MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRILAKU SOSIAL - Masnaato
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRILAKU SOSIAL


MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
TERHADAP PRILAKU SOSIAL
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas
Program study keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)


Disusun oleh:

                                                             SITI NURAENI IX TKJ 3

PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN
SMKN BANTARKALONG
Alamat : jl.pemuda 2 hegarwangi kec. bantarkalong kab. tasik Malaya
Telp.0265581377 Fax.0265581378www.Smkn-bantarkalong.sch.id
E-mail:smknbtkl@smkn-bantarkalong.sch.id



KATA PENGANTAR


Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kehadirat- Nya yang telah memberikan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada saya sehingga makalah ini dapat saya selesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.

Berikut ini akan saya persembahkan sebuah makalah yang berjudul “ Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Sosial Masyrakat “ .

Saya menyadari sekali bahwa makalah ini jauh dari ketidaksempurnaan baik dari segi bentuk penyusunannya ataupun secara keseluruhannya. Apabila terdapat salah penulisan dalam makalah ini saya mohon maaf yang sebesarnya karena saya juga masih dalam tahap belajar.

Dengan demikian, saya ingin mengucapkan terimakasih untuk para pembaca yang telah ,membaca makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk kita semua.



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ....................................................................................         i
DAFTAR ISI        ............................................................................................         ii

BAB I          PENDAHULUAN
A.                 Latar Belakang .............................................................................        1
B.                  Tujuan  .........................................................................................        2
C.                 Sasaran ........................................................................................        2

BAB II         PERMASALAHAN
A.     Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi .................................................        4
B.      Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi......................................................        4
C.     Pengertian Masyarakat ......................................................................................        6
D.     Macam-macam Teknologi Informasi era modern.................................................        7
E.      Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi.....................................................      10
F.     Penggunaan komputer di kehidupan masyarakat...................................................      11
G.    Macam-macam TIK disekitar kita........................................................................      14
H.   Penjelasan Materi Makalah dengan menggunakan analisis swot..............................      16

BAB III       PENUTUP
A.                 Kesimpulan ..................................................................................      18
B.                  Rekomendasi ................................................................................      19

DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Teknologi informasi dan Komunikasi ( TIK ) merupakan salah satu hal yang tidak akan lepas dari kehidupan manusia. Karena teknologi informasi dan komunikasi sudah ada sejak berabad-abad yang lau dan sampai saat ini masih terus berkembang,berkembang jauh lebih canggih dari sebelum-sebelumnya. Tanpa adanya teknologi informasi dan komunikasi, manusia akan kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain dan akan sulit juga untuk mendapatkan informasi.
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari,TIK juga memiliki dampaknya dalam berbagai bidang terutama pada bidang hiburan. Teknologi bukanlah sesuatu yang mutlak bermanfaat,tetap ada sisi negatifnya juga. Jika diibaratkan, TIK itu seperti pisau,yang jika digunakan dengan benar maka akan membawa manfaat tetapi jika disalahgunakan akan membawa mudharat/akan membawa dampak buruk.Kecanggihan TIK pada zaman sekarang ini menyebabkan masyarakat luas kebanyakan menyalahgunakannya.Internet merupakan salah satu dari fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Banyak orang yang lebih senang berkomunikasi dengan orang lain lewat dunia                            maya sehingga ketika bertatapan langsung rawan sekali terjadinya pembunuhan,penculikan penipuan dan lain sebagainya. Para remaja yang masih berusia dini juga mereka bisa membrowsing situs apa pun dari internet tersebut sampai banyak anak-anak yang melanggar peraturan dengan membuka situs-situs pornografi yang seharusnya sama sekali tidak boleh mereka lihat karena akan merusak mental dan pola pikir mereka.
Akibat pesatnya perkembangan TIK membuat masyarakat menjadi sangat ketergantungan dengan yang namanya Teknologi Informasi dan Komunikasi,terutama internet.Oleh karena itu,dalam makalah ini saya akan membahas secara keseluruhan tentang ‘’Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap perilaku Sosial Masyarakat” hingga sampai pada saat ini.

