Pengalaman Tes Kerja di Kadence dan Lolos - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Tes Kerja di Kadence dan Lolos

Kadence


10. Kadence International

Nah, buat yang belum tau Kadence, Kadence ini salah satu saingannya Nielsen. Market research company juga. Di Kadence ini juga gue apply untuk jadi researcher-nya via email, tapi nggak dipanggil-panggil. Sampai suatu saat gue lihat ada lowongan untuk HR, gue pun apply juga. Gue apply Jumat malam, Senin pagi langsung ditelepon dan ada screening phone interview. Kemudian gue pun diundang untuk wawancara di kantornya hari Selasa.

 

Hari Selasa gue dateng dan nunggu sekitar setengah jam kayaknya. Iya, gue kan emang selalu dateng lebih cepet. Saat isi absensi, gue liat ada nama temen kuliah gue juga interview untuk posisi yang sama. Gue langsung super deg-degan. Deg-degan takut dibandingin (Ya iyalah pasti dibandingin), dan karena tahu dia punya kualitas yang oke.

 

HR Interview

Interview pun dimulai oleh orang HR-nya. Pertanyaannya seputar diri kita, preferensi pekerjaan, dan gue ngerasa banyak 'If question', dalam arti kejadiannya belum terjadi. Nggak banyak pertanyaan tentang past experience. Awal-awal sampe pertengahan pake bahasa Inggris, tapi abis itu pake bahasa Indonesia sampai selesai. Wawancaranya cepet banget cuma 15 menitan.

 

Setelah  itu gue diminta menunggu untuk HR Manager interview. Katanya sih HR Manager-nya lagi ada meeting, gue pun ditawarin untuk reschedule. Tapi gue lebih memilih menunggu daripada harus bolak-balik. Gue nunggu cukup lama hampir sejam lah.

 

Personality Assessment

Sembari menunggu, gue diminta ngerjain asesmen kepribadian, atau biasa disebut tes kepribadian. Gue kurang suka sih nyebut tes kepribadian karena dari apa yang gue pelajari saat kuliah, yang namanya tes itu ada benar-salahnya sedangkan kepribadian itu nggak ada benar-salah. Jadi kurang tepat kalo disebutnya tes.

 

HR Manager Interview

Interview sama HR Manager disini lebih nanyain kompetensi sih, dan kesiapan kita untuk masuk ke industri market research. Karena industri market research di company manapun itu sepertinya butuh orang yang tough. Saat interview ini gue juga banyak dijelaskan soal jobdesc dan HR Manager-nya banyak ngasih tahu kriteria orang yang dia cari itu seperti apa.

 

Gue pun dikasih tau nanti kalo lolos akan ada interview sama Managing Director, antara hari Kamis (Karena Rabunya tanggal merah) atau Senin (Karena Jumatnya ada acara kantor). Malam harinya pun sehabis maghrib gue ditelepon katanya hari Kamis pagi disuruh dateng lagi kesana.

 

Offering

Kamis pagi gue dateng dengan mental untuk wawancara. Jujur deg-degan sih karena akan diwawancara sama MD-nya, dan MD-nya adalah orang expat. Meskipun gue baca di blog-blog orang katanya nyantai dan orangnya baik banget, tapi tetep aja deg-degan.

 

HR Manager-nya pun menemui gue dan mengajak gue ke ruangannya. Ternyata kata MD-nya gue ga perlu wawancara sama beliau, sampai HR Manager aja. Dan HR Manager-nya bilang dia udah OK sama gue. Maka gue pun langsung dikasih offering letter.

 

Gue dijelasin dulu penawaran dari company-nya gimana, seperti gaji, fasilitas, dll. Kemudian gue dikasih waktu 1 hari untuk berpikir dan diminta masuk di hari Seninnya karena mereka butuh cepet :") Gue ga nyangka prosesnya akan secepet itu sih. Dari mulai gue apply, gue seleksi, hingga akhirnya offering, itu kurang dari seminggu. Super cepet banget.

 

Nggak nyangka aja akhirnya gue diterima kerja dengan proses yang super singkat, mengingat gue segitu kerasnya berusaha di perusahaan-perusahaan lain, yang prosesnya panjang dan lama bisa sampe berbulan-bulan, sedangkan disini prosesnya cepet banget. Masih kaget akhirnya gue keterima kerja dan lewat proses yang kilat.

 

Jujur setelah dapet offering letter itu gue malah jadi galau karena sebenernya masih nunggu result dari company lain yang prosesnya udah lebih dulu, prosesnya panjang, dan udah tinggal nunggu result juga. Setelah galau-galau dan menimbang-nimbang, konsul sana-sini, akhirnya gue menerima tawaran dari Kadence.

 

Akhirnya tepat tanggal 15 Desember 2015 pun gue resmi bekerja di Kadence International sebagai HR Assistant Executive. Berakhir sudah perjalanan panjang gue mencari pekerjaan :") Dan setelah gue jalani selama kurang lebih 2 minggu, so far so good sih. Sejauh ini gue ngerasa enjoy. Nggak semenyeramkan yang gue bayangin sebelumnya. Bismillaahirrahmaanirrahiim, semoga betah!

 

And thank you for reading! Semoga tulisan super panjang ini bisa cukup informatif untuk kalian. I wish you a very good luck for your career dear job seekers!!

 


Post a Comment for "Pengalaman Tes Kerja di Kadence dan Lolos"