Pengalaman Tes Kerja di KALTIM Prima Coal - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Tes Kerja di KALTIM Prima Coal

Pengalaman Tes Kerja di Samsung Elektronik Indonesia



Sebelum mengikuti serangkaian tes, peserta rekrutmen KPC diwajibkan mengikuti seminar sehari "KPC Good Mining Practice" pada tanggal 18 Juni 2012 dari pukul 09.00-13.00 bertempat di Aula Barat ITB. Kebetulan pada hari itu pula saya diundang untuk mengikuti tes tahap pertama perusahaan Total E&P Indonesie (TEPI) dari pukul 08.00-12.00 sehingga saya tidak bisa datang ke seminar KPC di awal-awal acara. Sebenarnya saya sangat ingin menghadiri seminar KPC ini karena pada acara tersebut terdapat DOOR PRIZE yang sangat "menarik" untuk dilewati diantaranya yang sangat menggoda bagi saya yaitu...2 buah IPAD!! Saya pun datang ke seminar KPC setelah selesai mengikuti tes TEPI. Kemudian langsung mengisi absen untuk mengikuti rangkaian tes KPC keesokan harinya, meskipun saya sudah tidak bisa mendapatkan DOOR PRIZE karena telat memasukkan tiket undian DOOR PRIZE. :(

 Gambar tiket seminar KPC yang tidak ikut berpasrtisipasi dalam DOOR PRIZE :(

 


Rangkaian acara tes hari pertama tanggal 19 Juni 2012 dimulai pada pukul 08.00 lewat beberapa menit (ngaret). Sebelum tes dimulai seperti biasanya diawali dengan pendahuluan berupa presentasi dari pihak KPC mengenai perusahaan tersebut. Yang sangat menggoda dari presentasi tersebut bagi saya yaitu mengenai remunerasi atau gaji yang diberikan. Gaji pokok (basic salary) untuk program GDP yaitu sebesar Rp. 9.848.000 / bulan, selain itu kita akan mendapat beberapa tunjangan dan biaya transportasi serta akomodasi ditanggung perusahaan. Dalam setahun maksimal kita bisa mendapat 21-22 kali gaji (21-22 x basic salary).

 

Untuk tahapan tes rekrutmen KPC ini terdiri dari:

1. Psikotes, English Test, Technical Test.

2. Interview user dan interview HR.

3. Medical Check Up.

4. Offering kontrak kerja.

 

Lanjut ke acara tes tahap pertama yang terdiri dari: psikotes, english test, dan technical test. Untuk psikotes terdiri dari tes kepribadian seperti papi kostik dan MMI (penjelasannya cari sendiri di om gugel) serta psikotes pada umumnya mengenai kemampuan verbal dan berhitung kita serta tes Kraeplin, wartegg test (melengkapi 8 kotak gambar), baum test (menggambar pohon), dan DAP test (menggambar orang). Kemudian dilanjutkan dengan ISHOMA pada pukul 13.30 dan kita diberikan konsumsi berupa makanan berat dan makanan ringan dari pihak KPC. Pada pukul 14.30 acara dilanjutkan kembali dengan English Test. Tes ini merupakan tes kemampuan bahasa Inggris kita. Soal pada tes ini terdiri dari 60 pilihan ganda (soal-soal grammar & reading) dan mengarang dalam bahasa Inggris. Untuk bagian mengarang kita diberikan 3 tema yaitu tentang:
1. Understanding of Different Culture.
2. What Your an Achievement. (yang ini agak lupa --")
3. Coal Mining and Environmental.

Dari 3 tema itu kita disuruh untuk memilih 1 tema dan membuat karangan dengan jumlah minimal 250 kata. English test ini berlangsung dalam waktu 1,5 jam. Kemudian dilanjutkan dengan technical test.

Tes teknis ini merupakan tes kemampuan kita berdasarkan bidang/posisi yang kita pilih, jadi untuk masing-masing posisi soalnya berbeda-beda. Misalnya saya memilih posisi GDP Mechanical dan saya mendapat soal-soal tentang mekanika yang pernah saya pelajari selama memperoleh ilmu Teknik Mesin di kampus. Untuk tes teknis bidang Mechanical terdapat 5 soal tes. Soal nomor 1 mengenai gambar piston hingga ke crankshaft. Soal nomor 2 mengenai kurva stress-strain untuk mild steel. Soal nomor 3 mengenai oli. Soal nomor 4 mengenai las elektroda terbungkus, dan soal terakhir mengenai hitungan mekanika mengenai gaya resultan dan momen di suatu titik. Setelah itu acara hari pertama pun selesai dan pengumuman hasil psikotes diumumkan pada hari itu juga, 1 jam setelah tes selesai. Jika kita lolos di tahap psikotes ini akan dilanjutkan dengan tes tahap kedua pada esok hari tanggal 20 Juni 2012. Tes tahap kedua terdiri dari interview user dan interview HR.

