Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Magang di Pertamina Indonesia

Pengalaman Magang di Pertamina Indonesia Terbaru - Buat saat ini gue mau cerita pengalaman gimana bisa magang di pertamina.  Ya pastinya udah banyak lah ya yang nulis blog tentang magang disini but gue cuma ingin berbagi cerita aja ke kalian, mumpung topiknya masih sangat hangat dan terbaru di tahun 2022

Pas gue nulis ini, udah masuk bulan ketiga sih magang disini. So far, nyaman banget disini sampe lupa kalo status gue disini just internship. Tapi jujur sih, disini orangnya asik-asik dan baik-baik, ya walaupun pasti ada orang yang cuek sih ke kalian (mungkin itu watak mereka, jadi jangan diambil hati

Okayyy first, gue bakal jawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin terngiang-ngiang di benak pembaca sekalian (actually that was me who always curious about something in detail). Biar bisa magang disini, kalian harus selalu (gak selalu sih, sesuka kalian aja) mantengin website rekrutmennya pertamina or di sosial media yang selalu buat upload foto (insta). Tapi mungkin ada dari kalian yang bisa dapet info dari temen, kerabat, atau tetangga mungkin? Karna kadang info magang disini gak terlalu luas publikasinya.

Gue anak akuntansi baru lulus 2017 kemaren dan kebetulan ada liat brosur magang di pertamina EP. Pertamina EP ini anak perusahaan Pertamina (Persero) yang bergeraknya di bidang hulu. Singkat cerita, gue apply buat magang itu dengan mengumpulkan berbagai persyaratan. Gue kirim email ke tim rekrutmennya such as Transkrip Nilai&Ijazah S1, sertifikat toefl, KTP, sama BPJS Kesehatan. Kalo yang belum punya, mendingan bikin dulu dari sekarang.

Ini contoh email yang gue kirim ke Pertamina EP ya, ada beberapa gue sensor ehehe ,bisa juga lewat websitenya

Abis gitu, mereka emang gak langsung bales karna pasti banyak yang daftar kan jadi kalian sabar aja sama berdoa dan yang tabah ya nunggunya. 

Gue dua kali daftar waktu itu, awalnya di Pertamina (Persero) dan Pertamina EP. Di pertamina pusat gue ga dapet karna gue ga punya bpjs waktu itu. Pas pihak sana suruh bikin, gue langsung bikin but prosesnya agak lama jd gue ga bs ikut deh. Selang waktu, Pertamina EP ini buka nih program magang kaya Persero, alhasil gue apply lah dan itu bpjs gue udah jadi wkwk seneng banget gue karna cita-cita kedua buat kerja (walaupun magang) di perusahaan minyak bisa selangkah lebih deket. Email jika tidak lolos 



Seinget gue, itu batas apply pertengahan september 2022, trus baru gue apply november awal wkwk (plis jangan dicontoh ini orang gak baik). Karna gue punya alasan, ijasah gue belum jadi waktu itu jadi gue awalnya kecewa banget makanya gue nekat pas udah jadi itu ijasah, langsung gue apply, masalah diterima enggaknya ya nanti lah ya urusannya. Kelar gitu, sekitar tiga hari kemudian gue disuruh isi form yang mereka kasih, dan jadilah gue isi semuanya dan gue kirim hari itu juga (tips: jangan kelamaan takutnya nanti dikira menyepelekan, takutnya sih). Kelar gue kirim, kembalilah gue menunggu jawaban dari mereka. Akhir bulan gue baru dikabarin kalo gue disuruh wawancara tanggal 5 Desember. Singkatnya, gue salah beli tiket dan akhirnya dengan keberanian hati gue email lagi pihak sononya dan bilang kalo gue salah beli tiket (jujur siapa tau mujur kan?)
  


Kalo ini contoh surat panggilan buat wawancara. Make sure kalian siapin dengan sebaik baiknya yaa.

