Pengalaman Internship atau Magang di SIEMENS dan Mendapat Gaji - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Internship atau Magang di SIEMENS dan Mendapat Gaji

Pengalaman Internship atau Magang di SIEMENS




Pengalaman Internship atau Magang di SIEMENS dan Mendapat Gaji - Kape SIEMENS yang Mengenyangkan :v (versi engineering desain)

mau sedikit berbagi bagaimana kesaharian disini. saya kerja praktek di SIEMENS Indonesia di jalan jendral Ahmad Yani Kav. B67-68 pulo mas jakarta 13210. inget, SIEMENS disini bukan HP ya, kalo dijakarta lebih ke peralatan proteksi listrik.

Saya disini sebenarnya bersama Syaiful Bahri sama Agam ubaidillah. cuma  beda divisi. mereka ber 2 berada di divisi quality control, katanya sih lebih ke teknisnya tapi ntahlah gimana rincinya. kalo mau tau lebih lanjut lihat aja kali ya post mereka atau tanya mereka langsung. nah kalau saya sendiri di bagian engineering desain dan saya sendirian, kebayangkan kalo dikasih tugas banyak maboknya gimana TT. Kerjaaanya berkutat di depan komputer terus ngedesain deh. tapi jangan salah, kalo dilihat kakak2 sama oom2 ( tenang, banyak mbak mbak cantik kok disini) disini sih, kayaknya ngegunaiin softwarenya gak sesulit mikirnya. terus yang didesainnya itu banyak banget. bisa setebal buku mesin mesin listrik yang original. gak ngerti lagilah gimana ngerjainnya, aku baru nyoba aja udah mau muntah *lupakan...... mau tau gimana saya kerja , beginilah kondisinya.


(btw itu snack sebenernya punya orang yang lagi cuti melahirkan, kebetulan saya di kasih duduk dimejanya, jadi itu jadi jatah saya, udah diizini sama yang punya kok :) )

sedikit info kalo KP disini, maka kalian harus ngekost yang harganya dimulai yang paling murah 600rb sampe 2jt sebulan. jadi kalian tinggal pilih aja. terus kalo mau kemana mana enak, karena daerah disini merupakan perbatasan daerah jakarta timur, pusat dan utara. jadi bisa jalan kemana aja. aku juga udah ke selatan pusat dan utara dan rencananya mau menjelajahi daerah barat dan bogor *lupakan lagi cuma intermezo doang. tapi menurut saya daerah disini memang terasa panas, gak sedingin bandung tapi untungnya suhunya samalah dengan palembang, tempat saya berasal. oh ya balik lagi, dari tempat kost saya ke SIEMENS cuma 20 menit kalo jalan kaki. terus di tempat kost saya daerah strategis, ada KFC, Richeese, indomaret, 7eleven , alfamidi dimana mana, jadi kalian gak bakalan terasingkan kok heheheheh....... *please maafkan saya, beginilah saya sebenarnya, suka pamer kali yaa.

oke lanjut.........kalo mau tau fasilitas saya magang begini nih..

- di siemens katanya saya digaji Rp. 500.000.000 perbulan ( nol 3 digitnya dihilangin yaa, becanda doang :v)
- terus dikasih makan siang yang memenuhi standari gizi
- dikasih minum

- ada fasilitas dokter pribadi kalo2 kalian sakit

sayangnya gak ada wifi jadi gak bisa donload film *ehh.   katanya sih biar fokus kerja. tapi inget DISINI SUASANA KERJANYA SANTAI BEROO, BOS SAYA SAJA SUKA NGELAWAK SAMA ANAK BUAHNYA  TERUS PEGAWAI YANG SERING PULKAM SERING BAWA MAKANAN KHAS DAERAHNYA, KEBAYANG KAN GIMANA KENYANGNYA KALIAN. cuma wifi doang, inget WIFI DOANG !!!!

oke sekarang saya akan menceritakan day day KP yang mengenyangkan ini, tapi kopas doang ya dari laporan yang saya coba buat di laptop. maafkan , males nulis 2 kali. bahasanya bakalan makin rancuh dan making garing dari tulisan diatas. selamat tersiksa :)

 

Day 1

SIEMENS merupakan tempat yang saya pilih untuk kerja Praktek. Saya di tempatkan di bagian engineering deain dimana saya mendesain sebuah panel relay beserta kontrolnya yang melindungi suatu sistem tenaga. Pada hari ini dimulai dengan briefing dengan menjelaskan bagian mana saya akan bekerja sehingga saya tau apa kewajiban saya disini. Setelah selesai, saya langsung mengerjakan apa yang diarahkan mentor saya. Pada hari senin tanggal 1 juni 2015, saya mempelajari software AUCOTEC yaitu engineering base. Software inilah yang diguunakan untuk mendesain sistem pelindung sistem tenaga listrik. Software ini memiliki database sebagai media penyimpanannya sehingga dapat diakses dimana saya oleh pemiliknya asalkan terkoneksi dengan databasenya. Sotware ini juga menggunakan microsoft VISIO sebagai media menggambar/ desain. Mengapa harus  memakai engineering base, hal ini karena???

