Pengalaman Management Trainee atau MT di Lazada - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Management Trainee atau MT di Lazada

Pengalaman Seleksi Kerja di Lazada



Pengalaman Management Trainee atau MT di Lazada

Awalnya gue daftar Lazada untuk posisi Management Trainee di UI Career Fair. FYI untuk posisi ini mereka ga cantumin di websitenya. Tapi kemudian gue di email, gue dipanggil tes untuk posisi rekrutmen. Setelah gue tanya, mereka pun menjelaskan bahwa mereka punya preferensi jurusan untuk posisi MT dan sepertinya jurusan gue bukan termasuk preferred major tersebut, selain itu slotnya juga terbatas. Di sisi lain lagi ada kebutuhan juga untuk posisi rekrutmen, oleh karena itu gue dipindahkan ke bagian rekrutmen.


Written Test

Pagi hari di kantor Lazada ada beberapa orang juga yang lagi mau seleksi, ada yang untuk kerja ada yang untuk magang, Saat itu 2 orang anak magang dipanggil duluan untuk mengikuti written test. Sebelumnya gue ga dikasih tau akan ada written test, ga disuruh bawa apa-apa juga selain CV. Tapi untung gue jaga-jaga bawa alat tulis dan kalkulator karena ternyata ada written test juga.

 

Gue dan 1 orang kandidat lainnya pun dipanggil untuk written test sekitar 10 menit kemudian. Ruangan written test-nya sama dengan kandidat anak magang sebelumnya. Ruangannya kecil banget dan nggak ada yang jaganya. Wah, unik lagi nih.

 

Kami pun dikasih selembar soal numerical test berupa soal cerita dalam bahasa Inggris dan ada tabel juga. Totalnya ada 20 soal dengan durasi 30 menit. Soalnya nggak susah sih menurut gue, kayak soal ulangan anak SMP. Bener-bener main di logika aja. Ada sih beberapa soal benar-salah yang agak bingungin, tapi overall ga terlalu susah kok dan waktu 30 menit itu cukup untuk ngerjain 20 soal tersebut.


Interview

Selesai written test gue disuruh nunggu untuk interview. Setelah menunggu agak lama, gue diajak untuk ke ruang kerja di lantai atasnya. Disuruh nunggu lagi. Terus ternyata ruangannya penuh. Gue pun diajak turun lagi dan akhirnya wawancara berlangsung di cafetaria-nya. Jadi ada semacam ruangan besar macem kantin untuk makan. Ada juga sih yang kerja disana. Jadinya gue keliling-keliling kantor lah judulnya hehe. Desain kantornya minimalis modern, tapi masih terlihat sepi dekorasi interiornya. Keliatanlah kantornya masih baru, karena masih kinclong banget juga.


Dari keliling-keliling itu juga gue mengobservasi lingkungan kerja disana. Banyak expat ternyata, dari yang muda sampai yang lebih berumur. Menarik karena sebagai perusahaan start-up, mereka udah mempekerjakan cukup banyak expat.

Interview pun berjalan dalam bahasa Inggris. Pertanyaannya berdasarkan CV kita dan digali lagi past experience yang berkaitan dengan CV tersebut. Pertanyaannya sih seputar skills, knowledge, serta challenge yang kita pernah hadapi. Nggak terlalu dalem banget sih. Gue juga ngerasa interview-nya cepet banget (dibanding nunggunya ya hehe).

Selesai interview, gue ngerasa kayaknya gue akan nggak keterima nih. Bukan karena gue ngerasa jelek atau nggak bisa jawab, tapi kayaknya gue kurang match dengan requirement mereka. Kayaknya mereka butuh cepet sedangkan gue bilang gue lagi magang dan keberatan untuk keluar magang, terus ketika ditanya expected salary, kayaknya expected salary gue cukup jauh di atas range gaji yang akan diberikan.

Mereka bilang akan dikabari dalam 1 minggu. Kalo setelah 1 minggu ga dikabari hasilnya, feel free untuk ngontak mereka. 1 minggu berlalu gue pun belum dikabari. Tapi gue juga sengaja nggak follow-up juga karena masih menunggu hasil company lain yang lebih gue pengen.

Sekitar sebulan belum dikabari juga, gue mikir ini fix ga keterima sih soalnya kayaknya mereka butuh cepet. Gue pun akhirnya follow-up dan ternyata betul gue nggak lolos. No hurt feeling sih soalnya nggak yang pengen banget gitu.

 


Post a Comment for "Pengalaman Management Trainee atau MT di Lazada"