Cara Menulis Artikel di Islami.co - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Artikel di Islami.co

Cara Menulis Artikel di Islami.com


Cara Menulis Artikel di Islami.co - Islami.co adalah sebuah situs yang didedikasikan untuk menyebarluaskan informasi dan gagasan yang mendukung tumbuhnya masyarakat yang penuh toleransi dan kedamaian, baldatun toyyibatun yang diberkahi Allah dan diimpikan semua manusia. Hal ini dirasa penting, karena belakangan ini dunia maya kita dipenuhi oleh banyak web atau akun media sosial yang isinya provokasi dan sentimen kebencian, yang bisa menyeret umat Islam Indonesia dalam konflik kekerasan.

Digawangi oleh anak-anak muda lulusan pesantren, islami.co adalah bentuk counter-hegemony atas web-web yang sarat provokasi tersebut, sehingga bisa meneguhkan Islam sebagai agama yang bukan hanya rahmat bagi pemeluknya, tapi juga umat manusia pada umumnya. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia, islami.co ingin mensyiarkan nilai-nilai Islam yang yang penuh etika mulia dan ajaran hidup bersama.


Syarat menulis artikel di Islami.co :

  1. Tema tulisan haruslah sesuai dengan tema yang diusung Islami[dot]co, yakni seputar Keislaman dengan fokus tema seputar Islam ramah dan Islam toleran yang disesuaikan dengan rubrik-rubrik terkait: ibadah, hukum, hikmah, kolom, dan feature.
  2. Jumlah karakter artikel antara 500 hingga 900 kata, diketik dengan rapi sesuai EYD dalam program Microsoft Words. Kami menyarankan agar jumlah baris per paragraf tidak lebih dari 5 atau 6 baris. Tulisan keislaman harus mencantumkan sumber yang jelas di dalam tulisan, berupa nama kitab, penulis dan cetakannya.
  3. Pengiriman artikel harus disertai dengan foto penulis dan biodata singkat, yang terdiri dari nama, institusi, pekerjaan, dan minat/kajian penulis (Jika belum pernah mengirimkan tulisan sebelumnya). Sertakan juga alamat sekarang, no telfon, no rekening (sesuai nama penulis) dan nama bank di badan surel (Bukan di file word). Sertakan juga akun media sosial, seperti Facebook, twitter dan Instagram (jika ada). Kami tidak akan mengirimkan honorarium jika tidak mengisi biodata lengkap.
  4. Artikel merupakan tulisan sendiri, bukan hasil penyuntingan, penerjemahan, atau penduplikatan karya orang lain. Sebaiknya sebelum mengirim tulisan, pastikan judul atau tema yang sama belum pernah dimuat di Islami.co.
  5. Setiap tulisan yang masuk sepenuhnya menjadi hak milik redaksi. Redaksi berhak untuk mengedit dan memutuskan apakah suatu tulisan layak dimuat ataupun tidak. Oleh karena itu, redaksi tidak mentolerir penulis-penulis yang mengirimkan satu karyanya ke beberapa platform media berbeda. Jika tulisan belum dimuat selama satu minggu semenjak pengiriman, kami persilahkan untuk menariknya.
  6. Artikel bisa dikirim melalui surel: redaksi@islami.co dengan subjek: judul tulisan_rubrik yang dituju. Lebih baik jika dicantumkan sedikit sinopsis dari tulisan yang dikirim di badan email.
  7. Ingat, sebelum dikirim ke email redaksi, harap terlebih dahulu membaca ulang artikel dan memeriksa ejaan dengan benar. Redaksi hanya mau me-review tulisan yang telah dinyatakan sebagai ‘tulisan terbaik’ oleh penulisnya sendiri.
  8. Artikel yang dimuat akan mendapatkan honorarium berdasarkan kualitas tulisan. Transfer honor paling lambat 2-3 minggu setelah tulisan ditayangkan.

 Cara Mengirim atau Menulis di Islami.co :

1.Lampiran artikel dalam bentuk file Microsoft Word

2.Sertakan foto dan biodata singkat ,yang terdiri dari nama, institusi, pekerjaan, dan minat/kajian penulis.

3.Sertakan juga alamat sekarang, no telfon, no rekening (sesuai nama penulis) dan nama bank di badan surel (Bukan di file word)

4. Sertakan juga akun media sosial, seperti Facebook, twitter dan Instagram (jika ada). 

5.No Rekening digunakan untuk mengirimkan honorarium. Kami tidak akan mengirimkan honorarium jika tidak mengisi biodata lengkap.

6.Artikel bisa dikirim melalui surel: redaksi@islami.co d

7.Dengan subjek: judul tulisan_rubrik yang dituju. Lebih baik jika dicantumkan sedikit sinopsis dari tulisan yang dikirim di badan email.

Demikian tata cara kirim naskah ke Islam.co. walaupun media online, yang kirim naskah ternyata banyak, jadi Sobat mesti mengirimkan karya-karya terbaik agar menang dalam persaingan. Oke…tetap semangat dan salam inspirasi….

Post a Comment for "Cara Menulis Artikel di Islami.co"