Dan ajaibnya mereka manggil gue lagi pas awal Desember (setelah tanggal 5). abis gitu gue disuruh ikut wawancara. Gue dateng ke Jl. Dr. Satrio, Menara Standard Chartered, Jakarta Selatan tepatnya di lantai 21 jam 1 siang. Seinget gue ada 5 orang buat kloter itu (dan gue baru tau ternyata ada banyak kloter sebelumnya dan gue kloter terakhir) dan gue wanita sendiri. Singkat cerita nunggu entah berapa puluh menit, karna gue dateng pertama, jadilah gue orang pertama yang diwawancara. wussss. Disitu gue diwawancarai sama 3 orang, 2 user 1 HR. Nah yang ditanyain itu kalo versi gue: ceritain tentang diri kalian, kuliah dimana, kenapa pengen magang disini, tentang materi (dikit doang), tentang apa yang kalian tulis di form, tentang skripsi, tentang masa-masa down kalian, harapan kalian, cita-cita kalian. Tapi itu santai kok, kalian lebih dijelasin gimana nanti pas kalian magang. Gue cerita panjang lebar hampir sejam kayanya sampe temen-temen gue yang nunggu protes karna gue kelamaan wkwk. 

Abis itu gue pulang, seminggu kemudian diumumin kalo gue dapet kesempatan magang disana dimana dimulai tanggal 22 Oktober kemaren.


 Nah ini contoh bentuk surat panggilan kalo dinyatakan diterima.

Awal magang, kalian dikasih semacam general induction. Perkenalan tentang divisi yang ada disini, tanda tangan buat perjanjian magang (bawa pulpen biru ya karena mereka mintanya pake biru), foto identitas, aturan magang dan benefit kalian selama magang, trus temen sedivisi kalian selama magang, dan terakhir dianter ke tempat divisi kalian masing-masing.

Besoknya kalian udah bisa kerja di divisi kalian masing-masing. Kalo bejo ya kalian bisa bareng sama temen se divisi kalian, kalo gak ya kalian dipisah dan ada juga yang emang bener-bener dia sendiri di divisi itu, tapi gapapa karna kalian magang bareng-bareng jadi cobalah untuk memperkaya pertemanan dengan mereka semua! 

Inget juga kalian harus aktif buat minta tugas ke mentor kalian dan kalo enggak kalian bisa belajar materi-materi dengan minta ke mereka (saat nganggur aja ya) karena ini bisa mempengaruhi nilai di sertifikat magang kalian nantinya.

Awal magang januari udah berjalan mulus. Tapi gue baru inget, gue diminta buat NPWP. Nah gak perlu repot lagi kalian jauh-jauh ke KPP, cukup daftar online aja dan nanti ikutin petunjuknya. Kemaren gue tulis pegawai-pegawai lainnya-magang/internship , dan berkas yang diupload jangan cuma KTP doang karna bakal ditolak. Kalian harus upload 2 berkas yang dijadiin satu, KTP sama surat keterangan magang (halaman depan aja) atau kartu internship kalian. So far, temen-temen gue dan gue lancar dengan ngirim itu ke ereg pajak. 

 


Nah ini yang gue maksud dengan digabung dalam satu file ya, krn ereg pajak cuma nerima satu file aja jadi make sure kalian gabungin syarat yang dibutuhkan.

-Bisa diangkat jadi pegawai tetap gak sih?- 

Gak bisa. Ini murni magang dengan sertifikat, kontrak selesai ya kalian juga selesai magangnya, tapi kalau kalian memang aktif, pas ada BPS (lowongan pertamina) kalian mungkin direkomendasiin dan malah lebih mudah karna kalian udah pegang sertifikat magang di Pertamina. Jangan lupa itu tetep ikut seleksi yaaa sama kaya calon-calon lainnya. Setidaknya kalian udah belajar banyak disana dan udah ngerti cara kerja di Pertamina.

 


Post a Comment for "Pengalaman Magang di Pertamina Indonesia"

close