Domain Model Dan Pengertian Machine Learning - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Domain Model Dan Pengertian Machine Learning

Domain Model Dan Pengertian Machine Learning



Pada sub bab pertama telah disebutkan bagaimana anak mengenali sesuatu. Manusia dapat melakukan hal karena otak mampu membuat model berdasarkan masalah yang dihadapi yang disebut domain model. Dengan model tersebut maka dapat dilakukan proses seperti:

1.       Klasifikasi.

2.       Prediksi.

3.       Clustering.


4.       Explanation.

Pada sub bab pertama terdapat dua domain yaitu “sepeda motor atau mobil” dan “email spam atau bukan”. Untuk membuat domain model dapat digunakan dua pendekatan yaitu:

1.       Pendekatan basis pengetahuan (knowledge-based)

Pendekatan ini dapat dilakukan jika ada seorang ahli di suatu domain yang memberikan pengetahuan eksplisit untuk mengidentifikasi sesuatu. Seorang ahli pada suatu domain lebih dikenal sebagai expert system. Jika pendekatan ini diimplementasikan pada perangkat lunak maka pembuat perangkat akan menjadi pemberi pengetahuan secara eksplisit tentang domain model.

2.       Pendekatan data-driven

Pendekatan ini memanfaatkan data yang telah ada untuk membangun konsep model secara implisit sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi sesuatu.

Pada buku ini akan berfokus pada pendekatan data-driven. Untuk membuat data menjadi domain model agar didapat informasi yang dapat digunakan untuk melakukan aksi maka digunakan metode- metode yang telah dikenal pada bidang statistik. Proses data dengan metode-metode statistik tersebut dibantu dengan bantuan kekuatan komputasi yang dimiliki oleh komputer.

Gambar 1. Data, metode statistik dan kekuatan komputasi computer (sumber: Machine Learning with R).

Gambar 1. Data, metode statistik dan kekuatan komputasi computer (sumber: Machine Learning with R).


Karena menggunakan metode statistik maka proses di atas disebut statistical learning, tetapi lebih populer atau lebih dikenal dengan istilah machine learning.

 

 

Definisi

Mechine learning adalah bidang yang mempelajari pengembangan algoritma komputer untuk mengubah data menjadi aksi yang cerdas (Machine Learning with R). atau secara singkat dapat juga diartikan sebagai proses mengubah data menjadi informasi (Machine Learning in Action).

Selain machine learning, juga sering didengar istilah data mining yang merupakan saudara kandungnya.  Tetapi ada pendapat yang menyatakan tumpang tinding machine learning dan data mining dimana secara virtual pada seluruh data mining pasti melibatkan penggunaan machine learning tetapi tidak seluruh machine learning melibatkan data mining. Sebagai contoh machine learning digunakan untuk melakukan proses data mining data lalu lintas kendaraan bermotor untuk mendapatkan pola yang berhubungan dengan tingkat kecelakaan.          Kemudian bedakan dengan bagaimana proses pembelajaran komputer untuk mengendarai mobil dimana hal tersebut murni machine learning tanpa ada data mining. Maka dapat ditarik kesimpulan singkat yaitu:

1.       Machine learning berfokus pada bagaimana pembelajaran komputer menggunakan komputer untuk memecahkan masalah.

2.       Data mining berfokus pada bagaimana pembelajaran komputer mengindentifikasi pola yang akan digunakan manusia untuk memecahkan masalah.

Post a Comment for "Domain Model Dan Pengertian Machine Learning"