Pengalaman Tes Kerja di Auto 2000 - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Tes Kerja di Auto 2000

Pengalaman Tes Kerja di Auto 2000



Tes Kerja Auto 2000

Pengumuman walk in interview Auto 2000 yang akan diadakan di kampus mengalihkan perhatianku. Padahal, waktu itu minggu-minggu sibuk persiapan daftar sidang. Akhirnya, kuputuskan untuk ikut. CV kukirim ke email yang ada di pengumuman. Cek dan ricek, psikotes diadakan satu hari sebelum pendaftaran sidang tepatnya hari Senin, 14 Mei 2012 pukul 07.30. Senin pun datang.  Aku bangun pukul 07.00 dan dapat diartikan aku memiliki waktu yang sempit untuk persiapan di pagi hari untuk dapat datang tepat waktu di GSG IT Telkom, awalnya ada rasa malas untuk ikut tes, namun kubulatkan tekatku untuk ikut tes. Mandi, saat teduh lalu SMSan sama teman seangkatanku yang juga ikut tes dan ternyata acara belum mulai. Buru-buru aku pergi, tiba di parkiran bertemu dengan orang yang berpakaian rapi, terburu-buru dan ternyata akan mengikuti psikotes juga. Telat juga pikirku. Hahahaha.

Psikotes berlangsung yang sebelumnya dimulai dengan presentasi tentang Auto 2000 dari manager bagian after sales Bandung. Dalam psikotes kali ini  ada tes kecerdasan, tes karakter, menggambar pohon, menggambar orang, dan tes koran (tes yang sangat tidak kusukai karena harus menghitung angka-angka yang banyak sekali, @_@).  Psikotes berlangsung  hinggal pukul  12.00.  Setelah itu diumumkan untuk istirahat dan hasil psikotes akan diumumkan sekitar pukul 13.30 yang akan dilanjutkan dengan interview HR. Weleh-weleh, aku langsung bingung. Kalau masuk ke tahap selanjutnya, waktu istirahat ini harus dipergunakan untuk bimbingan ke dosen pembimbing TA ku mengenai revisi draft akhir yang akan dikumpulkan besoknnya waktu pendaftaran. Tapi, karena ini jam makan dan istirahat siang, aku putuskan untuk makan terlebih dahulu. Selain agar tidak mengganggu dosen, perutku juga sudah keroncongan karena dari pagi belum makan dan energi sudah terkuras karena psikotes. Sebelum keluar dari GSG ternyata ada pembagian kue. Waw, baru kali ini aku psikotes dapat konsumsi. Modal juga Auto 2000 pikirku. Lalu, Aku makan dengan Tania dan Erfan yang juga ikut psikotes. Setelah makan, aku bimbingan dan meminta tolong ke Tania dan Erfan untuk melihat pengumuman. Ternyata, aku lolos ke tahap berikutnya, interview HR.Tapi sayang Tania dan Erfan tidak lolos. Lolosnya aku ke tahap selanjutnya membuat aku harus buru-buru bimbingan.

Pukul 14.30 sudah harus di GSG untuk tes selanjutnya. Aku datang terlambat karena bimbingan dan ternyata ada tes satu lagi sebelum  interview HR. Tes kali ini diminta untuk melanjutkan gambar yang ada di dalam delapan kotak. Aku minta maaf kepada HR Auto 2000 karena keterlambatanku dan menjelaskan alasannya. Ternyata aku diijinkan untuk ikut tes dan kemudian dapat jadwal interview pukul 18.00. Sekarang pukul 15.30 dan hujan. Aku tidak bisa balik ke kosan dan aku juga harus menyelesaikan revisi ku. Kuputuskan untuk mengerjakan revisi ku di Citramart, koperasi IT Telkom. Pukul 17.30 aku kembali ke GSG lewat belakang dan ternyata sudah kosong. Ya… interviewnya sudah selesai pikirku. Aku melihat ada dua orang HR yang akan keluar dari GSG. Kukejar mereka dan kuputuskan untuk meminta waktu untuk kembali mengikuti interview. Setelah berbicara kepada Ibu-Ibu HR tersebut, ternyata interview bukannya sudah selesai tetapi pindah ke CDC karena GSG akan digunakan untuk dekorasi BF. Oalaaahhh…, dan ternyata interviewnya masih di orang yang mendapat giliran pukul 16.30. Giliranku masih lama aku melanjutkan revisi di Gd. E hingga pukul 19.15. Revisi selesai. Aku kembali ke CDC, menunggu giliran dan kemudian interview pukul 20.15. Ketika interview tidak ada pertanyaan yang membingungkan, hampir sama seperti interview yang sudah pernah kujalani. Dimulai dengan penjelasan diri sendiri, kelebihan kekurangan, latar belakang keluarga, kenapa pilih Auto 2000, pengalaman diri, suka kerja bagian apa, suka otomotif tidak, bla bla bla bla. Tidak jauh dari pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Oh ya, waktu menunggu giliran, sekitar pukul 19.45 ternyata dikasih makan malam. Hmm, kembali berpikir sepertinya Auto 2000 modal  dalam perekrutan pegawai.

