Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Ribuan NFT Collection dengan HP

  

Cara Membuat Ribuan NFT Collection dengan HP - Sekilas tentang Apa Itu NFT

Non-fungible token atau disingkat NFT adalah aset digital seperti karya seni lukisan, musik, item dalam gim, dan jenis karya lainnya yang dapat dikoleksi dan dianggap memiliki nilai.

Pada dasarnya, NFT seperti barang kolektor fisik lainnya. Namun, alih-alih menerima lukisan cat minyak di atas kanvas untuk digantung di dinding, kamu justru akan mendapatkan lukisan tersebut secara digital dan dapat disimpan dalam perangkat digital kamu.

NFT diperjualbelikan secara online dan sering menggunakan mata uang kripto pada saat proses transaksinya.  Adapun nilai NFT yang diperjualbelikan harganya ditentukan oleh pasar dan jumlah permintaan yang ada.

Dengan cara yang sama seperti cetakan seni asli, yaitu dibuat, digunakan, dibeli dan dijual. Salinan NFT masih merupakan bagian yang valid dari blockchain, tetapi aset versi digital ini tidak akan memiliki nilai yang sama dengan aslinya.

Ketahui Cara Membuat NFT 

Cara membuat NFT sebetulnya relatif mudah. Bahkan, seseorang tidak harus mahir dan berpengetahuan luas mengenai industri kripto untuk dapat membuat NFT.

Untuk membuat NFT, maka cara paling pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan blockhain untuk mengeluarkan NFT tersebut. Di bawah ini adalah tujuh pilihan blockchain yang bisa kamu gunakan untuk membuat NFT pertama kamu.

  1. Flow by Dapper Labs
  2. Tron
  3. EOS
  4. Polkadot
  5. Tezos
  6. Cosmos
  7. WAX

Setiap blockchain memiliki standar token NFT yang terpisah, wallet service yang kompatibel, dan marketplace tersendiri.

Misalnya, jika kamu ingin membuat NFT pada Binance Smart Chain. Maka kamu hanya akan dapat jual NFT di platform yang mendukung aset Binance Smart Chain. Ini artinya, kamu tidak dapat jual NFT pada platform seperti VIV3 yang merupakan pasar berbasis blockchain Flow, ataupun OpenSea yang merupakan pasar NFT berbasis Ethereum.

Selain itu, karena Ethereum memiliki ekosistem NFT terbesar. Pengguna perlu memiliki wallet Ethereum yang mendukung ERC-721 (standar token NFT berbasis Ethereum), seperti MetaMask, Trust Wallet, atau jenis wallet lainnya. Dengan begitu, nantinya kamu dapat membuat karya seni, musik, atau video NFT kamu sendiri di blockchain Ethereum. 

Cara selanjutnya,kamu perlu memilih platform untuk menghubungkan wallet kamu dan untuk mengunggah gambar atau file pilihan yang nantinya akan diubah menjadi NFT. Di bawah ini adalah sejumlah platform marketplace NFT Ethereum, yang bisa dijadikan pilihan.

  1. OpenSea
  2. Rarible
  3. Mintable

Ketiga platform di atas memungkinkan kamu untuk membuat NFT sendiri, sebelum nantinya harus mendaftar terlebih dahulu untuk menjadi artis yang terdaftar di platform tersebut. 

1. Pilih Item yang Hendak Dijadikan NFT

Langkah paling pertama yang harus kamu lakukan jika ingin membuat NFT sendiri adalah mulai mencari aset-aset unik yang layak untuk dijadikan NFT.

Apa saja, sih? Bisa berasal dari lukisan bikinanmu sendiri, foto, musik, video game, bahkan hingga koleksi meme, GIF, atau bahkan tuitan seperti yang pernah Jaka tulis di artikel tentang aset-aset NFT paling unik dan aneh di dunia.

Pastikan kamu sudah memiliki hak kekayaan intelektual atas barang-barang pribadimu sebelum mengubahnya menjadi NFT. Dengan demikian, kamu tidak akan mendapat permasalahan hukum dan legalitas yang berkaitan dengan barang tersebut.

2. Tentukan Blockchain Pilihanmu

Aset kripto seperti NFT tidak akan pernah bisa dilepaskan dari blockchain, mengingat sistem besar ini menjadi "rumah" bagi dinamika fluktuatif dunia kriptografi.

