Cara Menjual Foto di Adobe Stock dan Mendapatkan Uang - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjual Foto di Adobe Stock dan Mendapatkan Uang

Cara Menjual Foto di Adobe Stock dan Mendapatkan Uang

Cara Menjual Foto di Adobe Stock dan Mendapatkan Uang

Adobe Stock adalah bagian dari rangkaian program Adobe yang berarti karya Anda dapat diunggah ke platform ini langsung dari program Adobe favorit Anda. Apakah Anda lebih suka Lightroom atau Photoshop , menerbitkan karya Anda ke Adobe Stock mudah dan cepat.

Stok Adobe

Selain itu, Anda tidak terikat kontrak eksklusif karena Anda juga bebas menjual karya seni Anda di platform lain.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa berkat pengaruh Adobe, pelanggan dapat dengan mudah melisensikan foto Anda dan konten lainnya tidak hanya melalui aplikasi Creative Cloud tetapi juga melalui Microsoft PowerPoint.

Jenis Gambar Apa yang Dapat Anda Jual di Adobe Stock?

Anda dapat menjual foto , video, vektor, dan ilustrasi di Adobe Stock. Masing-masing jenis konten ini memiliki proses peninjauan serta serangkaian persyaratan yang harus Anda ikuti jika ingin memastikan proses pengunggahan berjalan semulus mungkin.

Bagaimana Menjadi Kontributor Saham Adobe

Menjadi kontributor Adobe Stock tidaklah sulit, apalagi jika Anda sudah memiliki Adobe ID. Mari kita melalui proses pendaftaran dan kemudian kita akan membahas pembayaran dan persyaratan teknis.

Proses Pendaftaran

Jika Anda sudah memiliki ID Adobe, yang harus Anda lakukan adalah masuk ke portal Kontributor dan menerima syarat dan ketentuan dan kemudian Anda dapat mulai mengunggah gambar ke Adobe Stock. Jika Anda tidak memiliki ID Adobe, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyiapkan akun kontributor Adobe Stock Anda dari awal.

Langkah 1: Kenali Adobe Stock

Sebelum Anda terjun lebih dulu untuk mendaftar menjadi kontributor Adobe Stock, saya sarankan untuk melihat estetika situs web Adobe. Dari apa yang disorot di beranda dan setiap subbagian, Anda akan segera mulai melihat jenis gambar apa yang berkembang di situs dan apa yang mungkin sedang dicari pembeli saat ini.

Langkah 2: Dapatkan ID Adobe Anda

Buka  halaman kontributor di Adobe Stock  dan klik "Memulai" untuk membuat ID Adobe. Anda perlu memberikan nama Anda, email, tanggal lahir, kata sandi, negara dan menerima kebijakan mereka. Jika Anda sudah memiliki ID Adobe, Anda dapat menggunakannya untuk masuk.

Langkah 3: Siapkan dan Unggah Karya Anda


Setelah Anda menyiapkan ID Anda, Anda sudah dapat mulai mengunggah gambar yang ingin Anda jual di platform. Dasbornya cukup mudah digunakan sehingga Anda dapat melihat tahapan semua gambar Anda, apakah sedang ditinjau, siap dibeli, atau analitik penjualan.

Sebelum Anda mulai mengunggah, berikut adalah beberapa panduan dasar yang harus diikuti. Semua gambar harus dalam format file JPEG dan menggunakan ruang warna sRGB. File tidak boleh melebihi 45 MB (megabyte), resolusi minimum adalah 4 MP (megapiksel) dan maksimum 100 MP. Jangan upsample file untuk mencapai minimum ini. Tidak ada tanda air atau stempel waktu yang diizinkan.

Langkah 4: Tambahkan Judul dan Kata Kunci

Anda mungkin memiliki gambar terindah di dunia, tetapi tanpa kata kunci, tidak ada yang akan menemukannya. Mungkin tampak aneh dan tidak perlu menambahkan judul dan kata kunci, tetapi ini penting untuk kesuksesan Anda di platform. Kebanyakan orang menggunakan Adobe Stock untuk menemukan gambar tertentu agar sesuai dengan tema mereka dan semakin baik Anda menggunakan bahasa untuk menggambarkan gambar Anda, semakin baik untuk semua orang.

Sensei Adobe membantu dengan menyarankan hingga 25 kata kunci dan satu judul. Anda mungkin masih perlu meninjau dan mengeditnya seperlunya, tetapi hal itu sangat mempercepat prosesnya.

