Pengalaman Freelance dan Mendapatkan Uang di Upwork - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Freelance dan Mendapatkan Uang di Upwork

Pengalaman Freelance dan Mendapatkan Uang di Upwork




Pengalaman Freelance dan Mendapatkan Uang di Upwork  - Awal tahun ini gw nekat nyoba nyari freelance di Upwork buat ngerasain gimana sih "experience" kerja sama orang luar? dan sekalian gw ngetest skill bahasa inggris yang gw dapet secara otodidak.

Entah kenapa gw hoki banget, 2x apply kerjaan langsung dapet invitation interview. setelah itu gw dikasih test buat ngoding dan akhirnya gw keterima.

Awalnya gw cuma dibayar dikit banget, rates/hour nya kayak orang yang kerja di MCD (Sebenernya gw gak teralu masalah toh niat dari awal cuma pengen latihan & belajar doang haha). Things we're good, akhirnya gw hire 1 orang buat bantu2 biar gw enggak keteteran.

Disini gw sadar kalo komunikasi mereka baik2 aja. Walaupun kadang pemilihan kata yang gw pake salah, pasti mereka langsung clarify dengan "so what you mean is *insert things that i want to talk about* " alih2 blaming tentang skill bahasa inggris kita. Dan, Karena client gw waktu itu tinggal di US, akhirnya kita sepakatin buat meeting di golden hour (6-9 Pagi atau 6-9 malam)

Bulan selanjutnya gw udah enggak ambil lagi kerjaan tsb karena task yang diassign ke gw udah ga ada lagi.

Setelah itu, 2 bulan kemudian gw di kontak lagi buat ngerjain project yang lebih gede. Disini mereka cerita kalo suka sama apa yang gw kerjain bbrp bulan lalu dan berani bayar gw hampir 10x lipatnya.

Kalo di hitung2 gaji gw di upwork 1 minggu kayak gaji gw 2 bulan di tempat yang sekarang atau kalo di hitung 1 bulan kayak Senior Software engineer di indo.

Akhirnya gw coba jalanin 2 Minggu dan gw mutusin untuk gak lanjut, karena apa? Gw burn out. Tempat kerja pertama gw ngebuat gw cukup sibuk + kuliah yang cukup padet juga. Akhirnya gw putusin untuk enggak lanjut lagi, mereka berharap buat gw tetep lanjutin tapi dengan berat hati gw bilang kalo gw enggak bisa.

Sebenernya gw ditawarin untuk fulltime di tempat freelance tsb dengan kompenasi yang menurut gw sangat oke banget (hampir 2x dari offer gw as a Freelancer). Tapi akhirnya enggak gw ambil, Kenapa ? karena niat awal gw memang cuma untuk nyari pengalaman + belajar, gw ngerasa tempat kerja gw yang pertama ngasih kesempatan gw buat berkembang lebih jauh lagi dan kuliah gw lebih penting dari hal diatas (nanggung bentar lagi lulus, gan)

Kesimpulanya, buat temen temen yang mungkin sekarang masih belajar, tetep tekunin belajar + belajar bahasa inggris! Pede aja dengan skill yang kalian punya, jangan pernah khawatir masalah uang/gaji, itu semua nanti bakal datang dengan sendirinya.

Know your worth & set the bar equal to your skill.

 


Post a Comment for "Pengalaman Freelance dan Mendapatkan Uang di Upwork "