Sebagai informasi, blockchain sendiri adalah sistem penyimpanan data digital yang mendasari perkembangan mata uang kripto seperti bitcoin, ethereum, maupun bentuk aset kripto lain.

Berdasarkan penelusuran Jaka, para seniman ataupun public figure menggunakan Etherum sebagai sistem blockchain mereka karena diklaim harganya paling stabil dan didukung oleh NFT marketplace.

3. Pilih Dompet Kripto Favorit

Nah, ini yang tak kalah penting! Kamu sudah harus mulai memiliki dompet kripto. Hal ini disebabkan kamu tidak bisa langsung membeli aset NFT dengan uang konvensional, melainkan harus mengonversikannya terlebih dahulu dengan uang kripto.

Tak hanya itu, seluruh transaksi kriptomu hanya bisa keluar-masuk dari dompet kripto yang sama. Baru setelah itu, kamu bisa mengonversikannya ke mata uang terbaru.

Ada beberapa jenis dompet kripto yang bisa kamu gunakan, mulai dari Math Wallet, AlphaWallet, Trust Wallet, Coinbase Wallet, hingga Metamask yang pernah Jaka jelaskan pada artikel di bawah ini. 

4. Tentukan Pasar NFT Terbaik

Setelah kamu memiliki uang kripto dan dompet digital, saatnya memilih pasar terbaik untuk menjual NFT mu. NFT marketplace atau pasar NFT adalah sebuah platform yang didirikan khusus sebagai wadah untuk menjual aset digital NFT.

Kalau mau dideskripsikan, pasar NFT bisa dibilang tak jauh berbeda dengan situs e-commerce konvensional. Bedanya, marketplace ini hanya berfokus pada produk-produk NFT yang akan diperjualbelikan oleh para investor kripto.

Para artis NFT biasanya membuat NFT art, games, dan aset digital lainnya pada situs-situs seperti OpenSea, Axie Marketplace, hingga Larva Labs/CryptoPunk. Kamu bisa membaca artikel selengkapnya di bawah ini. 

NFT Art: Definisi, Contoh, Cara Membuat & Jual NFT Crypto Art

NFT Art adalah karya seni digital yang diterbitkan dalam bentuk token kripto, dapat diakses dan diperjualbelikan di blockchain dengan harga yang fantastis!

Cara Membuat Ribuan NFT Art Tanpa Coding Terbaru :

1. Download dan Instal aplikasi NFT Merge di Play store

 

 

2. Jika sudah buka NFT Merge,atur resolusi untuk karya kalian,sesuaikan layer dengan jumlah jenis asset kalian. Di sini gw punya 3 jenis asset (Linkaran,Segitiga,Kotak)

*Perlu digaris bawahi,letak layer di aplikasi Nft Merge berbeda dengan letak layar di Ibis Paint,jika layer satu di Ibis Paint berada di posisi paling bawah,di NFT Merge layer 1 berada di paling atas.



3. Masukan asset kalian sesuai dengan urutan layer. Di sini layer pertama gw diisi linkaran,jumlah asset lingkaran gw ada 2,jadi gw masukin dua,begitu juga dengan layer selanjutnya.

 

4. Klik generate jika sudah sesuai.  

*Btw rumus untuk mengetahui hasil karya yang kita dapet adalah. (Layer 1 x Layer 2 x Layer 3... Dan seterusnya),punya gw 2 x 2 x 2 = 8 Karya.

5. Hasil yang di generate


 Note : Jangan masukan asset background lebih Dari 1 karena nantinya akan menghasilkan karya yang sama dengan background berbeda. Lebih baik membagi hasil dari karya kalian dengan jumlah asset bacround lalu generate secara terpisah.

Contoh : total karya yang akan kalian dapat 8000,kalian punya asset background 8,maka 8000 : 8 = 1000. Nah untuk mencari 1000 dengan 3 layer adalah dengan cara 10 x 10 x 10. Jadinya 1 x 10 x 10 x 10 (1 adalah asset background diletkan di layer paling atas),lakukan 8 kali.

Akhir Kata

Begitulah cara membuat NFT yang bisa kamu aplikasikan dalam art/seni, game, dan berkas digital lainnya. Tertarik? Yuk, segera bikin!



Post a Comment for "Cara Membuat Ribuan NFT Collection dengan HP"