Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Klaim Garansi Produk Gopro dan Syaratnya







Cara Klaim Garansi Produk Gopro dan Syaratnya  – untuk melakukan proses klaim garansi kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis garansi pada barang elektronik atau smartphone kita gunakan,karena jenis garansi terbagi dua yakni garansi distibutor dan garansi resmi.

Saat ini hampir semua produk electronik sudah memiliki garansi tersendiri, mulai dari garansi 1 bulan, 1 tahun dan 5 tahun. Dengan disediakannya garansi, maka konsumen akan lebih mudah untuk memperbaiki perangkat electronik yang mereka beli saat mengalami masalah. Bagitu juga dengan produsen elektronik yang berlebel Gopro Indonesia , karena seluruh produk resminya telah memiliki garansi.

Sebenarnya untuk bisa mengecek garansi Gopro Indonesia tidaklah sulit, karena kita hanya perlu melihat dari kartu garansinya yang didapat saat awal membeli  Gopro Indonesia . Tapi, bagaimana jika kartu garansi yang kita dapat itu hilang?

Tentu ketika kartu garansi yang kita dapat saat awal pembelian Gopro Indonesia hilang, maka akan sedikit sulit untuk kita mengetahui berapa lama sisa waktu garansi dari  Gopro Indonesia yang kita beli. Namu kalian tidak usah khawatir, karena ada cara sederhana untuk mengecek garansi Gopro Indonesia .

untuk barang elektronik seperti tv rata-rata di jual dengan garansi resmi,sedangkan untuk smartphone dan tablet pc biasa tersedia 2 pilihan garansi yakni garansi distributor dan garansi resmi merk terkait.

untuk mengetahui perbedaan antara kedua garansi tersebut anda bisa baca artikel perbedaan antara garansi distributor /toko dan garansi resmi .salah satu perbedaan yang paling mencolok antara garansi resmi dan distibutor adalah alamat service center.

menurut saya pribadi syarat klaim garansi baik itu untuk barang garansi resmi dan distributor adalah sama,yakni anda harus membawa faktur atau nota bukti pembelian ,kartu garansi produk yang mau di klaim garansi dan pastinya produk atau barang yang ingin kita klaim garansi tersebut.

Cara Cek Garansi Gopro Indonesia  Terbaru  

1. Kunjungi website Gopro 

2. Pilih menu Garansi

3. Masukkan serial number Gopro 

4. Submit dan tunggu hasilnya

5. Untuk cek garansi bisa lihat di invoice atau kartu garansi saat membeli produk Gopro Indonesia 

Cara Klaim Garansi Gopro Indonesia Dengan Mudah  :

1. Klik ke website Gopro

Masuk ke link tersebut dan isi keterangan sesuai data diri, kamera yang dimiliki dan kendalanya. Pastikan email kita aktif selama proses klaim garansi, karena nanti komunikasi dengan pihak Gopro lanjut melalui email.

 

 

Pada bagian subject beri judul problemnya, lalu di bawahnya diberi deskripsi yang lengkap mengenai permasalahannya.


2. Komunikasi via Email

Kurang lebih 2-3 hari kerja biasanya kita mendapatkan balasan dari staff Gopronya (bukan auto generated email). Untuk kasus tertentu biasanya staff Gopro akan memberikan troubleshooting via email, biasanya kasus yang berkaitan dengan firmware. Namun pada kasus body retak tentu tidak bisa di-troubleshoot, harus ditangani langsung. Pada kasus saya, staff Gopro meminta foto secara jelas kondisi retak pada Gopronya dan juga meminta foto kwitansi atau nota pembelian pada saat pembelian Gopro.

Berikutnya kita tinggal ikuti saja petunjuk-petunjuk yang mereka berikan. Pada tahap awal saya mengirimkan foto posisi retaknya, foto nota pembelian, foto serial number dan juga mengisi form update alamat pada link dan body email.


3. Terima Form RMA (Return Material Authorization)

Keesokkan harinya saya menerima Form RMA di email terpisah. Itu berarti pengajuan klaim sudah diterima oleh pihak Gopro. Langkah berikutnya adalah kita tinggal print form tersebut dan dimasukkan ke dalam kemasan berisi Gopro yang akan diklaim.

Harap diingat bahwa dalam kemasan Gopro yang akan dikirim hanya unit kameranya saja, tanpa housing, baterai, SD card dan aksesoris lain (kecuali disebutkan lain di emailnya, tetapi selama mereka minta hanya unit kameranya saja, berarti ya kirim saja unit kameranya).