B.     Tujuan :
Karya tulis ini bertujuan untuk menambah wawasan terhadap masyarakat luas tentang teknologi informasi dan komunikasi. Agar mereka memahami bahwa pengetahuan TIK sangat penting untuk memenuhi kebutuhan hidupnya di berbagai hal. Dan dengan teknologi segalanya menjadi mudah dan produktif.
Makalah ini juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa kecanggihan Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki banyak manfaat untuk kita tetapi TIK juga memiliki dampak negatif jika kita menyalahgunakannya.
Sehingga masyarakat dapat berkomunikasi lebih luas lagi dengan orang-orang disekitarnya. Bisa lebih mengetahui tentang apa yang sebelumnya mereka tidak ketahui. Untuk berkomunikasi dengan teman,rekan kerja,keluarga yang berada diluar negeri saja sekarang sudah sangat mudah.
Makalah ini akan menjelaskan apa saja dampak-dampak dari TIK terhadap perilaku sosial masyarakat agar masyarakat tidak tersesat dan terjerumus ke dalam pengaruh-pengaruh yang kurang baik dari TIK.

C.    Sasaran :
Remaja atau Generasi Muda
Pada zaman yang modern dan canggih ini para remaja atau anak-anak usia dini mereka sangat maniak sekali dengan penggunaan TIK,seperti internet.handphone,laptop,ippad,komputer,televisi dan lain sebagainya. Mereka snagat kecnaduan sekali erutama dengan yang namanya internet untuk browsing apa saja yang mereka mau semua terdapat disitu. Maka dari itu untuk para remaja harus dibimbing dalam menggunakan TIK dengan baik dan benar. Agar mereka tidak menyalahgunakan fungsi dari TIK tersebut.

Pemerintah
Sebaiknya pemerintah melalui Departemen Komunikasi dan Informasi dapat membuat kebijakan-kebijakan yang berfungsi untuk mengontrol penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi supaya tidak berdampak negatif terhdap kebudayaan bangsa kita.

Masyarakat
Ilmu pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat berguna untuk para masyarakat luas. Mempermudah komunikasi mereka,menambah wawasan mereka tentang kebudayaan-kebudayaan bangsa kita melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi kita dapat mengetahui informasi tersebut.

Orang tua
Kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi seringkali disalahgunakan oleh anak-anak atau para remaja. Oleh karena itu orang tua harus selalu mengawasi anak-anak mereka dalam menggunakan TIK berupa internet,handphone dan lain sebagainya,agar terhindar dari dampak negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi.

BAB II
PERMASALAHAN

A.    Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa Inggris: Information and Communication Technologies; ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

B.     Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi
Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi 'otak' perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti 'otot' manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) 'otak' manusia.

