Pengalaman Magang atau PKL di PT. Bayer Indonesia Plant Cimanggis - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Magang atau PKL di PT. Bayer Indonesia Plant Cimanggis

Pengalaman Magang atau Internship di Nutrifood



Pengalaman Magang atau PKL di PT. Bayer Indonesia Plant Cimanggis

Finally, my internship at PT. Bayer Indonesia Plant Cimanggis has ended last week. I have enjoyed the whole 2 months there. I've got a lot story to tell and got new experiences about life. Life is uneasy. But, it depends our way in facing it. ^^
Okay lets start the story... (in indonesian aja yaah...cape translate nya.. xD)

Dimulai dari keanehan saat pengocokan tempat PKPA industri. Saat mengambil kocokan pertama saya mendapat kertas "Anda belum beruntung, silakan coba lagi". Glek. Kok gini ya. Ternyata panitia PKPA ini ada yang iseng bikin kertas undiannya. Jadinya, saya mengambil kertas lagi dan...tadaaaaa... PT. Bayer Indonesia tertulis di kertas itu. Awalnya saya senang karena menurut saya PT. Bayer Indonesia itu keren. Tapi, ketika mengingat waktu PKPA yang 2 bulan tiba-tiba kesenangan saya lenyap entah kemana. That's mean...Selama 4 bulan ini saya gak dapet jatah libur...kyaaaaaaaaaa...

Setelah menenangkan diri dan mencoba berfikir jernih akhirnya saya mulai menerima takdir saya ber-PKPA di PT. Bayer Indonesia. Lalu, setelah melihat surat balasan dari sana, tertera bahwa kita ber-PKPA di Bayer Plant Cimanggis, Depok. Oke, 2 bulan dan di Depok. Artinya, mau gak mau harus ngekos di sana.
Tanggal 20an Februari coba survey ke sana sekalian cari kosan. Dan setelah bertanya ke pak satpam ditunjuklah ke kosan Bu Haji Maryam yang merupakan kosannya anak-anak PKL Bayer. Kosannya lumayan dengan harga yang relatif manusiawi. Letaknya hanya 500 m dari Bayer. Deket sih sebenarnya, jalan kaki juga bisa kalo emang mau. Tapi saya sih selama di sana seringnya naik angkot 41 atau 37 ke arah jakarta dan cuma ngongkos 1 rebu rupiah (padahal katanya angkot di sana gak kenal ongkos 1 ribu...saya dan teman2 cuek aja sih menerapkan sistem ongkos angkot di Bandung..hihihi).
Kosan Bu Haji ini letaknya cukup strategis, di pinggir jalan raya dan di sekitar itu terdapat alfamart, atm bni, bank mandiri, toko kue majestyk, tempat makan, konter pulsa, kalo malem di depan kosan suka ada yang jualan pecel lele, sate..kalo mau menjelajah gang mesjid juga bisa di sana lebih banyak lagi pedagang-pedagang. Jadi intinya gak akan pernah susah mendapatkan segala kebutuhan hidup..hehehe..


Biasa, selalu ada first time for everything...dan tentunya deg2an sih pasti ya...hari pertama perkenalan dosen pembimbing dan pembagian divisi dimana kita akan PKPA.. di Bayer ini tidak menerapkan sistem rolling..jadi, selama 2 bulan itu kita akan PKPA di divisi itu teruus..
Kebetulan saya kebagian di lab mikro dengan 1 rekan saya (kak bhakti) dari UNPAD juga...
Pas pertama masuk mikro saya merasa betapa ribetnya hidup ini. Karena tiap masuk atau keluar lab mikro harus ganti baju, ganti sepatu, dan cuci tangan. Sehari bisa lebih dari 6 kali kita cuci tangan. Hihihi.
Waktu tau dapet lab mikro agak ragu gimana gitu soalnya tau diri kalo saya terakhir kali belajar mikro itu pas tingkat 2. Jadi sudah lupa aja (gak pake banget).
Hari pertama kita (saya dan Kak Bhakti) cuma baca dan nulis SOP. Kenapa kita nulis? karena kalo baca aja itu bener-bener bikin ngantuk. Haha. Selain itu, sebelumnya perkenalan dengan supervisor dan staf analis di mikro. Supervisor kita cukup strict banget soal aturan. Jadi, kerja di mikro itu harus tepat dan cepat. Tapi gak usah khawatir dan bingung ntar mau ngapain. Analisnya baik-baik kok. Mereka mau dengan sabar ngajarin kita. Hehehe. Intinya kita gak boleh diem aja. Kalo gak ada kerjaan, kita tanya aja analis atau supervisornya ada yang bisa dibantu atau enggak.
Di Bayer itu kita memang benar-benar kerja. Jadi, untuk urusan pengetahuan tentang industri itu pinter2 kita aja sering nanya-nanya dan perbanyak kenalan di luar divisi kita. Walaupun diberi waktu 1 minggu untuk plant tour, tapi itu tidak cukup untuk mengetahui segalanya tentang industri.
Kerja di lab Mikro itu jangan ngarep bisa pulang teng go. Paling cepet pulang jam setengah 5. Seringnya jam 6 an. Soalnya kerjaan di mikro itu cukup banyak dan kadang butuh proses berjam-jam kayak ngotoklaf.
Sebenarnya suka ngiri juga sih sama temen-temen kita yang lain yang di bagian office. Mereka hampir tiap hari pulang teng go. Tapi, beruntung saya PKPA bareng rekan yang nyambung "stres"nya jadi kerja di lab pun kita masih bisa enjoy. Analis dan anak PKL lainnya juga asik-asik kok. Masih bisa haha hihi. Beda kalo di office seharian depan komputer. Sendiri. Gak bisa ngegosip atau becanda.
yaaaah..pasti ada kurang dan lebihnya lah tiap pekerjaan. Hehe.

Di Bayer kita gak digaji (udah numpang PKL, minta digaji pula.. *hammer*). Tapi kita dapet makan siang yang sangat bergizi kok. Hihihi.. Pagi-pagi juga disediain teh manis sama susu di kantin. Tiap akhir bulan juga kita bisa minta vitamin gratis. Kita tinggal bawa toples aja. Ntar diisi sama petugas yang bagiinnya. Hihi. Tapi tau diri juga lah ya jangan bawa toples kerupuk. Hahaha.

Over all..PKPA di Bayer itu asik dan ngangenin kok. Hihi.
Berasa menemukan keluarga baru.. :)
Makasih yaa semuanya...

Kak Duan yang Cantik
Kak Ardi a.k.a Juna a.k.a Bosep
Kakkusss yang Smart and Shiny
Kak Bhakti yang Kece :p
Farah + KD SMAKBO
Mbak Desi STIFAR
Mas Sakti STIFAR

Berkat kalian semua PKPA ini menjadi menyenangkan. Ibaratnya oasis di padang pasir. wkwkwk.

*I wrote their name here,,,wishing never lost in touch with them..love you all.. :* :*

 


Post a Comment for "Pengalaman Magang atau PKL di PT. Bayer Indonesia Plant Cimanggis"