Pengalaman Tes Kerja atau MT di Mondelez - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Tes Kerja atau MT di Mondelez

Pengalaman Tes Kerja di Mondelez


Pengalaman Tes Kerja atau MT di Mondelez

Mondelez, sama seperti Nestle, bergerak di bidang FMCG juga. Tapi fokusnya ke makanan. Raking 313 di 500 fortune. Nah inilah perusahaan saya berkerja sekarang, dari semua perusahaan yang saya pernah coba tes, cuma disini yang tesnya paling nyaman, paling enjoy deh pokoknya. Tes nya ga tegang-tegang banget, dan di akhir fase tes kita diberitahu apa yang salah, sehingga bisa jadi bahan perbaikan untuk kedepannya :D

1. CV Screening. ~Be unique, be different~

2. Psikotest. Psikotes di mondelez ini lumayan ribet, karena ada tes koran (kremlin), so persiapkan fisik dan stamina kamu. Selain itu ada juga soal yang mengharuskan kita membuat esai. Dalam membuat esai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Susun esai kamu dalam sistematis yang jelas, misal pertama dimulai dari masalahnya apa, kemudian solusi pertama, solusi kedua dst. Baru di akhir dibuat penutup dengan men-summarize seluruh hasil tersebut secara singkat.

Dalam menjawab esai, jangan menjawab dengan normatif ya. You have to be different, peras otak mu untuk mendapatkan tulisan dan jawaban yang kreatif, pastikan tidak ada peserta lain yang memiliki jawaban yang sama dengan anda. Ingat, dalam esai tidak ada jawaban yang benar atau salah. Yang penting logikanya nyambung, and the rest will follow.

3. Three minutes pitch test. Di tes Mondelez, semua orang bener-bener dapet pertanyaan yang beda-beda. Dan jangan kaget, disini pertanyaannya bisa aneh-aneh banget. Seperti "Kalau mati, kamu ingin dikenang sebagai apa?" atau "Apa yang kamu lakukan jika bisa menguasai dunia?"

Kebetulan saya dapet yang ga aneh-aneh banget, "Jika kamu menjadi CEO, apa yang kamu lakukan agar mondelez bisa menjadi berbeda?" Cara saya menjawabnya, yang pertama perkenalan diri dulu singkat, kemudian ulangi lagi pertanyaannya, kemudia saya jelaskan yang pertama saya fokus ke inovasi blablabla, yang kedua fokus kepada efesiensi blablabla, kemudian di summarize lagi secara singkat, baru penutup.

4. HR interview. ~Antusias, semangat dan senyum~

5. Business game. Nah ini yang paling seru, paling asik, paling menantang dan paling menyenangkan. Jadi di fase ini kita akan diinapkan di hotel selama 2 hari 1 malam (waktu gue diinepin di swiss belhotel, kemang), terus main mirip-mirip kayak the apprentice gitu, seru banget parah :D
Nanti kita akan dibagi per kelompok, yang setiap kelompoknya terdiri dari anak HR, marketing-sales, supply chain, dilebur jadi satu tim. Kemudian kita harus mempersiapkan presentasi per-kelompok 20 menit, dihadapan para Board of Director dan para manajer lainnya.

Tahap pertama, kita bakal diberi pemahaman tentang masalah yang terjadi di market, tentang produk yang akan diujikan dan hal-hal yang perlu dilakukan dan tidak boleh dilakukan sepanjang tes berlangsung.

Tahap kedua, kita akan melakukan market visit. Tujuan dari market visit ini adalah untuk melakukan observasi langsung, disini kita bisa mencoba mewawancari pengunjung, melihat layout pasar, komparasi harga dengan kompetitor dan lain-lain. Kita bisa melakukan segala hal yang diperlukan untuk menyempurnakan presentasi kita nanti.

Tahap ketiga, waktu bebas. Di fase ini kita akan melakukan brain-storming dan  mempersiapkan presentasi dengan teman satu kelompok. Aktiflah memberi pendapat dan jadilah pendengar yang baik, selama proses ini, kita akan di observasi oleh tim penilai dari Mondelez.

Tahap keempat, presentasi di depan BOD dan para manajer. Cukup menegangkan, karena ada 20 puluhan orang yang akan memberikan penilaian kepada kita didalam ruangan tersebut. Gain your confidence in the first 2 minutes, and then let's rock and roll hell yeah :9 Ga usah malu-malu, toh kalo ga lulus ga ketemu lagi kan? hahaha, just be yourself, focus and the good things will come :D




Post a Comment for "Pengalaman Tes Kerja atau MT di Mondelez"