C.    Pengertian Masyarakat
Masyarakat  bisa diartikan sebagai pergaulan hidup manusia sehimpun orang yang hidup bersama dalam sesuatu tempat dengan ikatan aturan tertentu, juga berarti orang, khalayak ramai. Menurut Hasan Sadily memberi pengertian bahwa masyarakat ialah “Kesatuan yang selalu berubah, yang hidup karena proses masyarakat yang menyebabkan terjadi proses perubahan itu”.
Sedangkan menurut Plato masyarakat ialah “merupakan refleksi dari manusia perorangan”. Suatu masyarakat akan mengalami keguncangan sebagaimana halnya manusia perorangan yang terganggu keseimbangan jiwanya yang terdiri dari tiga unsur yaitu nafsu, semangat dan intelegensia.
Dalam konsep An-Nas bahwa masyarakat adalah makhluk sosial. Manusia tidak dapat hidup sendiri dengan mengabaikan keterlibatannya dengan kepentingan pergaulan antara sesamanya dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam hubungan manusia dengan masyarakat terjadi interaksi aktif. Manusia dapat mengintervensi dengan masyarakat lingkungannya dan sebaliknya masyarakat pun dapat memberi pada manusia sebagai warganya. Oleh karena itu, dalam pandangan Islam, masyarakat memiliki karakteristik tertentu.
Prinsip-prinsip ini harus dijadikan dasar pertimbangan dalam penyusunan sistem pendidikan Islam. Masyarakat merupakan lapangan pergaulan antara sesama manusia. pada kenyataannya masyarakat juga dinilai ikut memberi pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan dan perilaku manusia yang menjadi anggota masyarakat tersebut. Atas dasar pertimbangan ini, maka pemikiran tentang masyarakat mengacu pada penilaian bahwa:
1.      Masyarakat merupakan kumpulan individu yang terikat oleh kesatuan dari berbagai aspek seperti latar belakang budaya, agama, tradisi kawasan lingkungan dan lain-lain.
2.      Masyarakat terbentuk dalam keragaman adalah sebagai ketentuan dari Allah, agar dalam kehidupan terjadi dinamika kehidupan sosial, dalam interaksi antar sesama manusia yang menjadi warganya.
3.      Setiap masyarakat memiliki identitas sendiri yang secara prinsip berbeda satu sama lain.
4.      Masyarakat merupakan lingkungan yang dapat memberi pengaruh pada pengembangan potensi individu.
Dari beberapa penjelasan yang telah dijelaskan di atas, dapatlah diberi kesimpulan bahwa pengertian masyarakat yang penulis maksudkan ialah sekelompok manusia yang terdiri di dalamnya ada keluarga, masyarakat dan adat kebiasaan yang terikat dalam satu kesatuan aturan tertentu.
D.    Macam-macam Teknologi Informasi era modern
1.      Mesin Cetak
Mesin Cetak pertama dibuat  oleh Johann Guttenberg.
2.      Analytical Machine
Diciptakan oleh Charles Babbage . Mesin ini memiliki kemampuan untuk memasukkan data, mengolah data, serta mengeluarkan bentuk outputnya dibuat kartu.
3.      Telegraf dan Kode Morse
             Diciptakan pada 1873 oleh Samuel Morse bersama kedua kawannya.
4.      Film
Diciptakan pada tahun 1861 sebagai alat komunikasi untuk mengungkapkan gagasan yang ada atau menyampaikan pesan kepada orang banyak.
5.      Pesawat Telepon dan Fotografi
Diciptakan pada 1877 oleh Alexander Graham Bell yang dikembangkan untuk dipergunakan secara umum.
6.      Pita penyimpan magnetis
             Ditemukan pada 1899.
7.      TV Tabung
             Diciptakan oleh Zvorkyn pada 1923.
8.      Media penyimpan magnetic tape
             Diciptakan pada 1940.
9.      Hypertext
            Hypertext adalah system pengkodean yang dikembangkan oleh Vannevar          Bush.
10.  Komputer Digital
        Diciptakan pada 1948 dengan nama ENIAC I yang terinspirasi oleh ditemukannya analytical machine.
11.  Transistor
Dikembangkan pada 1948 untuk mengganti tabung vakum agar bentuknya menjadi lebih            kecil, lebih hemat energi, dan tidak menimbulkan panas  berlebih.
12.  Transistor Planar
Pada 1957, dikembangkan komponen elektronik transistor planar oleh Jean Hoerni.
13.  Jaringan computer Desentralisasi
Pengembangan system jaringan desentralisasi oleh RAND yang bertujuan mengendalikan system pengeboman dan peluncuran kendali dalam perang nuklir.
14.  Jaringan computer pertama
Pada 1969, ditemukan system jaringan computer pertama di Amerika Serikat yang dibentuk dengan menghubungkan empat titik, yaitu Universitas of California, SRI (Stanford), University of Utah, dan University California of Santa Barbara, dengan kekuatan sebesar 50 kbps.
15.  Email
Ditemukannya program surat secara elektronik berupa pesan text atau emaildi awal kemunculannya. Ray Tomlinson menciptakannya pada 1972.
16.  Internet
Istilah Internet diperkenalkan dalam sebuah karya tulis mengenai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Setelah itu, dikembangkan sebuah protokol jaringan dengan nama sama oleh grup DARPA. Pada 1981, dikembangkan CSNET dengan kapasitas 56 kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Pada 1986, IERF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan koordinasi antara DARPA,             ARPANET, DDN dan internet gateway.


