Cara Daftar dan Menulis Artikel di Kompasiana - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar dan Menulis Artikel di Kompasiana

Cara Daftar dan Menulis Artikel di Kompasiana



 Cara Daftar dan Menulis Artikel di Kompasiana - Kompasiana adalah sebuah platform blog dan publikasi online yang dikembangkan oleh Kompas Cyber Media sejak 22 Oktober 2008. Setiap konten (artikel, foto, komentar) dibuat dan ditayangkan langsung oleh Pengguna Internet yang telah memiliki Akun Kompasiana (disebut Kompasianer).

Di tahun pertama kehadirannya, Kompasiana dibangun sebagai blog jejaring internal untuk jurnalis dan karyawan Kompas Gramedia. Memasuki tahun 2009, produk ini bertransformasi menjadi platform blog untuk semua orang. Nama Kompasiana sendiri diambil dari nama kolom yang diisi oleh Pendiri Harian Kompas, PK Ojong.

Dari tahun ke tahun, tampilan situs web Kompasiana (www.kompasiana.com) mengalami perubahan antarmuka, menjadi lebih bersih dan lebih mudah diakses. Sekian fitur interaktif juga terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Kompasianer.

Keunikan Kompasiana terletak pada sisi pengelolaan konten yang dilakukan secara simultan. Setiap konten yang dibuat Kompasianer dapat langsung tayang sekaligus memberikan ruang kepada pengguna untuk turut berpartisipasi dalam pengelolaan melalui fitur pelaporan guna membantu kami dalam proses pengelolaan sehingga dapat memastikan tidak ada konten yang melanggar Syarat dan Ketentuan.

Untuk setiap konten terbaik, Kompasiana mengelola dan mempromosikannya 7x24 jam agar dibaca oleh lebih banyak orang.

Pada tahun 2017, produk digital yang semula menyandang slogan “Sharing. Connecting” ini mengusung slogan baru: “Beyond Blogging”. “Lebih dari sekedar ngeblog” merupakan semangat dan tekad menghadirkan sesuatu yang lebih bermakna untuk khalayak blogger. Dengan tagline ini, masyarakat diharapkan lebih mudah mengenali Kompasiana sebagai produk media sosial buatan Indonesia. “Beyond Blogging” juga mempertegas posisi Kompasiana sebagai saluran gagasan dan opini masyarakat.

Selain sebagai wadah membuat konten bagi semua warga, Kompasiana telah menghubungkan banyak produk dan institusi untuk berinteraksi dengan Kompasianer dan khalayak lainnya lewat beragam kegiatan online dan offline seperti kompetisi blog, Kompasiana Nangkring, Visit, Blogtrip, Drive & Ride, dan sebagainya.

Ingin bergabung bersama kami sebagai penulis di Kompasiana? Gampang banget kok, bahkan dengan smartphone kamu juga dapat menulis artikel dengan mudahnya. Tetapi sebelum itu, kamu harus mendaftar dulu sebagai anggota. Bagaimana caranya? Berikut ini saya sajikan secara lengkap khusus kepadamu yang ingin bergabung dan menulis artikel bermanfaat.

Cara Mendaftar di Kompasiana :

1.Masuk kedalam situs web www.kompasiana.com

2.Pilih daftar yang terletak dibawah menu navigasi

3.Isi identitas kamu yang meliputi nama pengguna, email, nama lengkap, jenis kelamin, dan password

4.Setelah itu, isilah captcha (kode unik) yang tersedia untuk memverifikasikan bahwa kamu bukan robot

5.Setelah itu kamu diwajibkan untuk mencentang form (Saya menyetujui "Syarat dan Perjanjian") dan kamu boleh mencentang form (Ya, Saya ingin berlangganan Newsletter di "Kompas.com") bila ingin mendapatkan info-info terbaru dari Kompas

6.Pilih daftar dan tunggu hingga kamu mendapat pesan melalu E-mail yang dikirimkan oleh Kompas

7.Setelah mendapatkan pesan E-Mail dari Kompas, silahkan kamu pilih konfirmasi untuk mendaftarkan akunmu di Kompasiana

8.Buka kembali situs www.kompasiana.com, dan login

9.Setelah login, kamu dapat mengedit biodata kamu. Selesai

Cara Menulis Artikel :

1.Login di situs www.kompasiana.com

2.Buka menu profil kamu yang terletak dibagian menu navigasi

3.Pilih "Tulis artikel" pada menu profil

4.Setelah itu kamu dapat menulis artikel dengan judul yang ingin kamu buat. Selesai

Sekian dan terimakasih, silahkan bagikan artikel ini untuk mengajak teman-teman kamu supaya kita bisa turut berkolaboratif dalam meningkatkan literasi pemuda Indonesia.

 


Post a Comment for " Cara Daftar dan Menulis Artikel di Kompasiana"