Pengalaman Magang atau PKL di PT Elnusa - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Magang atau PKL di PT Elnusa

Pengalaman Magang atau PKL di PT Elnusa



Kerja Praktek PT. Elnusa Tbk. 

Seperti clue yang udah gue kasih di postingan sebelumnya, kali ini gue udah mulai posting tentang pengalaman Kerja Praktek, Tugas Akhir, dan Magang dari beberapa temen yang semoga informatif untuk temen-temen di luar sana yang lagi galaauuu masalah ini (Ciyee.. :p ) khususnya yang kuliahnya di bidang Geoscience. 

Gimana proses awal hingga keterima Kerja Praktek di ELNUSA? 

Hmm, KP di Elnusa yaa... Kakak dulu mulai KP tanggal 01 April 2015. Awalnya gak ada niatan mau KP disana soalnya basic dari Elnusa itu sendiri data seismik, Walaupun ada pengolahan data non-seismik lainnya, dan pada waktu itu belum ada ketertarikan sama sekali mengenai seimik. Terus, kebetulan ada senior yang baru aja selesai ngejalanin Tugas Akhir (TA) di sana. Beliau cerita banyak soal Elnusa, Mulai dari pembimbingnya, Lingkungan terus karyawan-karyawan yang easy going banget. Eh, tertarik deh. Akhirnya minta email dari bapak manager-nya. Kakak email manager-nya sekitar bulan Oktober 2014, dan saat itu Manager pengolahan data seismik masih dipegang oleh Bpk. Bambang Arviantara. Setelah Email, besoknya dapet balesan (Dalam hati, Wahh... cepet banget dibalesnya) trs beliau bilang ada slot kosong di bulan April 2015. Duh, udah was-was deh itu, soalnya target kakak 2015 harus wisuda, dan kalo KP aja baru dimuali April, wisudanya kapan -____-

Oke abis itu disiapin dokumennya, dan dikirim lagi ke Pak Bambang. Sekitar beberapa hari, dapet email dari Ibu Nani yang isinya surat penerimaan KP untuk Bulan April 2015 :)

Setelah berfikir panjang kali lebar, akhirnya dg berat hati diputuskan "Yaudah deh gpp KP bulan April juga."

Terus email lagi Bpk. Bambang dan beliau minta dikirimkan  CV, Proposal dan Surat Permohonan dari Jurusan untuk KP tanggal 1-30 April 2015.

Apa aja persyaratan untuk bisa Kerja Praktek di ELNUSA? 

Syaratnya yaa...

Yang pasti harus tanya dulu ke Elnusa, Apakah ada slot untuk bulan yang kalian mau. Dan seandainya ada, langsung siapin aja dokumen seperti, CV, Proposal dan Surat permohonan KP. 

Kakak sebelum mengajukan KP udah prepare banget. Jadi udah buat proposalnya dari jauh hari. CV juga udah di upgrade. Jadi pas Pak Bambang bilang ada slot di bulan April, besoknya langsung urus surat keteranga dari jurusan, jadi gak terlalu makan waktu yang lama. Soalnya waiting list untuk elnusa itu sendiri lama banget, kalo gak cepet-cepet di keep ntar kita malah diserobot orang lain :)

Pengalaman apa aja yang didapatkan selama menjalani KP di sana, Banyaaakkk banget..... Duh, itu pertama kalinya pake komputer berbasic LINUX, dan itu gak ngerti bahasa pemogramannya. Jadi makasih banget deh sama pembimbing aku, harus ngajari dari awal banget (Makasih yaa Mbak Uti atas kesabarannya... :) Hmm, disana kerjaannya selalu bahas seismik, bener-bener belajar dari awal, Mulai dari penembakannya, Noisenya, Semua-semua yang dasar-dasar itu dipelajarin lagi. Tapi seruuuu! Soalnya ketika belajar bakalan liat langsung, ini lho noise-noise yang harusnya diilangin. Jadi langsung connect gitu ke otak. Alhamdulilah juga temen-temen yang KP dan TA disana pada baikkk banget dan mereka mau berbagi ilmu dengan aku yang masih awam di dunia seismik  :)

The last, but not least, Apa nih tips dan trik biar bisa Kerja Praktek di ELNUSA? 

Pertama: Difikirkan dari jauh-jauh hari mau KP dibulan apa. Dan buat planning B, kalo seandainya dibulan itu slotnya udah penuh, kamu harus cari alternatif lain.
Kedua: SEGERA EMAIL ELNUSA! Jangan di tunda-tunda. tanya aja dulu, ke Bpk/Ibu kira-kira ada slot di bulan apa. JANGAN RAGU buat email, nanya doang gak kena marah kok. Belum tentu juga kan dibelas cepet.

Ketiga: banyak-banyak berdoa :) Ketika kita udah berusaha semaksimal mungkin dan belum juga dapet titik terang, mungkin bisa diperbaiki lewat Do'anya :)
Dan…. Jangan iri pas nanti ngeliat temen-temen kalian udah pada KP duluan terus kalian belum KP, yakin aja LULUS itu pasti kok. Cuma nunggu waktu yang tepat :D


Tetep semangat yaa, setelah KP masih banyak rintangan-rintangan yang harus kalian hadapi. Jangan Down, Inget...!

See You Next Time yaa temen-temen :

Terimakasih banyak Kak Cici untuk sharing tentang pengalaman Kerja Praktek di salah satu oil company terkenal di Indonesia, yaitu Elnusa.

 



Post a Comment for "Pengalaman Magang atau PKL di PT Elnusa"