Langkah 5: Tunggu Ulasan Anda

Setelah semua itu, sekarang Anda harus menunggu. File yang baru diunggah akan ditinjau berdasarkan urutan kedatangan, dan dapat memerlukan waktu hingga satu minggu untuk ditinjau.

Langkah 6: Analisis dan Optimalkan

Setelah fotografi Anda disetujui, Anda masih dapat terus mengoptimalkan dan meningkatkannya. Baca laporan tren Adobe untuk merencanakan pemotretan Anda yang akan datang. Jika Anda menemukan ceruk populer, buat lebih banyak konten untuknya. Isi celah di mana ada sedikit konten.

 

Pedoman Gambar

Adobe Stock memungkinkan Anda untuk menjual foto, file vektor, dan rekaman video. Berikut adalah beberapa pedoman yang perlu diingat:

Gambar harus memiliki resolusi minimal 4MP, dengan resolusi maksimal yang diizinkan pada 100MP.

Hanya format JPEG yang diterima untuk foto dan ukuran file tidak boleh melebihi 45MB.

Untuk file vektor, Anda dapat mengunggah file mandiri dalam format AI, EPS, dan SVG. Ukuran artboard harus antara 15MP dan 68MP sedangkan ukuran file tidak boleh melebihi 45MB.

File vektor dapat diunggah sebagai folder zip dengan format AI dan EPS. Setiap file vektor harus berada dalam folder zip terpisah dan menyertakan pratinjau JPEG. Ukuran file tidak boleh melebihi 45MB.

Resolusi video setidaknya harus 1.280×720 meskipun Adobe merekomendasikan untuk mengunggah video beresolusi full HD atau 4K.

Format file yang diterima termasuk format MOV, MP4, MPG, atau AVI.

Durasi harus antara 5 dan 60 detik dan ukuran file maksimum adalah 3,9 GB.

Hindari menggunakan format video persegi atau vertikal.

Jika Anda mencari cara untuk mengompresi gambar Anda, lihat perbandingan alat kompresi gambar teratas kami .

Kontrol kualitas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, foto Anda dan konten lain yang dikirimkan akan melalui proses peninjauan untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar kualitas dan persyaratan teknis.

Setiap foto atau jenis konten lainnya akan ditinjau oleh tim moderasi. Tim memeriksa kiriman dan mengevaluasinya berdasarkan beberapa kriteria. Ini termasuk standar hukum, persyaratan teknis, nilai komersial, estetika, dan banyak lagi.

File ditinjau saat diterima dan seluruh proses peninjauan dapat berlangsung hingga satu minggu. Adobe Stock memiliki sumber daya bermanfaat yang akan membantu Anda menyiapkan konten sebelum mengunggahnya. Mereka juga menerbitkan laporan tren visual sehingga Anda dapat melihat jenis konten apa yang dibutuhkan.

Pembayaran

Sejauh pembayaran, Adobe Stock memberi Anda pembayaran komisi 33% untuk foto, ilustrasi, dan konten vektor. Untuk file video, komisi ditetapkan menjadi 35%. Ingatlah bahwa jumlahnya dapat bervariasi berdasarkan harga item atau tingkat langganan yang dimiliki pelanggan tertentu.

Pembayaran dibayarkan melalui PayPal, Skrill, dan Payoneer. Anda harus memiliki royalti minimal $25 dan memenuhi beberapa kriteria tambahan yang meliputi:

Anda harus mengunggah formulir pajak yang valid ke akun Anda

Minimal 45 hari harus berlalu dari tanggal penjualan pertama Anda sebelum Anda dapat meminta pembayaran pertama

Jumlah pembayaran Anda akan dibayar dalam mata uang yang Anda pilih di akun Anda.

Sumber Daya Kontributor Saham Adobe

Adobe Stock memiliki banyak sumber daya yang akan membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang menjadi kontributor. Berikut adalah beberapa sumber penting untuk bookmark:

Terminologi hukum dan hak cipta – dalam panduan ini, Anda akan mempelajari semua tentang persyaratan hukum penting dan informasi hak cipta yang berkaitan dengan penjualan konten Anda melalui Adobe.

Catatan Akhir

Menjadi kontributor Adobe Stock adalah cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan terlibat dalam komunitas kreatif yang berpikiran sama. Proses pendaftarannya mudah dan Anda dapat menyumbangkan foto, seni vektor, dan video. Cukup ikuti langkah-langkah dalam artikel ini untuk menjadi kontributor Adobe Stock dan mendiversifikasi penghasilan Anda.

 


Post a Comment for "Cara Menjual Foto di Adobe Stock dan Mendapatkan Uang"