Tes hari itu selesai, psikotes dan interview HR. Tes selanjutnya adalah interview user. Akan dikabarkan paling lama dua minggu kemudian katanya. Tidak terlalu mengharapkan dan ternyata hari Selasa, 22 Mei 2012 mendapatkan SMS untuk datang ke Auto 2000 pusat di Sunter hari Jumat pukul 08.30 untuk posisi MT Logistic.

Kamis malam dari Bandung ke tempat kakak di Pamulang, dengan strategi besok pagi ke Sunter subuh hari. Kalau dari Bandung, bakal tidak terkejar untuk tiba tepat waktu di Sunter pikirku. Jumat pagi pukul 05.00 keluar rumah untuk berangkat ke Sunter. Sampai di Ciputat, langsung menemukan yang namanya macet. Jakarta-jakarta… Dari ciputat kemudian naik angkot ke Lebak Bulus. Sampai di lebak bulus kuputuskan untuk naik Kopaja P 20 jurusan lebak bulus – Senen. Lalu berencana untuk melanjutkan dengan angkot Senen –  Tanjung Priuk yang lewat Sunter. Namun, karena macet yang luar biasa di daerah Buncit aku baru tiba di Perempatan Mampang pukul 07.45. Lalu aku putuskan untuk naik taxi ke Sunter. Huffft..  Di dalam taxi selain fokus dengan jam tangan, fokus juga dengan argo yang bergerak cepat,30 ribu, naik 40 ribu, lalu 60 ribu dan sunter tak kunjung tiba. Finally, sampai di sunter di kawasan perkantoran Astra. Aku bingung dimana kantor pusat Auto 2000 begitu juga supir taxi karena begitu banyaknya Auto 2000 disana. Setalah mendapat pencerahan dari satpam Toyota Sunter, tibalah aku di Auto 2000 pusat dan argo mencapai nilai 73 ribu rupiah. Hikshikshikshiks.

Lapor receptionist, disuruh menunggu. Sambil menunggu, aku mendapat kabar kalau yang bakal interview user hari ini tiga orang. Tidak banyak, bahkan menurutku sangat sedikit. Aku mulai optimis dapat masuk. Tidak berapa lama, aku tahu bahwa yang datang hanya dua orang. Aku dan rekan ku (sebut saja si A, karena aku tidak sempat bertanya namanya). Si A interview duluan. Masuk jam delapan, keluar jam 10. Lama juga interviewnya pikirku. Apa aja yang dibicarakan ya… hmmm. Tak lama kemudian aku dipanggil. Interview dengan Pak Yanto dan rekan beliau. Pertanyaan pertama jelaskan tentang diri Anda, namun dengan bahasa Inggris. Kujelaskan dengan cukup baik. Selanjutnya rekan Pak Yanto yang meminta aku untuk menjawab pertanyaan selanjutnya dengan bahasa Indonesia. Pertanyaannya tidak sulit dan seperti biasanya. Sudah tes di mana saja, organisasi waktu di kampus, kesulitan dan cara menyelesaikannya, kelebihan kekurangan, dll. Interviewku tidak sampai setengah jam. Timbul pertanyaan, kenapa aku begitu cepat dan si A begitu lama. Mulai ragu.

Aku dan si A diminta untuk menunggu hingga pukul 12.00. Sambil menunggu, aku membuka pembicaraan dengan si A. Ternyata dia lulusan S-1 dan S-2 di Belanda dan mengambil logistic. Umurnya 26 tahun. Pengalaman kerja oke punya. Ciut deh aku.  Belum pukul 12.00 tiba-tiba saja seorang staff HR mendatangi kami dan mengabarkan bahwa untuk saat ini hasil interview belum bisa diproses dan akan dihubungi  paling lama hari Senin. Kami memutuskan pulang dan tidak disangka si A menawarkan tebengan sampai ke jalan Sunter. Aku tidak menolak. Kupikir dia naik motor, ternyata naik mobil. Langsung terlintas di pikiranku, lulusan S-2 Belanda, berpengalaman, mungkin sudah mapan mau mengambil MT. Tanpa pikir panjang kutanya alasannya kenapa pilih MT dan jawabannya simpel. Susah kalau tidak ada pengalaman. Banyak pertanyaan di otakku yang muncul tapi aku tidak mengutarakannya. Setelah itu aku ke terminal tanjung priuk dan kembali ke Bandung naik prima jasa. Pada saat itu, aku optimis diterima.

Hari berlalu, senin datang dan kabar dari Auto 2000 tidak kunjung tiba. Senin hampir berlalu dan tidak ada kabar. Positive thinking. Mungkin akan dikabari besok atau lusa. Mungkin HRnya sibuk. Hari berlalu hingga Jumat pagi saat aku di dalam bis menuju ke Jakarta untuk psikotes di OT Group kuputuskan untuk menelepon HR Auto 2000.  Telepon diangkat, aku bertanya dan kemudian mendapat informasi jika user belum cocok. Artinya, aku tidak diterima. That’s okay. Bye-bye Auto 2000. Welcome other. 

Hidup itu penuh perjuangan…

 


Post a Comment for "Pengalaman Tes Kerja di Auto 2000"