Tutorial Data Mining : Pengertian Data Mining dan Manfaatnya - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Data Mining : Pengertian Data Mining dan Manfaatnya

Tutorial Data Mining : Pengertian Data Mining dan Manfaatnya



Ada sejumlah besar data yang tersedia di Industri Informasi. Data ini tidak akan berguna sampai diubah menjadi informasi yang berguna. Penting untuk menganalisis data dalam jumlah besar ini dan mengekstrak informasi yang berguna darinya.

Ekstraksi informasi bukanlah satu-satunya proses yang perlu kita lakukan; penambangan data juga melibatkan proses lain seperti Pembersihan Data, Integrasi Data, Transformasi Data, Penambangan Data, Evaluasi Pola, dan Penyajian Data. Setelah semua proses ini selesai, kami akan dapat menggunakan informasi ini dalam banyak aplikasi seperti Deteksi Penipuan, Analisis Pasar, Kontrol Produksi, Eksplorasi Sains, dll.

Apa itu Data Mining?

Data Mining didefinisikan sebagai mengekstraksi informasi dari kumpulan data yang sangat besar. Dengan kata lain, kita dapat mengatakan bahwa data mining adalah prosedur menambang pengetahuan dari data. Informasi atau pengetahuan yang diekstrak sehingga dapat digunakan untuk salah satu aplikasi berikut -

  • Analisis Pasar
  • Deteksi Penipuan
  • Retensi pelanggan
  • Pengendalian produksi
  • Eksplorasi Sains

Aplikasi Data Mining

Penambangan data sangat berguna di domain berikut -

  • Analisis dan Manajemen Pasar
  • Analisis Perusahaan & Manajemen Risiko
  • Deteksi Penipuan

Selain itu, data mining juga dapat digunakan di bidang kontrol produksi, retensi pelanggan, eksplorasi sains, olahraga, astrologi, dan Internet Web Surf-Aid.

Analisis dan Manajemen Pasar

Di bawah ini adalah berbagai bidang pasar tempat data mining digunakan -

  • Profil Pelanggan - Data mining membantu menentukan orang seperti apa yang membeli jenis produk apa.

  • Mengidentifikasi Persyaratan Pelanggan - Data mining membantu dalam mengidentifikasi produk terbaik untuk pelanggan yang berbeda. Ini menggunakan prediksi untuk menemukan faktor yang dapat menarik pelanggan baru.

  • Analisis Lintas Pasar - Data mining melakukan Asosiasi / korelasi antara penjualan produk.

  • Target Marketing - Data mining membantu menemukan kelompok pelanggan model yang memiliki karakteristik yang sama seperti minat, kebiasaan belanja, pendapatan, dll.

  • Menentukan pola pembelian Pelanggan - Data mining membantu dalam menentukan pola pembelian pelanggan.

  • Memberikan Informasi Ringkasan - Data mining memberi kita berbagai laporan ringkasan multidimensi.

Analisis Perusahaan dan Manajemen Risiko

Penambangan data digunakan di bidang-bidang berikut di Sektor Korporat -

  • Perencanaan Keuangan dan Evaluasi Aset - Ini melibatkan analisis dan prediksi arus kas, analisis klaim kontinjensi untuk mengevaluasi aset.

  • Perencanaan Sumber Daya - Ini melibatkan meringkas dan membandingkan sumber daya dan pengeluaran.

  • Persaingan - Ini melibatkan pemantauan pesaing dan arah pasar.

Deteksi Penipuan

Penambangan data juga digunakan di bidang layanan kartu kredit dan telekomunikasi untuk mendeteksi penipuan. Dalam penipuan panggilan telepon, ini membantu untuk menemukan tujuan panggilan, durasi panggilan, waktu hari atau minggu, dll. Ini juga menganalisis pola yang menyimpang dari norma yang diharapkan.

Post a Comment for "Tutorial Data Mining : Pengertian Data Mining dan Manfaatnya"