Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Artikel di Mongabay

Cara Menulis Artikel di Mongabay



Cara Menulis Artikel di Mongabay - Mongabay.co.id diluncurkan dan beroperasi sejak April 2012 untuk meningkatkan minat terhadap alam dan kesadaran masyarakat terhadap masalah lingkungan di Indonesia. Mongabay.co.id memiliki fokus khusus pada hutan, tetapi juga menyediakan berita, analisis, dan informasi lain yang berhubungan dengan lingkungan.

Sejak tahun 1999, Mongabay.com telah menjadi salah satu situs utama berbasis internet untuk berita, analisa dan informasi mengenai hutan tropis. Situs ini dikunjungi lebih dari dua juta pengunjung setiap bulannya, yang membuatnya menjadi salah satu tujuan situs yang “the most visited eco-focused” di internet.

Mongabay.com telah ditampilkan di San Francisco Chronicle, majalah TimeThe Wall Street Journal, serta publikasi lokal, nasional, dan internasional lainnya. Mongabay.com telah diakui sebagai sumber informasi mengenai hutan yang penting dan terpercaya oleh individu pada berbagai lembaga, baik dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sampai dengan Badan Pemerintahan dan Perusahaan Swasta.

Pada tahun 2008, Mongabay.com menerima penghargaan dari Majalah Time, sebagai salah satu dari 15 situs “hijau” terbaik. Pada tahun 2010, menjadi nominasi Communicator Perubahan Iklim Tahun Award oleh George Mason University.

Mongabay.com kini memperluas jangkauan pemberitaan mengenai hutan. Inisiatif ini dilakukan melalui pengelolaan situs baru, yaitu Mongabay.co.id, yang cakupan beritanya meliputi laporan terkini dan rangkuman dari berita berbahasa Indonesia dan juga media asing, serta analisis dan komentar. Informaasi dan berita Mongabay.co.id juga disebarkan melalui media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Kontributor adalah personal/ individual yang mengajukan diri secara tertulis untuk bergabung dengan Mongabay.co.id sebagai penulis kejadian dan berita di region tempatnya berdomisili.  Kontributor adalah penulis lepas yang secara manajemen tidak terikat dengan Mongabay.co.id

Berdasarkan kepada jenis kontribusinya kepada Mongabay.co.id maka kontributor dibedakan menjadi dua, masing-masing adalah: 1) Kontributor Resmi,  2) Kontributor Lepas

Kontributor Resmi adalah kontributor yang memenuhi syarat dan diakui oleh Mongabay.co.id serta diperlengkapi dengan tanda pengenal resmi berupa name-tag (kartu pers) sesuai dengan aturan baku yang dibuat oleh redaksi dengan dicantumkan masa berlaku dan ditandatangani oleh Pimpinan Perusahaan/Umum.

Mongabay.co.id akan melakukan seleksi internal untuk orang-orang yang akan menjadi Kontributor Resmi.  Dengan menjadi Kontributor Resmi, seseorang memiliki peluang frekuensi berita yang lebih besar dan komunikasi intens dengan Senior Editor daripada menjadi Kontributor Lepas.

Kontributor Lepas adalah kontributor atau penulis lepas yang memiliki keinginan untuk menulis dan mengirimkan berita kepada Mongabay.co.id.  Karena sifat hubungannya yang longgar, kontributor ini tidak akan diperlengkapi dengan atribut dari Mongabay.co.id.

Syarat dan ketentuan bagi Kontributor Mongabay.co.id:

1) Pengalaman bekerja di media atau melakukan reportase dan pemberitaan merupakan nilai plus.

2) Kontributor berada di bawah koordinasi dari Senior Editor Mongabay.co.id. Setiap berita, informasi dan kemasan liputan akan melalui tahap persetujuan (approval) dari Senior Editor.  Untuk memastikan standard berita, Senior Editor akan melakukan editing terhadap berita yang disampaikan oleh kontributor.

3) Komunikasi melalui surat elektronik.  Kontributor harus memiliki alamat email dalam rangka pengiriman berita dan berkomunikasi dengan Senior Editor Mongabay.co.id.  Seluruh pengiriman berita dan artikel hanya dilayani melalui softcopy dan e-mail.  Mongabay.co.id tidak menerima pengiriman berita melalui fax maupun hardcopy.

4) Mongabay.co.id tidak menyediakan fasilitas dan peralatan kerja bagi kontributor, mencakup tapi tidak terbatas, seperti laptop/komputer, kamera/video kamera, kendaraan kerja, telepon genggam dan berbagai fasilitas kerja lainnya.

5) Mongabay.co.id tidak dapat dibebankan tanggung jawab atas kerusakan peralatan/fasilitas kerja yang terjadi karena pekerjaan jurnalisme kontributor secara langung maupun tidak langsung.

6) Mongabay.co.id tidak menyediakan berbagai fasilitas seperti jaminan kesehatan (asuransi kesehatan dan sejenisnya) maupun fasilitas penggantian biaya komunikasi (pulsa).  Biaya perjalanan (yang meliputi akomodasi, transportasi dan konsumsi) dapat diberikan dalam kepentingan penugasan (assignment) Kontributor Resmi oleh Senior Editor.