 

Alhamdulillah saya berhasil lolos dan mengikuti tes tahap kedua untuk interview user dan interview HR. Interview user khusus untuk bagian Mechanical Engineering dimulai dari pukul 07.00 karena user yang bersangkutan sedang terburu-buru karena ada urusan di luar Bandung. Alhamdulillah saya mendapat giliran di awal-awal untuk interview user karena tidak semua orang Mechanical mendapat kesempatan untuk interview pada hari itu. Untuk interview user ini saya hanya ditanya seputar CV saya dan pengalaman saya selama di kampus. User tidak menanyakan tentang hal-hal teknis karena user untuk bidang Mechanical tersebut bukanlah seorang Mechanical Engineer, melainkan seorang Geologist. Interview ini berlangsung dengan santai karena user tersebut ramah dan dapat diajak bercanda (tertawa). Sekitar pukul 09.30 user untuk bidang Mechanical pun pergi meninggalkan Aula Barat. Interview user pun dilanjutkan pada hari Senin tanggal 25 Juni 2012 untuk peserta yang belum mendapat kesempatan interview user. Selanjutnya tinggal menunggu interview HR. Hingga pukul 12.00 saya belum mendapat panggilan untuk interview HR dan acara ditunda karena waktunya ISHOMA hingga pukul 13.00. Saat ISHOMA ini peserta diberi makanan berat dan ringan (tes seperti ini yang sangat saya suka karena mendapat makanan gratisan :D). Untuk interview HR saya mendapat kesempatan pada pukul 13.45 dimana sudah banyak peserta yang pulang karena telah selesai mengikuti semua tahapan interview. Untuk interview HR ini saya tidak terlalu banyak ditanya dikarenakan mungkin HR tersebut sudah bosan dan lelah karena telah mewawancarai banyak peserta. Pada bagian HR ini saya ditanya mengenai organisasi dan acara seminar KPC pada hari Senin kemarin. HR memberitahukan kepada saya bahwa bisa saja nanti akan ada kemungkinan untuk interview user lagi dengan user yang lain dalam waktu 2 atau 3 minggu lagi, tapi bisa jadi juga tidak ada interview lagi. Tes tahap kedua saya pun berakhir, tinggal menunggu kabar selanjutnya dalam waktu 2 atau 3 minggu lagi.

 


Gambar brosur acara seminar & rekrutmen KPC


*Update 1 (10/07/12 pukul 18:30)
Setelah menunggu kabar selama 2 minggu akhirnya saya mendapat panggilan by phone untuk mengikuti Technical Test (GDP Mechanical) kembali pada 7 Juli 2012 di ruang meeting karir ITB. Pada technical test tersebut ternyata yang dipanggil adalah semua anak mechanical yang telah lolos hingga tahap interview. Mungkin saja tes ini memang lanjutan tes untuk bagian tes teknis bagi seluruh peserta. Technical test pada kesempatan tersebut jauh berbeda dengan tes sebelumnya. Karena pada tes teknis sebelumnya kita hanya diberikan 1 lembar kertas yang berisi 5 soal, sedangkan untuk tes teknis lanjutannya kita diberikan 6 lembar soal yang terdiri dari 17 soal esai. Dan lebih parahnya lagi soal tes ini kebanyakan materinya tentang konversi energi dan mekanika fluida. Alhasil karena saya sudah lama tidak membaca-baca kembali materi kuliah tentang konversi energi dan mekanika fluida ini saya pun tidak bisa mengerjakan soal-soal tersebut. Hanya bisa pasrah dengan keadaan yang ada. Selanjutnya tinggal menunggu pengumuman yang entah kapan akan diberitakan kabarnya.

*Update 2 (21/07/12 pukul 07:00)
Hingga hari Sabtu pagi ini saya tidak mendapat kabar lebih lanjut dari pihak KPC. Sedangkan di halaman web karir ITB sudah ada pengumuman wawancara selanjutnya adalah hari Senin depan. Beberapa teman saya ada yang sudah di telepon oleh pihak KPC dan ada juga yang bernasib sama seperti saya yang tidak di telepon. Dapat saya simpulkan bahwa saya GAGAL untuk melanjutkan ke tahap wawancara user selanjutnya karena saat mengerjakan soal-soal tes technical saya tidak bisa mengerjakannya sama sekali. Sukses selalu bagi yang sudah lanjut ke tahap interview user. Semoga KPC menjadi rezeki kalian. :)

*Update 3 (29/08/12 pukul 18:00)
Dan ternyataaa..masih ada kelanjutannya lagi. Entah mengapa di ujung titik asa saya mendapat secercah harapan. Untuk lanjutannya bisa dilihat di ~Medical Check Up: Kaltim Prima Coal (KPC)~



Post a Comment for "Pengalaman Tes Kerja di KALTIM Prima Coal"