Cara Menulis Artikel di Historia.id - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Artikel di Historia.id

Cara Menulis Artikel di Historia.id

Cara Menulis Artikel di Historia.id - HISTORIA adalah majalah sejarah online pertama di Indonesia yang disajikan secara populer. Kami memadukan disiplin kerja jurnalistik dengan penelitian sejarah yang ketat untuk menghadirkan kisah masa lalu secara memikat dan mengesankan di hadapan pembaca.

Dinamika kehidupan manusia di masa lampau, mulai intrik politik, revolusi, perang, pemberontakan, perebutan kekuasaan, bencana dan berbagai penemuan yang mengubah wajah dunia akan menjadi cerita memikat yang selalu kami hadirkan setiap bulannya. Bukan hanya itu, cerita-cerita unik tapi terabaikan dalam rentang sejarah Indonesia, seperti sejak kapan orang Indonesia minum kopi, kapan soto dikenal sampai dengan mulai kapan singkong dikonsumsi di Indonesia akan pula kami sajikan di majalah online HISTORIA. 

SEJAK kali pertama terbit tahun 2010, HISTORIA.ID sudah menyuguhkan beragam kisah dan informasi yang menarik mengenai sejarah.

Dulu, siapa pernah membayangkan, kisah sejarah bakal semenarik ini. Bisa dinikmati sambil santai berbaring tanpa harus berkerut kening. Temanya pun bukan itu-itu saja, yang mungkin berulang kali kita pelajari di bangku sekolah sampai boring. Ternyata, sejarah itu asyik dan penting.

Namun, kami juga sadar tema sejarah teramat luas untuk kami garap sendiri. Di sisi lain sedari awal kami ingin agar sejarah kita tidak Jawa-sentris, apalagi Jakarta-sentris. Bukan cuma mengupas tokoh atau peristiwa-peristiwa besar tapi juga yang kecil-kecil.

Untuk itulah kami mengundang Anda untuk menulis.

HISTORIA.ID dalam kerjanya memadukan metode sejarah dan jurnalisme. Temanya adalah segala hal yang terjadi di masa lalu tapi punya makna bagi masa kini dan masa mendatang. Pengerjaannya butuh riset mendalam: membaca buku, membuka arsip, menelisik catatan-catatan pribadi. Pelaku atau saksi sejarah yang masih hidup diwawancarai. Para ahli ditanyai. Tulisannya dikemas dengan konsep popular science. Bahasanya lugas. Isinya mencerdaskan tapi mudah dicerna.

HISTORIA.ID berangkat dari pemikiran bahwa begitu banyak persoalan di Indonesia yang tak terselesaikan dan terlupakan. Tapi kami tak akan melulu mengupas sejarah politik –kendati sebagian dari kita suka kisah penuh intrik dan polemik.

Kami memberi ruang bagi tema-tema lain yang menarik dan kerap luput dari perhatian kita. Bisa hiburan atau gaya hidup. Bisa menulis soal tradisi atau bekas lokalisasi. Dari dunia otomotif hingga kisah tokoh inspiratif. Atau, mungkin Anda mau berbagi cerita mengenai sejarah kampung, desa, atau kota di mana Anda tinggal.

Kami juga peduli dengan peristiwa-peristiwa aktual tapi mengulasnya dengan memberikan perspektif sejarah.

Ada banyak tema sejarah yang menarik dan perlu ditulis. Gampangnya, semua hal di dunia ini ada sejarahnya.

Syarat menulis artikel di Historia.id :

1         Namakan email yang Anda kirim dengan awalan [Kontributor] sebagai nama Subject.
Subject: [Kontributor] - username Akun Historia - Judul Tulisan. Silahkan ganti username Akun Historia dengan username akun Anda yang terdaftar di Historia. Contoh: [Kontributor] - Tjatur.W - Pesan Bung Karno untuk KAMI

2         Naskah hendaknya tak lebih dari 6.000 karakter, orisinal, dan belum pernah dimuat di media lain.

3         Naskah panjang atau Laporan Khusus butuh negosiasi khusus. Sebaiknya Anda terlebih dulu mengajukan proposal liputan selengkap mungkin.

4         Penggunaan sumber primer (arsip, dokumen, dll) serta wawancara pelaku/saksi sejarah menjadi pertimbangan utama dalam pemuatan. Rujukan sumber sekunder (buku, koran/majalah, jurnal, dll) bisa dipakai asalkan relevan.

5         Penggunaan sumber primer harus disertai nomor arsip dan asalnya.

6         Pelaku/saksi sejarah disebutkan dengan keterangan usia saat ini dan posisinya di masa lalu.

7         Sumber ahli disertai keterangan atribusinya.

8         Rujukan sumber sekunder diletakkan di badan tulisan, baik nama penulis maupun judul buku/tulisannya. Judul buku ditulis dengan cetak miring, sedangkan judul tulisan ditulis dalam tanda kutip.

9         Jika mengutip tulisan jurnal, sertakan nama jurnal dan nomornya. Jika bersumber dari tesis/disertasi, cantumkan tahun dan nama universitasnya.

10         Tautan elektronik (URL) langsung ditulis di badan teks sebagai hyperlink.

11         Buat profil singkat Anda di akhir tulisan.

12         Jika ada foto atau gambar untuk melengkapi tulisan, lampirkan beserta keterangan foto dan pemilik fotonya (credit title).

13         Ketika mengirimkan naskah, sertakan pula data diri/daftar riwayat hidup beserta foto biar kami lebih mengenal Anda. Begitu pula nama bank dan nomor rekening, fotokopi KTP serta NPWP untuk pengurusan honor.

Cara Menulis Artikel di Historia.id :

1.Daftar akun Historia di Link berikut jika Anda belum punya account Historia.id

2.Bagi yang sudah punya account silahkan Login terlebih dahulu lalu klik Link berikut

3.Masukkan Email account Historia.id Anda untuk mendaftar sebagai Kontributor Historia

4.Lalu lengkapi data diri dan data-data yang dibutuhkan

5.Klik Simpan

6.Untuk edit data KTP dan NPWP bisa dilakukan di halaman profile atau pada pengaturan.

7.Begitu pula nama bank dan nomor rekening, fotokopi KTP serta NPWP untuk pengurusan honor.

Setiap tulisan akan melalui proses kurasi yang ketat. Jika dibutuhkan, penyuntingan dilakukan bolak-balik antara penulis dan editor. Tersedia honorarium yang layak untuk setiap naskah yang dimuat.

Hak cipta setiap tulisan ada pada penulis. HISTORIA.ID hanya punya hak pemuatan dalam berbagai bentuk atau format.

Jika Anda rajin dan kami nilai karya-karya Anda bagus, kami pertimbangkan untuk menjadi Kontributor Tetap (dengan syarat dan perjanjian tertentu).

Siap menerima tantangan ini? *

 Demikian tata cara kirim naskah ke Historia.id walaupun media online, yang kirim naskah ternyata banyak, jadi Sobat mesti mengirimkan karya-karya terbaik agar menang dalam persaingan. Oke…tetap semangat dan salam inspirasi….


Post a Comment for "Cara Menulis Artikel di Historia.id"