Karena masih baru saya diminta untuk mempelajari dasar dari software ini selama 3 hari. Pada hari pertama ini saya mempelajari pengenalan software sehingga belum begitu tau apa yang dapat dilakukan oleh software ini secara maksimal.

Day 2

Pada day 2 ini, saya masih berkutat di software engineering base ini. Disini saya mulai meniru apa yang aad di buku pelatihan. Materi paling banyak  mengenai microsoft Visio. Namun, seperti yang saya katakan sebelumya, Visio disini terkoneksi dengan software engineering base sehingga ada beberapa fitur yang berbeda. Penggunaan klik kanan pada mouse juga tidak bisa dilakukan sehingga melakukan sesuatu harus manual menggunakan menu bar ataupun shortcut pada keyboard. Saya mencoba coba apa yang diarahkan pada modul pelatihan. Namun tidak semua bisa saya lakukan karena beberapa materi tidak jelas sehingga saya harus melewatkannya. Walaupun begitu saya tetap mengerti beberapa fitur  yang ada di engineering base ini walaupun masih materi dasar.

Day 3

Pada day 3 ini, saya melanjutkan pelatihan pada day 2. Semua masih seperti sebelumnya dimana saya mempelajari materi pada modul. Namun pelatih saya langsung memberikan permasalahan simple untuk diselesaikan yaitu mengedit ukuran blok blok untuk dimasukkan ke panel relay. Katanya lebih baik belajar software dengan menyelesaikan permasalahan dibandingkan membaca modul. Ternyata memang benar, dengan permasalahan yang katanya “simple” ini. Saya harus banyak bertanya karena semuanya tidak ada di modul. Namun kesempatan saya untuk emndalami engineering base ini semakin tinggi. Untuk hari ini dengan banyak bertanya baru bisa menyeleainkan 1 dari 2 permasalahan yang diberikan.  Semoga permasalahan yng ke 2 bisa saya selesaikan karena waktu untuk kerja praktek hari ini sudah selesai

 Day 4

Pada day 4 ini, saya diminta untuk mengecek sambungan pada desain panel relay yang akan dikirim pada jumat depan. Oleh karena itu, permasalahan sebelumnya ditunda dulu untuk di selesaikan. Hari ini saya harus mengerjakan tugas yang diberikan. Nama tugasnya yaitu “ Check WS Lumajang part 1”. Disini banyak sekali rangkaian rangkaian yang sangat membuat kepala pusing. Total ada sekitar  599 sambungan E04+WR1 dan 145 sambungan E04 + S1. Disini saya harus mengecek gambar rangkaian dan mencocokannya dengan daftar pasangan perkomponennya yang letaknya sangat random sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. Gambar rangkainnya sendiri terdiri dari 16 halaman. Berikut gambar yang dari tugas yang harus saya selesaikan

Tugas ini dikerjakan dari jam 9.30 sampai 17.30. namun belum juga bisa diselesaikan. Maka tugas ini akan dilanjutkan besok nanti.

Day 5

Pada day 5 ini saya melanjutkan tugas sebelumnya yaitu check WS Lumajang. Disini saya mengerjakan  sama seperti sebelumnya yaitu pukul 9.30 dan dapat saya selesaikan pukul 14.30 WIB. Beginilah gambar ketika tugas ini selesai

selanjutnya karena saya gak ada kerjaan, amak saya nulis blog ini dari awal sampe day 5 ini TT. maafkan saya yang memang terlalu malas untuk melakukan semua ini. niatnya mau tidur, tapi demi kalian saya akan terus berusaha memenuhi blog ini dengan tulisan gak penting dari saya.

 

oke sudah sampailah kita di penghujung tulisan ini.Terus support saya agar memiliki niat dan kuota untuk menulis. selamat KP ya bagi kalian yang mau KP ( *padahal masih awal2 ini)

 


Post a Comment for "Pengalaman Internship atau Magang di SIEMENS dan Mendapat Gaji"