Oleh karena Gopro dikirim tanpa housing, pastikan kita mengemas kameranya dengan kemasan yang rapih dan aman. Saya membungkus kamera dalam sebuah plastik rapat, lalu saya bungkus busa, dimasukkan dalam kardus (tidak lupa form RMAnya dimasukkan juga), dilakban yang rapat, lalu saya bungkus busa lagi. Saya tidak mau terkena resiko pengiriman yang dapat menambah titik rusaknya.



4. Submit Form UPS dan Pengambilan Paket oleh UPS

Gopro bekerjasama dengan UPS sebagai rekanan pengiriman barang kembali ke pihak Gopro. Asyiknya lagi, seluruh pengiriman barang dari tangan saya sampai nanti kembali lagi ke tangan saya ditanggung sepenuhnya oleh pihak Gopro. Bahkan saya tidak perlu repot-repot ke kantor perwakilan UPS di bandara Halim Perdanakusuma, paket yang telah saya bungkus rapih ternyata dijemput oleh kurirnya. Tapi jangan bingung jika nanti yang datang menjemput ke rumah kita bukan kurir UPS tapi kurir JNE, sebab UPS dan JNE sudah melakukan kerjasama, dan kita sama sekali tidak dibebankan biaya.

Hal yang harus kita lakukan setelah menerima Form RMA supaya bisa diproses gratis oleh UPS adalah sebagai berikut:


a. Cek Email lain dari Gopro support yang berisi Link UPS Support. Email tersebut terpisah dari komunikasi dengan staff Gopro sebelumnya, jika sudah ketemu, klik Link tersebut.


b. Link tersebut merujuk ke web UPS untuk mengisi form alamat lengkap pengambilan dan nomor RMA. Isi setiap kolomnya dengan jelas dan detil. Oiya untuk kolom provinsi, isikan dengan 2 huruf yang representatif. Jika kita mengisi provinsi dengan lengkap kita malah tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya, jadi cukup isikan 2 huruf saja. Hal ini dikarenakan provinsi di Amerika Serikat menggunkan 2 hurus sebagai inisial provinsinya.
Saya sendiri mengisi kolom provinsi dengan tulisan WJ (West Java).
Setelah selaesai mengisi, kita akan menerima email dari UPS yang berisi lampiran invoice elektronik dan link untuk label.


c. Setelah kita menerima email tersebut, silakan klik beberapa link dan print lampirannya.

Kedua link label dan lampiran elektronik invoice tersebut harap diprint untuk kemudian ditempel pada kemasan paket yang akan diambil kurir. Untuk kolom provinsi sebagaimana disebut di point sebelumnya, nantinya secara otomatis tercetak sesuai yang kita isi sebelumnya pada label invoice dan label elektroniknya. Saya menambahkan sendiri pakai tulisan tangan di sebelah inisialnya, jadi misalnya tadi saya sebutkan inisialnya WJ, lalu di sebelahnya saya tambahkan West Java pakai tulisan tangan.
Untuk dokumentasi kita, sebaiknya discan atau photo elektronik label yang sudah kita cetak tadi. Nantinya akan diminta oleh pihak UPSnya.

d. Jika sudah mencetak invoice dan label elektroniknya. Klik Website UPS Indonesia pada bagian contact us. Masukkan nama, email dan pilih kategorinya (bisa sending package atau general), lalu klik next. Bilang saja (pada intinya) kalau kita sedang mengajukan proses klaim garansi ke Gopro dan kita sudah menerima nomor RMA dan invoice elektroniknya.
Tidak beberapa lama kita pasti dihubungi via email oleh staff UPS, meminta elektronik label dan invoicenya. Balas email tersebut dengan melampirkan elektronik label dan invoicenya.




Setelah elektronik label dan invoice diterima, kita akan menerima email balasan yang akan menyebutkan kapan barang akan dijemput. Biasanya ada instruksi untuk menempelkan elektronik label dan invoice di kemasannya.

Syarat Klaim Gopro Indonesia :

1. Produk yang dibeli dari Gopro Indonesia / Reseller Resmi / Merchant Mitra Gopro Indonesia 

2. Dapat menyertakan Faktur atau Bukti Pembelian 

7. Syarat ketentuan lainnya


Mungkin itu saja sedikit informasi mengenai cara cek garansi 
Gopro Indonesia dan cara klaim garansi terbaru. Semoga dengan informasi diatas bisa membatu kalian yang sedang mengalami masalah dengan garansi 
Gopro  Indonesia 



Post a Comment for "Cara Klaim Garansi Produk Gopro dan Syaratnya"