PENGERTIAN ARRAY DAN JUGA JENIS-JENISNYA BESERTA CONTOHNYA - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGERTIAN ARRAY DAN JUGA JENIS-JENISNYA BESERTA CONTOHNYA

 Array


Array adalah suatu variabel yang bisa menampung lebih dari 1 nilai. Nilai didalam array disebut elemen. Untuk elemen pada array kita dapat memasukkan tipe data yang berbeda-beda, sedangkan Untuk membuat array ada terdapat 2 cara sebagai contoh : Cara pertama

$hari = array("senin","selasa","rabu");


Cara kedua

$bulan=["januari","febuari","maret"];

Pada cara pertama kita membuat variabel baru terlebih dahulu setelah itu menuliskan keyword array diikuti tanda kurung dan diakhiri dengan titik koma, gunakan kutip dua jika elementnya bertipe string sedangkan angka atau integer tidak usah kutip. Sedangkan pada cara kedua untuk membuat array tidak menggunakan keyword array tapi diganti dengan kurung siku. Untuk lebih memahami array maka ikuti langkah-langkah berikut :

·      Buatlah file dengan nama latihan1.php

·      Tambahkan code berikut :



Gambar 1.1 latihan1.php
untuk mencetak array kita tidak bisa menggunakan echo. Untuk menampilkan isi dari array kita dapat menggunakan code var_dump( ) atau print_r( ) contohnya sebagai berikut :


Gambar 1.2 Cetak array pada latihan1.php
Hasil dari latihan1.php

Jika kita ingin lebih jelas isi dari array, kita bisa menggunakan view page source
Gambar 1.3 View page source
Hasil view page source
                             Gambar 1.4 Hasil dari view page source
Penjelasan pada gambar 8.4 line 1 sampai 14 :


Penjelasan pertama line 1 sampai 8 dimana kita melakukan cetak array-nya menggunakan var_dump. Line 1 = menjelaskan bahwa terdapat 3 array ( array (3) ) dimana isinya pada index ke 0 tipe datanya integer dengan elemen 123 -> [0]=>int(123) pada index ke 1 tipe datanya string dengan jumlah karakternya 5 dan element string-nya adalah “angka-> [1]=>string(5) “angka” dan pada index ke 2 tipe datanya Boolean dengan elemennya false -> bool(false).

Penjelasan kedua line 9 sampai 14 dimana kita menggunakan print_r. Berbeda dengan menggunakan var_dump pada print_r tampilannya lebih ringkas hanya berisi keterangan index dan elementnya. Selain kita dapat menampilkan isi keseluruhan elemen pada array, kita juga dapat menampilkan salah satu elemen saja pada array dengan cara :
Gambar 1.5 Tambahkan code
pada gambar 1.5 dapat kita ketahui bahwa line 20 kita akan mencetak index ke 0 pada array $arr1


Hasil 
Gambar 1.6 Hasil  Tampilan Salah Satu Elemen Array

Setelah kita berhasil menampilkan keseluruhan elemen atau menampilkan hanya salah satu elemen pada sebuah array. Maka langkah berikutnya kita belajar menyisipkan satu elemen pada sebuah array. Untuk lebih jelasnya lakukan percobaan berikut :

Buatlah file baru dengan nama latihan2.php dan tambahkan code berikut
Gambar 1.7 latihan2.php
Pada line 11 kita mencoba menambahkan hari kamis pada array. Setelah kita tambahkan maka kita cetak hasil keseluruhan array (line 12).