7) Untuk kepentingan kemudahan pengiriman imbal balik balas jasa terhadap hasil karya yang dimuat, kontributor harus memiliki no rekening di bank BNI atau bank yang memiliki jaringan yang sama (ATM Bersama).  Pengiriman balas jasa dilakukan sekali setiap bulan, umumnya dilakukan pada akhir bulan.  Kontributor akan mendapat informasi jika hal ini sudah dilakukan.

Berbagai bentuk pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan dapat mengakibatkan dicabutnya status seseorang sebagai kontributor Mongabay.co.id.

Khusus untuk Kontributor Resmi:

Senior Editor dapat memberikan penugasan (assignment) kepada Kontributor Resmi untuk menindaklanjuti suatu informasi berita.  Penugasan ini secara khusus akan diatur dalam sebuah TOR tersendiri yang dibuat oleh Senior editor.  Untuk keperluan khusus, Kontributor Resmi dapat diperlengkapi dengan “Surat Pengantar” dari redaksi yang ditandatangani oleh Pimpinan/ Senior Editor Mongabay.co.id

Kewajiban dari Kontributor:

Kewajiban berikut ini harus dipahami oleh setiap kontributor Mongabay.co.id

1) Kontributor bekerja sesuai dengan visi dan misi Mongabay.co.id.  Kontributor harus menjaga nama baik Mongabay.co.id, karena secara langsung maupun tidak langsung kontributor akan bertemu dan berinteraksi dengan pihak-pihak lain di luar Mongabay.co.id.

2) Kontributor tidak menyalahgunakan nama baik Mongabay.co.id, baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan golongan.

3) Dalam melakukan peliputan, kontributor harus menempuh cara-cara terpuji, tidak melanggar hukum, melalui upaya yang jujur dalam memperoleh berita, tulisan dan gambar.

4) Kontributor dalam menyusun tulisan atau gambar tidak mencampur adukkan antara opini dan fakta, serta tidak memutarbalikkan suatu fakta/kejadian. Penulisan harus dilakukan prinsip komponen pemberitaan yaitu 5W, 1H.

5) Kontributor meneliti kebenaran suatu informasi, keterangan, berita atau gambar sebelum disampaikan kepada Mongabay.co.id.  Kontributor bertanggung jawab sepenuhnya atas kebenaran, fakta dan berita yang ditulisnya.

6) Kontributor mengetahui dan paham tentang kaidah-kaidah jurnalistik dan etika jurnalistik yang berlaku di Indonesia (salinan Kode Etik Jurnalistik dapat di lihat di sini).

Hak dari kontributor:

Sebagai hak, baik Kontributor Resmi maupun Kontributor Lepas berhak mendapatkan hak sebagai berikut:

1) Mendapatkan kompensasi dari hasil kerjanya.  Mongabay.co.id akan memberikan perhitungan sebagai berikut:  a) Untuk pemuatan artikel pemberitaan: Mongabay.co.id akan memberikan balas jasa sebesar Rp 750 per kata yang dimuat, b) Untuk pemuatan foto: Mongabay akan memberikan balas jasa sebesar Rp 50.000 – Rp 100.000 per foto yang dimuat.

2) Mendapatkan pengakuan terhadap karya tulisnya. Kontributor berhak ditulis/ ditayangkan namanya dalam setiap artikel dan kiriman foto yang dimuat, perkecualian dapat dilakukan atas permintaan dari kontributor itu sendiri.

3) Hak cipta fotografi. Foto yang dikirimkan dan dimuat tetap merupakan hak cipta dari kontributor.  Dengan dimuatnya syarat ketentuan ini, kontributor sebagai pemilik foto telah mengijinkan Mongabay.co.id untuk menayangkan foto tersebut untuk kepentingan informasi dan pemberitaan.  Foto yang dimuat di Mongabay.co.id akan mencantumkan nama dari fotografer.  Jika ada pihak ketiga yang menginginkan/membeli foto tersebut, Mongabay.co.id akan mengarahkannya kepada fotografer/pemilik foto.

Catatan tambahan tentang foto:

a) Format foto minimal yang dikirimkan adalah mengikuti ukuran (minimal) 1024 x 768 pixel.

b) Perhitungan balas jasa foto yang dimuat tidak berdasar pada jumlah frekuensi pemuatan sebuah foto, tetapi berdasarkan kepada jumlah foto yang dimuat di Mongabay.co.id

PENGIRIMAN APLIKASI

Setiap orang yang tertarik menjadi kontributor Mongabay.co.id harus mengirimkan scan KTP/SIM, nomor telepon yang dapat dihubungi dan curriculum vitae (CV/biodata singkat dan 2 kontak referensi).  Tanpa melengkapi syarat tersebut, Mongabay.co.id tidak akan melayani komunikasi lebih lanjut.

Hubungan profesional antara kontributor dan Mongabay.co.id akan dilakukan dalam sebuah kontrak kerjasama berjangka waktu tertentu.

Jika anda tertarik sebagai kontributor, anda dapat mengirimkan surat elektronik serta dokumen-dokumen prasyarat lainnya tersebut ke alamat email: rrsigit[at]mongabay.co.id

 


Post a Comment for "Cara Menulis Artikel di Mongabay"

close