Cara Magang atau PKL Di Sinarmas Land Terbaru 2021 - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Magang atau PKL Di Sinarmas Land Terbaru 2021

Cara Magang atau PKL Di Sinarmas Land Terbaru 2021


Jadi liburan semester kemaren aku mendapatkan kesempatan untuk dapat kp di Sinarmasland, BSD. Walau kpku kali ini gamasuk nilai karena beberapa hal administratif pengajaran dan dosen alhasil aku tetep kp tapi gadapet nilai dari pengajaran (karena gamau kalah liat temen-temen yang lain kp, hehe).

So, kpku kali ini itu berdurasi 6 minggu. Kerja di urban planning department yang di dampingi oleh Bu Meka dan Pak Agus.

Sebelum aku kerja, ada beberapa tahap yang harus dilakukan,

1. Calling to sinarmasland. Minta di hubungin ke pihak HRDnya. Terus hrdnya bakal kasih alur yang harus kamu lakukan dan juga alamat email untuk dikirimin berkas-berkas kamu ke sinarmasland untuk dapat dipelajari oleh bagian hrd. Kalo bisa hal ini dilakukan H-2 bulan sebelum waktu yang kamu inginkan untuk kp/magang/internship. Lebih lama waktunya lebih baik jadi ga tergrasak-grusuk.

2. Mengirim proposal kp ke bagian hrd sinarmasland. Biasanya proposal dilengkapi dengan cv dan portofolio yang pernah kamu bikin. Portofolionya bisa berupa tugas kamu, hasil dari lombamu atau hasil dari kegiatan organisasimu atau malah kamu pernah bikin project yg udah di jual. Ya apapunlah demi menjual diri kamu dan membuat mereka yakin hehe.

3. Jangan lupa di follow up. Kalo bisa kamu udah tau mau masuk department yang mana jadi enak komunikasinya. Atau tanya terus Hrdnya. Jadi pas pertama kali kontak, jangan lupa tanya nama dan nomer yg bisa dihubungi, jangan nomer kantor ya. Boleh sih nomer kantor + extnya juga ya. follow up mulai dari 3 minggu sekali dan mendekati deadline pengumpulan berkas ke pengajaran makin tiap jam hahaha.

4. Tunggu dapet konfirmasi dan segera minta surat penerimaan dari pihak office. Dari situ bakal tertulis tentang durasi magang, mulainya kapan, di department mana dan mengerjakan apa selama magang.

5. Surat penerimaan diberikan ke pengajaran. Banyak doa supaya berkas lulus. Dan kalo lulus selamat jadi ga perlu ngulang kp lagi kayak aku, huhuhu

Yaudah deh gitu aja paling... tahap di atas bisa dilakukan di kantor-kantor lain yang kamu inginkan. Biasanya di kantor lain berkas-berkas yang harus dikumpulin ada tambahannya yaitu cover letter. Search di google untuk lebih jelas dan jadi contohnya.

Kerja praktek atau magang atau internship di Sinarmasland itu kayak kerja beneran. Aku kerja dari jam 08.30-17.30 dan harus pake baju kantoran kayak mba dan mas, ibu dan bapak yang lain. Terus aku kerja bikin UDGL (Urban Design Guidelines) di BSD barat menggunakan Autocad untuk 121 peta. Oh ya jadi awal mula tuh aku sama sekali gabisa pake Autocad. Bisanya pake arcgis, corel, sketchup, lumion dan photoshop. Tiba-tiba disuruh pake autocad. Jadinya minggu pertama kp diisi dengan belajar autocad sendiri dan dibantu-bantu sama Bu Meka, Pak Agus, dan temen-temen KP (Giri). Dan akhirnya bisa, alhamdulillah.

Awal-awal ngerjainnya santai terus mendekati deadline langsung begadang mulu hahah dasar memang. Pas mau pisah agak sedih..... sama temen-temen kantor udah deket karena sering di kasih J.CO atau cake secara cuma-cuma saat jadwal kerja. Ngeceng-ngecengin, cerita-cerita, diajarin banyak hal tentang hal teknis yang gabisa kita dapetin di kuliah dan banyak lagi.

Dan diakhir masa kp ternyata dapat gaji, alhamdulillah yaa. Walaupun aku bolos 2 minggu kuliah tapi pengalaman ini sangat luar biasa. Dan tahap terakhir itu bikin laporan selesai KP. Ga susah kok kalo kita udah nyicil data tiap harinya hehe.


Post a Comment for "Cara Magang atau PKL Di Sinarmas Land Terbaru 2021"