E.     Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi
1.      Dampak Positif
Dampak Positif dari munculnya Teknologi Informasi terhadap masyarakat adalah .
a.       Kita dapat menyelesaikan pekerjaan sengan semakin mudah dibantu perangkat yang semakin berkembang dan praktis.
b.      Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi bahkan internet dapat kita akses di genggaman tangan kita sendiri, yaitu melalui handphone.
c.        Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
d.   Media pertukaran data, para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. 
e.       Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
f.       Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
g.     Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
2.      Dampak negatif
Dampak Negatif dari munculnya Teknologi Informasi terhadap masyarakat adalah:
a.       Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.
b.      Munculnya budaya plagiarisme.
c.       Dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini udah biasa kita sebut 'copast' copy paste.
d.      Munculnya pornografi/konten konten dewasa.
e.       Munculnya pencurian dengan mengambil/menghack.
F.     Penggunaan Komputer di Kehidupan Masyarakat
1.Bidang Perbankan
Didalam Bank, komputer digunakan sebagai Sistem Uang Elektronik (menggunakan ATM, Kartu Kredit, Debit Card, dan lain lain) untuk menyimpan data, memproses transaksi dan pembayaran tagihan secara on-line.
2. Bidang Perdagangan
Komputer sangat membantu untuk memproses data dalam jumlah yang banyak seperti di tempat-tempat perbelanjaan untuk menyimpan data transaksi, inventaris persediaan (stock) barang, pembuatan laporan keuangan, faktur, surat- surat, dokumen dan lain-lain. Selain tunai pembayaran juga dapat dilakukan secara elektronik dengan menggunakan credit card atau debit card.
3. Bidang Perindustrian
Komputer digunakan di dalam bidang industri (CAM – Computer Aided Manufacturing) untuk menghasilkan produktivitas kinerja yang tinggi, mengurangkan biaya dan menangani masalah kekurangan tenaga kerja. Misalnya, robot diciptakan untuk menjalankan semua kerja dengan mengikuti arahan yang diberikan melalui komputer seperti memasang komponen-komponen kereta atau membukanya kembali, membersihkan minyak dan menyembur cat dalam industri pemasangan kereta. Untuk merancang sebuah mobil digunakan CAD – Computer Aided Design.

4. Bidang Transportasi
Komputer digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas. Di Negara maju kereta dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer. Jalan raya juga dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan memberikan pesan kepada komputer pusat untuk memudahkan pengendalian jalan raya tertentu.
5. Bidang Rumah Sakit
Pada Rumah Sakit modern, komputer digunakan untuk membantu dokter menjalankan tugasnya seperti mendiagnosis penyakit, menghasilkan gambar sinar-X bergerak (CAT – Computer Axial Tomography), membantu orang cacat seperti menghasilkan alat membaca dengan teks khusus bagi orang tuna netra. Selain itu untuk menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian para karyawan RS, mengelola persediaan stock obat-obatan.
6. Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenal sebagai CBE (Computer Based Education). CAI (Computer Assisted Instruction) digunakan para pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran. Selain itu komputer jg dapat digunakan untuk meyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar, dan soal-soal ujian maupun latihan.
7. Bidang Seni
Synthesizer kini popular digunakan untuk meniru bunyi alat-alat musik tradisional seperti bunyi gitar dan piano. Komputer juga digunakan dalam berbagai proses penciptaan lagu seperti penyusunan dan rangkaian (sequencing) nada. Grafik komputer merupakan bidang yang pesat dimajukan kini. Komputer juga telah digunakan untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan untuk menghasilkan “special effects”.
8. Bidang Penelitian Ilmu Pengetahuan (Science)
Komputer digunakan untuk penyelidikan tenaga nuklear dan pemrosesan data, penyelidikan kawasan minyak. Komputer juga digunakan untuk penelitian angkasa lepas dan penyelidikan asas dalam sains dan matematik. Komputer juga digunakan dalam ramalan cuaca seperti mengambil gambar awan dan dikirim ke bumi. Di bumi para ahli cuaca akan meramal cuaca pada ketika itu.
9. Bidang Rekreasi
Komputer digunakan sebagai satu sumber alat rekreasi untuk orang ramai yaitu permainan komputer baik secara online maupun offline. Komputer juga digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis alat rekreasi yang canggih seperti roller coaster dan lain-lain.
10. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Komputer juga dicipta untuk tujuan perperangan dalam sistem senjata, pengendalian dan komunikasi. Kapal perang dan kapal terbang yang modern dipasang dengan peralatan komputer yang canggih untuk membantu dalam melakukan navigasi atau serangan yang lebih tepat. Komputer juga digunakan untuk latihan simulasi perperangan bagi calon prajurit untuk mengurangkan biaya.
11. Bidang Komunikasi
Komputer bisa mengirim dan menerima pesan dari komputer yang lain sampai beribu kilometer jauhnya. Telekomunikasi ialah proses pertukaran pesan di beberapa sistem komputer atau terminal melalui alat media seperti telepon, telegraf dan satelit. E-mail ialah surat elektronik yang dikirim melalui komputer, salah satu bentuk komunikasi dengan menggunakan komputer. MODEM (Modulator/Demodulator) diperlukan untuk menukar pesan komputer kepada isyarat audio supaya boleh dihantar melalui telepon.

