Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Artikel di Mojok.co

Cara menulis di Mojok.co



Cara Menulis Artikel di Mojok.co -Mojok.co adalah media selow yang mewadahi tulisan para penulis yang punya energi serta kreativitas berlebih. Konten segar dan menghibur adalah cara kami bersenang-senang dan bergembira.

Mojok.co memuat artikel-artikel ringan yang hanya butuh waktu sekitar seperminuman kopi saja untuk menulisnya, tulisan-tulisan pendek (600-1.000 kata) yang dihasilkan saat naik angkot, menunggu kereta, boker, usai makan siang kantor, di supermarket, dan lain-lain.

Mojok.co saat ini menerbitkan artikel dan video dengan pilihan tema yang beragam. Ada 18 rubrik yang terdiri dari Esai, Movi, Malam Jumat, Khotbah, Kepala Suku, Versus, Pojokan, Konter, Otomojok, Balbalan, Penjaskes, Liputan, Kilas, Nafkah, List, Sensus, Celengan, dan Curhat.

Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca untuk beberapa rubrik, di antaranya:

Esai. Rubrik reguler, tayang setiap hari. Tulisan menarik tentang apa saja, bisa mengenai peristiwa atau isu yang sedang diperbincangkan maupun hal lain yang dianggap perlu untuk dituliskan. Bisa tema sosial, agama, politik, seni, pokoknya terserah.

Konter. Tayang seminggu sekali. Tulisan yang membahas tentang dunia teknologi, utamanya gadget. Bisa berupa review hape, jam tangan, konsol game, dan lain sebangsanya.

Sungguh-sungguh liputan (Susul). Reportase dari kontributor tayang tiap Senin. Menampung liputan humanis, nyeleneh, mindblowing, atau seputar gaya hidup anak muda. Usulan ide bisa dilayangkan ke agung@mojok.co dengan subjek: “Usul Susul“.

Malam Jumat. Tayang seminggu sekali. Tulisan yang menceritakan pengalaman-pengalaman seram berinteraksi dengan yang tidak kasatmata. Maksudnya hantu, bukan materi filsafat semester 2.

Otomojok. Tayang seminggu sekali. Tulisan yang membahas tentang dunia otomotif, bisa berupa review kendaraan, maupun pengalaman menggunakan kendaraan, dari mulai mobil, motor, truk, bahkan sampai kapal maupun helikopter.

Rerasan. Tayang seminggu sekali. Hampir sama dengan rubrik Esai, hanya saja harus ditulis dalam bahasa Jawa.


Syarat menulis di Mojok.co :

1.  Semua tulisan yang masuk tetap menjadi hak milik kontributor. Jika tulisan layak muat, kami akan segera menghubungi yang bersangkutan, kecuali tulisan yang dijawab dan dimuat di rubrik Curhat.

2.  Kontributor yang karyanya dimuat di Mojok berhak mendapatkan honorarium yang insya Allah jumlahnya cukup kalau sekadar untuk ngajak pacar makan di rumah makan yang lumayan elit.

3.  Kontributor yang karyanya dimuat di Mojok boleh menerbitkan ulang karyanya di tempat atau media lain, minimal satu minggu setelah tayang di Mojok, dengan syarat mencantumkan bahwa karya tersebut pernah dimuat di Mojok.

4.  Jika setelah lima hari karya yang dikirimkan belum mendapat balasan dari kami, penulis berhak menerbitkan atau mengirimkannya ke media lain.

Cara menulis di Mojok.co :

1.  Kirim naskah ke email redaksi ke redaksi@mojok.co dengan subjek sesuai nama rubrik (Esai/Konter/Otomojok/Malam Jumat/Rerasan).

2.  Tulisan dikirim dalam format sudah dicantumkan di bodi email, bukan dalam bentuk dokumen terlampir.

3.  Sebelum tulisan ditayangkan, Mojok berhak menyunting tulisan kontributor.

4.  Kontributor baru (yang tulisannya belum pernah dimuat di Mojok) wajib melampirkan identitas dan scan KTP dan NPWP (kalau ada). Identitas terdiri dari nama lengkap, domisili, nomor kontak, akun media sosial, foto pribadi, serta atribusi (profil singkat).

5.  Kontributor baru wajib mencantumkan nomor rekening (beserta nama bank, nama KCP bank, dan nama nasabah) di badan email saat mengirimkan karyanya agar honorarium bisa segera dibayarkan setelah tulisan terbit. Sekali lagi, di badan email, bukan di file tulisan. Kalau malas mencantumkan nomor rekening, lebih baik tak usah mengirimkan naskah.

 Demikian tata cara kirim naskah ke Mojok.co. walaupun media online, yang kirim naskah ternyata banyak, jadi Sobat mesti mengirimkan karya-karya terbaik agar menang dalam persaingan. Oke…tetap semangat dan salam inspirasi….


Post a Comment for "Cara Menulis Artikel di Mojok.co"

close