Cara Merender Blender Menggunakan Google Colab Terbaru Sangat Mudah dan Cepat - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merender Blender Menggunakan Google Colab Terbaru Sangat Mudah dan Cepat

Cara Merender Blender Menggunakan Google Colab

Cara Merender Blender Menggunakan Google Colab Terbaru Sangat Mudah dan Cepat - Google Colab atau Google Colaboratory, adalah sebuah executable document yang dapat digunakan untuk menyimpan, menulis, serta membagikan program yang telah ditulis melalui Google Drive.

Penjelasan itu disadur dari Tutorials Point,

Software ini pada dasarnya serupa dengan Jupyter Notebook gratis berbentuk cloud yang dijalankan menggunakan browser, seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Ia memungkinkan penggunanya untuk menjalankan kode Python tanpa perlu melakukan proses instalasi dan setup lainnya. Justru, semua keperluan setting dan adjustment akan diserahkan ke cloud. 

Maka dari itulah, aplikasi ini merupakan tempat yang baik bagi programmer yang ingin mengasah pengetahuan mengenai Python.

Selain itu, Google Colaboratory juga terkenal karena dapat mendorong kebutuhan kolaborasi tim.

Di mana notebook yang akan dibuat nantinya juga dapat diedit secara bersamaan oleh anggota tim lain, seperti halnya menyunting dokumen di Google Documents. 

Keuntungan terbesar dari Google Colaboratory adalah bahwa ia memiliki kumpulan built-in-library machine learning paling populer yang dapat dimuat dengan mudah dalam notebook-mu.

Seperti yang dijelaskan kita akan melakukan render file Blender menggunakan Google Colab.

 Cara Merender Blender Menggunakan Google Colab :

1.Siapkan file Blender yang ingin di-render.

2.Atur renderan cycles , atur sampling secukupnya, 1000-an juga gppa sih kalau cuma render gambar. jangan lupa di setting Denoising render set ke OptiX.

3.Ubah outputnya jadi //

4.Buat folder di Google Drive, kalau aku dikasih nama "BlenderRenders" lalu upload file blender yang mau kamu render di dalam folder "BlenderRenders".

Masukkan juga file GPU.py dibawah atau kalian bisa download di sini

import bpy def enable_gpus(device_type, use_cpus=False): preferences = bpy.context.preferences cycles_preferences = preferences.addons["cycles"].preferences cuda_devices, opencl_devices = cycles_preferences.get_devices() if device_type == "CUDA": devices = cuda_devices elif device_type == "OPENCL": devices = opencl_devices else: raise RuntimeError("Unsupported device type") activated_gpus = [] for device in devices: if device.type == "CPU": device.use = use_cpus else: device.use = True activated_gpus.append(device.name) cycles_preferences.compute_device_type = device_type bpy.context.scene.cycles.device = "GPU" return activated_gpus enable_gpus("CUDA")

5.Buka Google Colab lalu sesuaikan nama file yang ada di Google Drive, usahakan nama tidak pakai spasi. Dan pada baris terakhir jika ingin merender video hapus tanda pagar terus yang diatasnya tambahkan pagar paling depan.

 

6.tekan runtime di atas, lalu pilih run all, dan boomb, tunggu prosesnya sampai selesai, gambar kamu selesai dirender.

7.Pada saat koneksi Google Drive buka link yang ditampilkan dan salin token lalu masukkan ke input

8.Contohnya seperti ini

9.Hasil render


10. Link Google Colab disini

Seperti itu Cara Merender Blender Menggunakan Google Colab. Sangat mudah. Silakan dicoba.


Post a Comment for "Cara Merender Blender Menggunakan Google Colab Terbaru Sangat Mudah dan Cepat"