Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blure Sebagian Video di CapCut

Cara Membuat Blure Sebagian Video di CapCut



Dengan popularitas dan permintaan video format pendek di media sosial, banyak dari Anda mungkin ingin menguasai seni mengedit video sebelum dipublikasikan. Jika Anda telah menggunakan TikTok untuk mengunggah video Anda, kemungkinan besar Anda pasti pernah menemukan aplikasi pengeditan video ini – CapCut. 

Dikembangkan oleh tim di balik TikTok sendiri – ByteDance, CapCut tersedia di iOS dan Android secara gratis. Aplikasi ini menawarkan fitur pengeditan dasar hingga sedang seperti menambahkan filter warna, stabilisasi, topeng, kunci chrome, soundtrack, memodifikasi latar belakang, dan banyak lagi, tetapi fitur aplikasi yang lebih populer adalah efek Zoom 3D dan layar hijau . 

Jika Anda mencari cara untuk memburamkan video di CapCut, Anda dapat yakin bahwa Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini. Tetapi sebelum Anda melanjutkan untuk menambahkan efek Blur ke video Anda, pastikan Anda telah menginstal aplikasi Captcut melalui  App Store atau Google Play Store . 

Buramkan Sebagian Video di CapCut'

1.Jika Anda ingin memburamkan semua konten video, CapCut memungkinkan Anda melakukannya. Perlu diingat bahwa memburamkan seluruh video akan memengaruhi semua bagian dan objek video selama durasi video. 

2.Sekarang, pilih video yang ingin Anda edit dan ketuk tombol 'Tambah' di sudut kanan bawah. 

3.Saat video ditambahkan ke proyek CapCut baru, ketuk tab 'Hamparan' di bagian bawah. 

4.Di layar berikutnya, ketuk opsi 'Tambahkan hamparan'. 

5.Pilih video yang sama yang Anda tambahkan terlebih dahulu sebagai hamparan. 

6.Video overlay sekarang akan muncul di atas video utama Anda.

7.Menggunakan jari Anda, cubit dan seret video overlay dan posisikan langsung di atas video utama Anda. Ini diperlukan karena, untuk beberapa alasan, CapCut melapisi video kedua di dalam batas video utama. Anda perlu memastikan batas video pertama dan kedua sejajar dengan sempurna

8.Setelah Anda menyelaraskan video kedua di atas yang pertama, ketuk ikon panah yang menghadap ke kiri di sudut kiri bawah. 

9.Ini akan membawa Anda ke toolbar utama di bagian bawah. Langkah selanjutnya adalah menerapkan efek blur ke seluruh video seperti yang Anda lakukan di bagian sebelumnya. Untuk ini, ketuk opsi 'Efek' di bagian bawah. 

10.Selanjutnya, masuk ke kategori 'Basic' ketika menu Effects muncul, dan pilih efek 'Blur'. Setelah selesai memilih efek, ketuk ikon tanda centang. 

11.Anda seharusnya dapat melihat efek Blur yang diterapkan pada video Anda.

Untuk beberapa alasan, CapCut tidak menerapkan efek ke seluruh durasi video. Tetapi Anda dapat memperluasnya untuk menutupi seluruh video dengan menyeret penunjuk ujungnya dan menjatuhkannya di akhir video Anda.

12.Setelah Anda selesai melakukannya, pilih bilah "Blur" yang ditandai di sini dengan warna ungu lalu ketuk tab 'Objek' dari bawah. 

13.Anda harus memilih di mana Anda ingin menempatkan efek Blur. Dari menu yang muncul, pilih ubin 'Hamparan' lalu ketuk tanda centang. 

14.Sekarang, kembali ke timeline proyek utama dengan mengetuk ikon panah yang menghadap ke kiri di sudut kiri bawah. 

15.Pada layar waktu proyek, buka tab 'Hamparan' sekali lagi.

16.Di dalam layar Overlay, ketuk video kedua yang Anda tambahkan sebagai overlay sebelumnya. Gesek melalui bilah alat bawah dan pilih alat 'Mask'. 

17.Dari sini, Anda dapat memilih bentuk yang berbeda untuk efek blur Anda. Jika Anda mencoba memburamkan wajah pada video, kami sarankan Anda memilih opsi 'Lingkaran' di layar. Namun, Anda dapat memilih bentuk apa pun yang Anda inginkan untuk efek buram, tergantung pada apa yang ingin Anda buramkan. 

18.Sebelum mengetuk tanda centang, posisikan Blur ke posisi pilihan Anda dan ubah ukurannya menggunakan panah yang disediakan di bagian atas dan kanan. Anda juga dapat menyesuaikan intensitas blur dengan menyeret panah yang menghadap ke bawah ke atas dan ke bawah ke pengaturan pilihan Anda. 

19.Setelah Anda menyesuaikan topeng Blur Anda, ketuk tanda centang di bagian bawah untuk menerapkannya. 

Sekarang, Anda dapat membiarkan efek blur itu jika subjek yang Anda blur tidak bergerak. Namun karena ini adalah video dan banyak hal yang sering bergerak, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memburamkan subjek saat bergerak. Untuk menyelesaikan ini, kita akan menggunakan Keyframes untuk memposisikan ulang topeng Blur ke posisi yang berbeda saat subjek bergerak. 

Untuk ini, cari melalui video saat diputar dan periksa kapan subjek bergerak keluar dari area Buram. Carilah tempat ketika itu terjadi dan ketuk ikon Keyframe yang berdekatan dengan tombol putar. 

20.Ketika Anda melakukannya, CapCut akan menandai tempat itu dengan ikon berlian. Ketika ikon ini berwarna merah, itu berarti Anda telah memilihnya. Dengan bingkai utama yang dipilih, ketuk opsi 'Mask' dari bilah alat bawah. 

21.Selanjutnya, ubah posisi atau bentuk ulang topeng Blur sesuka Anda. 

22.Sekarang, ketuk tanda centang di bagian bawah. 

Anda dapat menambahkan bingkai utama sebanyak yang Anda suka di dalam video, asalkan itu diperlukan. Saat Anda menambahkan beberapa bingkai utama, Anda seharusnya dapat melihat beberapa ikon berlian di bilah pencarian seperti pada tangkapan layar di bawah ini.


23.Saat video melompat dari satu bingkai utama ke bingkai utama berikutnya, topeng Blur berubah posisi dan bentuk secara bertahap sehingga kualitas video tidak terpengaruh


24.Itu saja. Anda dapat melanjutkan untuk mengekspor dan menyimpan video ke perpustakaan Anda dengan mengikuti petunjuk yang telah kami jelaskan di bagian terakhir. 

Post a Comment for "Cara Membuat Blure Sebagian Video di CapCut"

close