Contoh Laporan Hasil Magang Di PT Petrokimia Gresik Terbaru 2021 - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Laporan Hasil Magang Di PT Petrokimia Gresik Terbaru 2021


Contoh Laporan Hasil Magang Di PT Petrokimia Gresik Terbaru 2021

Istilah magang pasti erat kaitannya dengan mahasiswa tingkat akhir dan siswa SMK yang berada di kelas akhir. Nama lain dari magang adalah PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau Prakerin (Praktek Kerja Industri). Pengertian magang yaitu kegiatan yang harus dilakukan untuk memenuhi tugas sebagai seorang mahasiswa maupun siswa SMK. Saat melakukan magang ini tentunya Anda disibukkan dengan kegiatan dan tugas yang diberikan oleh perusahaan untuk melatih kemampuan yang dipelajari selama ini.

Tujuan dari magang sendiri adalah memperkenalkan dunia industri kepada mahasiswa agar dapat memiliki gambaran bagaimana suatu saat akan bekerja langsung pada industri. Pada tempat magang biasanya seorang mahasiswa diberi tugas sesuai dengan divisinya masing-masing. Tugas tersebut dapat dikerjakan secara kelompok maupun individu sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pembimbing di industri tersebut. Untuk dikatakan lulus dari magang, seorang mahasiswa atau siswa smk tidak hanya menyelesaikan tugas yang diberikan, namun juga harus membuat laporan magang sebagai bukti yang nantinya diberikan kepada pihak kampus atau SMK.

Pihak kampus atau SMK.
Penyusunan laporan magang ini sebenarnya sama dengan laporan kegiatan lainnya. Namun yang membedakan adalah pada bagian isi yang melaporkan hasil kegiatan selama magang. Bagi yang belum mengetahui bagaimana cara membuat laporan magang tentunya sedikit merasa kesulitan, maka dari itu terdapat cara untuk menyusunnya. Dimulai dari paham struktur pembuatan,teknik penyusunan, pembahasan, dan lain-lain.

Hal yang Ada Dalam Laporan Magang

 

Pembuatan laporan magang tidak boleh sembarangan dan asal-asal an. Terdapat beberapa hal yang harus ada dalam laporan seperti cover, daftar isi, konten laporan, lampiran. Meskipun pada penerapannya banyak penjabaran dari format tersebut, sebenarnya secara umum laporan magang mahasiswa memiliki format tetap yang tidak bisa diubah-ubah. Berikut penjelasan tentang hal-hal yang harus ada dalam laporan magang

  • Cover / Sampul

    Bagian cover depan laporan magang harus memuat identitas Anda secara lengkap. Sebaiknya Anda cermat dalam membuat bagian cover karena banyak mahasiswa yang salah ketik nama, NIM, maupun nama instansi. Perhatikan pula cara penggunaan huruf kapital dan tanda baca.

  • Daftar Isi

    Buatlah bagian daftar isi dengan rapi serta sesuai dengan konten yang Anda tulis. Biasanya banyak mahasiswa yang malas mengganti nomor halaman ketika laporan magangnya mendapatkan revisi. Hal tersebut tentu akan sangat fatal apabila laporan magang diperiksa oleh pembimbing, bahkan ketika sudah diserahkan pada pihak tempat magang.

  • Konten laporan

    Sesuaikan isi laporan magang dengan jurusan yang Anda ambil. Lengkapi data yang Anda dapatkan dengan grafik, gambar, atau ilustrasi lainnya. Tulis secara lengkap apa saja yang Anda kerjakan selama masa magang berlangsung. Untuk memudahkannya tulis juga tanggal sesuai dengan waktu pengerjaan.

  • Lampiran laporan

    Adanya lampiran laporan biasanya akan ditanyakan ketika proses pembuatan laporan. Ketika Anda membahas data pada bagian isi, maka Anda perlu melampirkan perhitungan yang detail pada bagian lampiran. Lampiran ini dapat berupa grafik atau data yang mendukung pembahasan.

 

Teknik Penulisan Laporan Magang

Cara Membuat Laporan Magang
 

Penting untuk mengetahui teknik dalam penulisan laporan magang selain mengetahui apa saja isi dari laporan magang. Teknik yang digunakan pun hampir sama seperti laporan pada umumnya dan diperbolehkan jika terdapat perubahan atau menyesuaikan instruksi dari pembimbing. Secara umum teknis penulisan magang yaitu :

  • Laporan magang menggunakan kertas ukuran A4 yang mana menggunakan jarak spasi 1,5
  • Font yang digunakan untuk menulis laporan magang adalah Times New Roman dengan ukuran font 12
  • Judul bab menggunakan huruf kapital
  • Setiap halaman bab menggunakan bilangan cacah yang berurutan

 

Struktur Laporan Magang

Penyusunan struktur laporan magang tidak boleh sembarangan dan jangan sampai tertukar karena itu merupakan aturan yang tidak boleh diubah. Setelah mengetahui struktur laporan magang yang benar maka akan mudah dalam mengembangkan isi laporan. Berikut ini contoh struktur laporan magang :

  • Pendahuluan, berisi latar belakang mengapa dilakukan program PKL, tujuan PKL dan sistematika penulisan.
  • Gambaran Umum Tempat PKL, berisi sejarah berdirinya tempat PKL (perusahaan atau instansi), visi dan misi, ruang lingkup bisnis, tugas dan fungsi serta perkembangan usaha.
  • Cara Membuat Laporan Magang
    Tinjauan PKL menjelaskan tempat dan waktu PKL, deskripsi divisi atau bagian tempat PKL dan deskripsi kerja (job description).
  • Kegiatan dan Pembahasan menjelaskan tentang kegiatan yang dilakukan selama mengikuti program PKL dan pembahasan atas temuan-temuan terutama dikaitkan dengan teori-teori terkait yang dipahami dengan praktek di tempat PKL.
  • Penutup berisi kesimpulan dan saran-saran, baik untuk perusahaan atau instansi tempat PKL ataupun untuk perbaikan program PKL berikutnya.

2 comments for "Contoh Laporan Hasil Magang Di PT Petrokimia Gresik Terbaru 2021"

  1. mau tanya kak, untuk laporan magang apakah judulnya kita yang nyari sendiri atau judul dikasihkan oleh pembimbing kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih projek waktu magang oleh pebimbing->nah projek buat tugas akhir->nama projek buat laporan kita sendiri yg nentuin

      Delete