Cara Menulis Artikel di Hipwee Terbaru - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Artikel di Hipwee Terbaru

Cara Menulis Artikel di Hipwee Terbaru



Cara Menulis Artikel di Hipwee Terbaru - Anak muda Indonesia tak pernah bersikap masa bodoh terhadap hidup. Justru kita sangat peduli pada apa yang terjadi di dunia ini, dan selalu bersemangat untuk lebih memperbaiki diri. Sayangnya, media-media yang hadir di Indonesia selama ini belum mampu mendukung kaum muda kita untuk menjadi diri mereka yang sepenuhnya.

Kini Hipwee Community mengajakmu membuat artikelmu sendiri. Jika kamu tertarik, kriteria artikel yang kami cari bisa kamu simak di sini:

  • Konten ringan yang akan menghibur orang dengan latar belakang serupa denganmu.
  • Artikel opini tentang kejadian terkini di masyarakat, atau isu-isu sosial yang selalu penting untuk dibahas.
  • Catatan perjalanan
  • Kisah-kisah unik dan sukses dari tokoh atau masyarakat di daerah tempat tinggalmu (yang akan menarik untuk kita ketahui).
  • Pelajaran hidup pribadi yang menginspirasi.
  • Ulasan mengenai Film, Musik, atau Buku yang menarik untuk diketahui oleh banyak orang.
  • Tips-tips menarik dan bermanfaat bagi para pembaca.

Syarat menulis artikel di Hipwee :

  • Memiliki panjang antara 800-1500 kata.
  • Naskah tidak bersifat komersial atau promosional.
  • Orisinal dan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya di media massa apapun, termasuk blog pribadimu.
  • Nama profil, biografi dan foto profilmu lengkap.
  • Submit artikel dalam bentuk final. Hipwee bukan dosen pembimbing skripsimu; kami tidak menerima revisi.

Cara Menulis Artikel di Hipwee :

1. Langkah pertama tentu saja membuat akun Hipwee dulu 🙂




Caranya gampang. Kamu tinggal klik “Tulis Artikel” di bagian pojok kanan atas website Hipwee. Lalu masukkan email aktif dan password untuk akun Hipwee-mu. Setelah itu, jangan lupa konfirmasi akunmu melalui email yang nantinya akan Hipwee kirimkan. Rajin-rajin cek inbox atau kotak spam di emailmu ya!

Eits, ada lagi! Kamu juga bisa membuat akun dengan Facebook lho! Caranya juga sama, kamu tinggal pilih “Login via Facebook”.

x

2. Lalu masuk ke dashboard dan pilih Narasi pada pojok kiri atas

Hampir sama seperti menulis Listicle, saat ingin menulis Narasi, kamu tinggal memilih menu “Narasi” pada bagian pojok kiri atas. Lalu pilih “Tambahkan Narasi Baru” dan tunggu sampai kamu di-direct menuju laman tempat kamu akan menulis selanjutnya.

3. Lalu kamu perlu menuliskan judul dan kutipan

Langkah selanjutnya: 

  1. Tuliskan judul pada kolom yang tersedia. Oh iya, pastikan jumlah karakter dalam judulmu antara 50-90 karakter ya. Biar tidak lebih menarik dan nggak terlalu panjang.
  2. Selanjutnya adalah subtittle. Kamu bisa mengisikan inti dari tulisanmu di sana. Misal: cinta beda agama, curhatan mahasiswa, dan yang lainnya
  3. Oh iya abaikan kolom opengraph ya~

4. Selanjutnya tulis narasimu pada kolom deskripsi

Ini nih bagian utamanya. Yups, menulis narasi!

Nah di bagian ini kamu bisa menuliskan narasimu. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, narasimu harus berjumlah minimal 350 kata dan maksimal 1000 kata. Kedua, kamu bisa menggunakan fitur editing seperti bold, underline, italic dan yang lainnya.

5. Jangan lupa untuk menuliskan kutipan pada kolom di bawah deskripsi

Langkah selanjutnya adalah menuliskan kutipan. Kutipan merupakan kalimat pendek yang merangkum tulisanmu. Ingat, tulis kalimat kutipan secara menarik dengan panjang 1-2 kalimat aja.

6. Kini saatnya memilih gambar utama

Sama seperti pada listicle, gambar utama ini penting banget lho untuk tulisanmu. Sebab ibarat rumah, gambar utama adalah halaman depan sehingga turut menentukan tingkat keterbacaan. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memilih sebuah gambar yang nantinya kamu pakai sebagai gambar utama. Panduan lengkapnya bisa kamu baca di sini ya!

  1. Pilih Set Foto Utama lalu pilih gambar atau foto yang ingin kamu gunakan sebagai gambar utama.
  2. Jangan lupa lengkapi bagian Featured Image Label. Bagian ini sama kok dengan Sumber Foto seperti gambar pada poin-poin.
  3. Lalu lengkapi juga Source dengan menuliskan link lengkap tempat kamu menggambil gambarnya.

7. Jika semua sudah, tinggal klik Submit dan tulisan narasimu siap diterbitkan!

Setelah menyelesaikan langkah-langkah itu semua, kini saatnya kamu Submit tulisanmu. Caranya scroll ke atas sampai kamu menemukan tombol “Submit” di bagian kanan atas.

Nah sekarang kamu tinggal menunggu masa review sebelum tulisanmu diterbitkan. Gimana mudah kan menulis narasi di Hipwee Community?

Jika ada yang belum jelas atau ingin bertanya sesuatu, silakan colek kami di community@hipwee.com. Kami tunggu tulisanmu

Bagaimana cara melihat status artikelmu?

  • Klik “DASHBOARD”
  • Klik “LISTICLE / KUIS / OPINI”
  • Klik “SEMUA LISTICLE / SEMUA KUIS / SEMUA OPINI”
  • Apabila naskah artikelmu belum final, maka statusnya tertulis “DRAFT”. Jika ingin menyelesaikan artikelmu, klik “Edit”.
  • Apabila naskah artikelmu berstatus “Menunggu Konfirmasi”, berarti masih dalam proses moderasi.
  • Bila statusnya adalah “Publish”, berarti artikelmu telah berhasil terbit di Hipwee Community.
  • Kamu juga bisa melihat urutan rangkingmu di halaman dashboard milikmu.

Hipwee tidak memberikan honor berupa uang. Kesempatan untuk didengar oleh 10 juta pembaca Hipwee adalah imbalan yang akan kamu dapatkan. Mengingat banyaknya naskah yang masuk ke redaksi, Hipwee tidak bisa memberikan tanggapan pada setiap kontribusi. Jika setelah dua minggu kamu tidak mendengar kabar apapun dari kami, anggaplah naskahmu belum bisa kami publikasikan.

Kami berhak menyunting naskahmu secara substantif dan substansial, namun tidak akan memberikan komentar atau saran editorial jika kami memilih untuk tidak mempublikasikannya.

Ingin menjadi penulis purnawaktu (full-time) untuk kami? Kirimkan lamaranmu dengan CV terbaru beserta satu contoh artikel ke contact@hipwee.com.

Nah untuk teman-teman yang sebelumnya belum pernah nulis narasi dan ingin mencobanya, sini-sini Hipwee Community bisikin caranya. Tolong dibaca sampai tuntas ya~



Post a Comment for "Cara Menulis Artikel di Hipwee Terbaru"