua wawancara psikolog telah selesai. Kemudian dilanjutkan dengan technical test sesuai dengan posisi yang kita lamar. Berhubung saya dipanggil untuk posisi Mechanical Engineer, maka soal-soalnya seputar teknis bidang Mekanika. Berdasarkan pengalaman orang-orang yang pernah mengikuti tes Rekind ini soalnya selalu sama di setiap rekrutmen. Dan ternyata memang benar, soal-soalnya sama seperti yang pernah saya tanyakan pada teman saya walaupun saya hanya mengetahui beberapa soal karena jumlah soalnya sangat banyak hingga memiliki beberapa anak dan cucu. Waktu pengerjaan tes ini 2 jam dan berakhir hingga pukul 16.00 WIB.

 

Baru mengerjakan soal setengah jam, tiba-tiba bagian rekrutmen masuk ke ruangan dan memberitahukan bahwa untuk interview user tidak bisa dilaksanakan untuk semua orang pada hari itu juga karena user ada keperluan yang mendesak. Berhubung saya dan teman saya masih berdomisili di Bandung, maka kami berdua pun mendapat kesempatan untuk melakukan interview user pada hari itu juga. Sedangkan peserta lainnya yang rata-rata berdomisili di Jakarta akan dipanggil kembali untuk interview user di hari lain. Selanjutnya kami berdua di bawa ke gedung divisi Mechanical berada dengan membawa kertas soal dan jawaban tes teknikal. Yang mendapat giliran pertama untuk interview user adalah Fauzan. Sambil menunggu di panggil saya mulai mengerjakan soal-soal tes teknis kembali. Setelah Fauzan selesai tiba waktunya bagi saya untuk masuk ke ruang user. Di dalam ruang tersebut user didampingi oleh rekannya. Jadi yang mewawancarai saya ada dua orang. Untuk pertanyaan interview user ini standar, yaitu perkenalan dan pertanyaan teknis seputar Tugas Akhir. Setelah selesai kami kembali ke ruang tes di gedung HR untuk melanjutkan menjawab soal-soal tes teknikal. Di ruang tes tersebut saya melihat ada beberapa peserta yang mencari jawaban di internet menggunakan handphone-nya dan bahkan teman saya pun bertanya-tanya. Hal tersebut cukup lucu bagi saya karena saat technical test tidak ada pengawas yang mengawasi jalannya tes. Saat jam menunjukkan pukul 16.15, pihak dari rekrutmen masuk ke ruang tes dan mengatakan bahwa waktu tes telah habis dan jawaban harus segera dikumpulkan. Berhubung waktu pengerjaan tes saya dan Fauzan terpotong dengan interview, maka kami meminta tambahan waktu 15 menit hingga pukul 16.30 dan peserta yang lain pun pulang lebih dulu dari kami. Tepat pukul 16.30 panitia tes kembali masuk dan meminta kami untuk menyerahkan jawaban kami. Dengan perasaan yang sangat berat hati saya serahkan jawaban saya karena tidak semua soal sempat saya isi jawabannya karena waktunya yang cukup singkat dengan jumlah soal yang sangat banyak. Setelah selesai semuanya akhirnya saya pulang kembali ke Bandung untuk mengikuti tes yang lainnya pada keesokan hari.

 

Soal-soal technical test sempat saya catat meskipun tidak saya catat secara lengkap soalnya. Yang saya catat adalah inti dari persoalan tes tersebut. Bagi yang penasaran dengan soal-soal teknikalnya langsung saja cek di bawah ini:

 

1.    Gambar diagram fasa Fe-C dan penjelasannya.

2.    Pembangkit Listrik Tenaga Uap dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas.

3.    Lasan SMAW, SAW, dan ERW.

4.    Gejala logam cyrogenicYield strength VS temperatur. Perbaikan korosi. Carbon steelStainless steelCast iron.

5.    Motor 4 langkah, turbin francis, dan motor listrik.

6.    – (saya tidak sempat mencatat soal nomor 6 ini).

7.    ConductionNatural convectionForce convectionRadiationLaminar flowTurbulent flowCritical intensification stress.

8.    Perhitungan momen gaya gesek.

9.    Perhitungan head pompa.

 

Sudah 1 bulan lebih saya belum mendapat kepastian kabar, yang ada saya di telepon oleh Bapak Syarif selaku user dan menyuruh saya untuk interview user di Jakarta. Padahal saya sudah pernah interview user dan meyakinkan beliau bahwa saya sudah di interview dengannya. Hingga akhirnya beliau pun ingat dan tidak jadi menyuruh saya ke Jakarta untuk interview.

 


Post a Comment for "Pengalaman Tes Kerja di PT Rekayasa Industri"