Hasil 
Gambar 1.8 Hasil view page source

Setelah kita berhasil menampilkan seluruh elemen, menampilkan hanya satu elemen atau menambahkan elemen seperti pada percobaan sebelum-sebelumnya. Selanjutnya kita akan belajar menampilkan isi dari array menggunakan perulangan. var_dump atau print_r sebenarnya bukan untuk menampilkan isi dari elemen array dengan benar. Var_dump dan print_r sebenarnya digunakan untuk debug program. Untuk lebih jelas cara untuk menampilkan isi elemen pada array maka ikuti langkah berikut :

Buatlah file baru dengan nama latihan3.php dengan code sesuai gambar 1.9. Penjelasan kode gambar 1.9 :

line 10 sampai 20 adalah CSS

line 13 atur lebar div

line 14 atur tinggi div

line 15 menambahkan warna background

line 16 agar text berada pada tengah div

line 17 mengatur tinggi text

line 18 mengatur margin div

line 19 agar div tersusun ke kiri

line 24 sampai 35

Gambar 1.9 Code latihan3.php
untuk menampilkan seluruh isi dari array maka kita membutuhkan code perulangan menggunakan php. pada line 26 merupakan code perulangan menggunakan FOR dan dimana kita lihat bahwa perulangan tersebut tidak ada tanda kurawal tutup. Untuk kurung kurawal tutup ada pada line 35. Sedangkan isi dari perulangannya ada pada line 31. Hasil :
Gambar 1.10 Hasil dari looping
PERTANYAANNYA SEKARANG :


Bagaimana jika kita tambahkan elemen pada array $angka pada line 3 sehingga jumlah elemennya menjadi 8 sedangkan kondisi looping-nya $i<7 pada line 26

Jawabannya TIDAK BISA karena pada kondisi looping kita sudah set jumlah array-nya adalah 7. Jika kita tambahkan satu elemen atau lebih maka elemen tersebut tidak dapat tampil pada browser. Untuk mengatasi permasalahan ini maka kita harus rubah code pada line 26 menjadi :

for($i=0;$i<count($angka);$i++){


Selain menggunakan cara diatas kita dapat juga melakukan perulangan menggunakan foreach. Untuk penggunaan foreachnya sebagai berikut :

Buatlah file baru dengan nama latihan4.php dan berikan code sebagai berikut:
Gambar 1.11 Code latihan4.php
Cara kedua menggunakan foreach
Gambar 1.12 Cara kedua foreach 
Pada cara kedua ini sedikit berbeda dengan cara pertama jika kita amati kurung kurawal diganti dengan titik dua dan diakhiri dengan endforeach;


Hasil :
Gambar 1.13 Hasil latihan4.php

Setelah kita memahami kegunaan foreach pada array melalui latihan-latihan yang sudah kita lakukan maka langkah berikutnya kita lakukan latihan dengan sample data semisal data mahasiswa. Dimana data mahasiswa tersebut berisi nama, nim, jurusan dan email. Sebagai contoh $mahasiswa=["dina","123456", "teknik kimia","dina@gmail.com"]; untuk lebih jelas lakukan langkah-langkah berikut:

Buatlah file dengan nama latihan5.php dan tambahkan code berikut:


Gambar 1.14 latihan5.php

Pada latihan5.php ini terdapat 2 cara untuk menampilkan data ke dalam browser cara pertama menggunakan looping sedangkan cara kedua memanggil index array-nya Hasil :

Gambar 1.15 Hasil latihan5.php

Pertanyaannya -> bagaimana jika terdapat data mahasiswa lebih dari Satu

Untuk array dengan data lebih dari satu atau array yang mengandung satu atau lebih dari beberapa array disebut dengan array multidimensi. Sebagai contoh array multidimensi $mahasiswa = [

[“dina”,”123456”,”teknik kimia”,”dina@gmail.com”], [“dino”,”780912”,”teknik mesin”,”dino@gmail.com”]
]

Untuk kasus pada no. 3 bagaimana cara untuk menampilkan pada halaman browser jika terdapat array multi dimensi. Untuk lebih jelasnya lakukan percobaan berikut: Buatlah file dengan nama latihan6.php


Gambar 1.16 latihan6.php

Hasil
Gambar 1.17 Hasil latihan6.php
Contoh penggunaan array multi dimensi :

Buat file dengan nama latihan7.php

Gambar 1.18 latihan7.php
Hasil
Gambar 1.19 Hasil dari latihan7.php





Post a Comment for "PENGERTIAN ARRAY DAN JUGA JENIS-JENISNYA BESERTA CONTOHNYA"