G.  Macam-macam Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekitar Kita
Di era modern ini, kita bias merasakan pesatnya perkembangan teknologi yang cukup menakjubkan, khususnya dirasakan dalam bidang teknologi, seperti teknologi informasi dan komunikasi. Macam-macam Teknologi Informasi pun berkembang lebih cenggih dan memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan.
Perangkat teknologi informasi merupakan segala jenis peralatan yang digunakan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, baik melalui media cetak atau pun elektronik. Berikut ini adalah beberapa alat yang tergolong dalam teknologi informasi:
a.      Televisi
Merupakan perangkat teknologi informasi yang berupa system penyiaran yang disertai dengan gambar (visual) dan suara (audio).
b.      Komputer
Merupakan alat elektronik otomatis yang biasanya alat ini digunakan untuk         membantu dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan             computer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video, dan animasi.
c.       Laptop
Perangkat ini memiliki fungsi yang sama dengan computer. Hanya saja pembuatannya sengaja dibuat lebih praktis sehingga dapat dilipat dan mudah          untuk dibawa kemana pun.  
d.     Radio 
Merupakan perangkat teknologi yang digunakan untuk pengiriman         sinyal.   Perangkat elektronik ini       memiliki fungsi untuk menyampaikan       informasi berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah             ditetapkan. 
e.       Kamera Digital
 Merupakan perangkat teknologi terkini yang biasa digunakan untuk mengabadikan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpan          secara digital     atau disk.
f.       Al-Quran Digital
            Al-Quran digital adalah perangkat yang dapat menyimpan dan   menampilkan ayat-        ayat suci Al-Quran, baik dalam huruf arab ataupun   terjemahan. Canggihnya, alat ini dapat mengeluarkan tulisan dan suara.
g.      Mesin Kasir
            Merupakan perangkat yang digunakan untuk memperoleh informasi       pembayaran di kasir.
h.      Handphone atau telepon seluler
Merupakan alat untuk berkomunikasi dengan orang lain dari jarak jauh.Mealui handphone kita juga bisa mengakses fasilitas internet sehingga mudah untuk mendapatkan informasi
H.    Penjelasan Materi Makalah dengan menggunakan Analisis Swot :
Analisis permasalahan ‘’Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap perilaku sosial Masyarakat” dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :
1.      Kekuatan ( Strenght )
a.       Munculnya berbagai jenis jejaring sosial dari adanya teknologi informasi.
b.      Dengan semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi masyarakta lebih memilih belanja melalui internet atau belanja online.Karena dinilai lebih praktis dan tidak perlu membuang waktu untuk pergi ke pusat perbelanjaan hanya tinggal menunggu diantar kerumah saja.
c.       Para masyarakat ingin berkomunikasi dengan orang lain melalui fasilitas handphone, email, chat, bahkan bisa saling bertatapan langsung hanya dengan lewat internet.
d.      Rasa penasaran atau rasa ingin tahu seseorang terhadap sesuatu yang belum mereka ketahui mereka bisa cari lewat media cetak,internet,hp,sehingga mereka lebih mudah untuk mendapatkan informasi.
2.      Kelemahan ( Weakness )
a.       Kurangnya ilmu pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan para masyarakat sulit untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan baik.
b.      Dari perubahan sifat sosial masyarakat tersebut mengakibatkan pola perubahan pada interaksi.
c.       Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat dunia maya daripada bertemu langsung.
d.      Budaya konsumsi setiap orang menjadi meningkat karena adanya belanja-belanja online sehingga dapat menimbulkan sifat boros pada jiwa seseorang.
3.      Peluang ( Opportunity )
a.       Remaja atau generasi muda yang memiliki rasa ngin tahu yang besar,menyebabkan mereka menjadi kecanduan terhadap internet.
b.      Faktor lingkungan sekitar juga dapat mempengaruhi pola pikir seseorang. Mungkin bisa juga lewat dari obrolan-obrolan dengan teman-teman yang memberikan informasi tentang kecanggihan dari TIK bisa membuat orang menjadi ingin tahu apa sebenernya TIK itu.
c.       Masyarakat yang awam dengan masalah Ilmu Pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan mereka kurang update tentang sesuatu yang terjadi di sekita mereka.
d.      Orang tua yang kurang mengawasi anaknya, tidak mengontrol anaknya bisa menyebabkan anak menyalahgunakan fasilitas dari Teknologi Informasi dan Komunikasi.
4.      Tantangan / Hambatan ( Threats )
a.       Masyarakat tidak mengetahui cara penggunaan fasilitas untuk komunikasi dan untuk mendapatkan informasi bisa menjadi hambatan bagi mereka sehingga mereka terlambat mengetahui yang sedang terjadi disekitarnya.
b.      Tidak memiliki alat-alat untuk berkomunikasi dan untuk mencari informasi seperti tidak memiliki handphone,televisi,media cetak, komputer,dan lain-lain.
c.       Orang tua melarang anak-anaknya untuk menggunakan fasilitaas dari TIK seperti handphone,laptop,komputer,ippad dan lain sebagainya.
d.      Kurang berminat dalam membaca bisa juga menjadi hambatan bagi kita untuk mendapatkan informasi.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa Inggris: Information and Communication Technologies; ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
2.      Masyarakat  bisa diartikan sebagai pergaulan hidup manusia sehimpun orang yang hidup bersama dalam sesuatu tempat dengan ikatan aturan tertentu, juga berarti orang, khalayak ramai. Menurut Hasan Sadily memberi pengertian bahwa masyarakat ialah “Kesatuan yang selalu berubah, yang hidup karena proses masyarakat yang menyebabkan terjadi proses perubahan itu”.
3.      Teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan dampak-dampak terhadap masyarakat semisal, kita lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan karena adanya teknologi, dengan teknologi informasi kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan fasilitas e-mail, chatting; Selain itu, dengan TI kita dapat berbelanja memalui situs-situs dan jejaring sosial tertentu. Untuk para pelajar, dengan adanya teknologi informasi pelajar dapat mencari materi-materi yang menunjang pembelajaran dengan mencari di dalam internet, dll.
4.      Selain memberikan dampak-dampak positif yang sangat banyak, teknologi informasi juga memberikan dampak-dampak negatif, semisal : munculnya situs-situs porno(pornografi), meningkatnya plagiatisme, mengurangi sifat sosial manusia karena lebih cenderung menggunakan internet dari pada bertemu secara langsung, akibatnya terjadi perubahan interaksi sosial, serta meluasnya perjudian.

