Pengalaman Magang atau Internship di Sucorinvest Central Gani - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Magang atau Internship di Sucorinvest Central Gani

Sucorinvest Central Gani



Pengalaman Magang atau Internship di Sucorinvest Central Gani

Kesempatan magang di Sucorinvest ini gue ambil waktu lagi skripsian. Karena saat itu kesibukan gue hanya skripsi (dan itu sangat nggak sibuk), gue coba produktif dengan cari-cari kesempatan magang. Karena kalo cuma skripsian aja malah banyakan leyeh-leyeh dan santai-santai ga jelas. Kebetulan saat itu dapet info magang dari grup angkatan, dan lokasinya deket banget dari rumah, yaitu di Equity Tower SCBD. Lagi-lagi, lokasi jadi salah satu pertimbangan utama gue dalam mengambil kesempatan magang hehe.

Disini gue ngebantu Human Capital Director-nya dalam mengerjakan proyek analisis jabatan (Anjab). Menurut gue, untuk ukuran magang pekerjaan itu tergolong cukup berat. Gue harus mewawancara karyawan-karyawan disana mengenai pekerjaan mereka dan pekerjaan bawahan mereka sehingga pada akhirnya gue bisa membuat job description dan job requirement untuk jabatan-jabatan yang ada di perusahaan tersebut. Nggak tanggung-tanggung, gue mewawancara lebih dari 40 jabatan dalam kurun waktu kurang lebih 1 bulan.

Challenge-nya banyak banget. Pertama gue harus wawancara orang-orang yang jauh lebih senior dari gue. Mulai dari level staf, supervisor, manajer, direktur, bahkan sampai CEO-nya. Challenge-nya adalah gimana gue yang masih mahasiswa harus stay cool dan kelihatan profesional ketika wawancara. Nggak boleh malu-malu. Sok pede dan sok asik aja :")

Ditambah gue yang nggak ngerti apa-apa soal dunia investasi, perusahaan financial services harus bisa wawancara secara mendalam tentang detil pekerjaan mereka. Ga boleh kelihatan kayak nggak ngerti apa-apa. Tapi pada akhirnya gue justru jadi belajar banyak sih. Jadi lumayan ngerti tentang business flow-nya perusahaan sekuritas dan juga ngerti sistem broker dan investasi.

Wawancara berbagai macam orang, skill wawancara otomatis terasah banget. Skill nulis pun juga harus dikembangkan. Gue juga sempet diajarin tentang pembuatan KPI dan job evaluation, tapi masih konsep dan dasar-dasarnya banget.

Beda dengan magang gue sebelumnya di SHL yang gue berada di ruang kerja bersama karyawan-karyawan lainnya, disini sehari-harinya gue terasing di ruang meeting karena untuk wawancara memang harus tempat yang private. Tapi kalo lagi engga wawancara kadang gue jalan-jalan juga, ngobrol-ngobrol sama yang lain juga.


Peralatan perang setiap hari


Setelah kurang lebih 1 bulan magang disini, gue nggak memperpanjang kontrak magangnya karena mau fokus skripsian, mengingat deadline sidang sudah semakin dekat. Sempet ditawarin untuk perpanjang kontrak magang untuk proyek-proyek lain, bahkan ditawarin untuk kerja permanen disana juga. Sampai gue kelar sidang pun juga masih ditawari untuk kerja disana. Cuma karena masih ingin mengejar perusahaan impian dan nggak terlalu minat ke financial services, gue engga menerima tawaran tersebut.

Post a Comment for "Pengalaman Magang atau Internship di Sucorinvest Central Gani"