B.     Rekomendasi
a.       Munculnya berbagai jenis jejaring sosial dari adanya teknologi informasi.Kita boleh membuka berbagai macam situs di internet untuk mendapatkan informasi yang ingin kita ketahui. Akan tetapi sebaiknya jangan membuka situs-situs yang berdampak negatif untuk diri kita seperti situs pornografi dan yang lainnya.Karena dapat menyebabkan kita menyalahgunakan pemakaian fasilitas yang ada.
b.      Budaya konsumsi setiap orang menjadi meningkat karena adanya belanja-belanja online sehingga dapat menimbulkan sifat boros pada jiwa seseorang. Sebaiknya berbelanjalah sesuai dengan keperluan kita jangan terlalu sering menghambur-hamburkan uang,sebagian uang yang kita punya seharusnya bisa ditabung untuk masa depan. Agar bermanfaat untuk kedepannya.
c.       Orang tua yang kurang mengawasi anaknya, tidak mengontrol anaknya bisa menyebabkan anak menyalahgunakan fasilitas dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Orang tua harus lebih sering mengontrol anak-anak mereka agar tidak kecanduan dengan internet,handphone, tidak menonton acara-acara ditelevisi yang belum pantas ditonton oleh mereka. Mengajarkan anaknya untuk lebih banyak belajar agar bisa berprestasi dan berguna untuk nusa dan bangsa.
d.      Masyarakat tidak mengetahui cara penggunaan fasilitas untuk komunikasi dan untuk mendapatkan informasi bisa menjadi hambatan bagi mereka sehingga mereka terlambat mengetahui yang sedang terjadi disekitarnya. Ada pepatah yang mengatakan ‘’malu bertanya sesat dijalan”,jika kita tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan fasilitas tersebut kita seharusnya banyak belajar lewat buku atau bisa juga dengan bertanya kepada orang yang lebih paham dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bagi kita yang mengerti tentang TIK harus membimbing orang-orang yang awam agar mereka tidak ketinggalan informasi dan supaya mereka juga bisa berkomunikasi dengan baik di lingkungan sekitarnya.

Post a Comment for "MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRILAKU SOSIAL"