Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Artikel di Viva.co.id

Cara Menulis Artikel di Viva.co.id

Sahabat, postingan kali ini saya tujukan bagi yang pernah bertanya tentang VivaLog. Jadi, di Facebook saya pernah sesumbar tentang peningkatan traffic yang signifikan setelah mengirimkan artikel di VivaLog. Bukan mengajarkan untuk selalu mengejar jumlah traffic, tapi kalau semakin banyak yang berkunjung dan membaca tulisan kita kan berarti juga makin banyak manfaat yang di dapat. Makanya saya sarankan agar Sahabat selalu menuliskan hal-hal yang bermanfaat di blog bukan hanya sekedar mencari sensasi.

Oh iya, bicara tentang VivaLog jangan-jangan ada yang belum paham. Baiklah, saya jelaskan sedikit. Begini, portal berita milik VivaNews memiliki satu rubrik yang ditujukan sebagai public report. Jadi, pada rubrik ini siapapun boleh mengisinya dengan mengirimkan tulisannya ke tim redaksi. Nah, yang unik adalah setiap tulisan yang dimuat tidak utuh. Tim akan memenggal tulisan dan memberikan link ‘Baca selanjutnya’. Apabila pembaca ingin melanjutkan, tinggal klik link ‘Baca selanjutnya’ dan dialihkan ke blog si empunya penulis berita. Sehingga salah satu syarat penulis rubric ini HARUS MEMILIKI BLOG.

Nah, bagaimana cara menulis di VivaLog? Berikut ulasannya.

1. Kunjungi situs vivanews.com, lalu kunjungi bagian VivaLog sesuai petunjuk gambar berikut:


2. Sekarang sahabat bisa melihat artikel dalam VivaLog, sekalian bisa lihat karakter tulisan yang layak tampil. Kalau mau ikut ditampilkan juga klik ‘kirim blog’ dulu.


3. Nah, pada halaman ini juga ada penjelasan singkat VivaLog dan syarat mengirimkan tulisan. Wajib dan harus dibaca terlebih dahulu agar makin paham.


4. Sudah dibaca, lanjut bagi sahabat yang belum terdaftar di situs VivaNews silahkan melakukan pendaftaran dulu dengan klik tombol ‘daftar’. Lalu isi blangko registrasi seperti pendaftaran akun pada umumnya. Kalau sudah berhasil, akan muncul tulisan seperti ini:


5. Buka email yang sahabat gunakan saat registrasi tadi. Cek di kotak masuk, kalau sudah ada email dari Vivanews lakukan verivikasi sesuai dengan petunjuknya.

6. Selesai verivikasi sekarang sahabat bisa login dan terdaftar sebagai VivaNews. Nah, sesuai tujuan kita yaitu mengirim tulisan di VivaLog, maka kita kunjungi lagi halaman VivaLog dan menekan tombol ‘kirim blog’.


7. Tampilan halaman berbeda ketika sebelum login. Sekarang halaman ini sahabat isi dengan tulisan yang akan dikirim. Semua kolom wajib untuk diisi, termasuk gambar. Untuk gambar dibatasi hanya berukuran 100 Kb dan diusahakan sesuai dengan topik tulisan. Meski wajib mengirimkan gambar, tim redaksi punya hak penuh untuk memasang gambar yang akan menjadi ilustrasi tulisan sahabat.


8. Khusus kolom  ‘Link URL Blog’ saya beri sedikit penjelasan. Jadi tulisan yang sahabat akan kirim wajib ditampilkan dulu di blog sahabat. Tidak dipermasalahkan platform blognya. Kemudian copy-paste URL tulisan sahabat di blog ke kolom ini.

9. Jika semuanya sudah terisi dengan benar, klik tombol ‘kirim’. Terakhir, sahabat akan mendapati halaman yang menandakan tulisan sahabat terkirim dan sedang diproses seperti dibawah ini.


10. Perbanyak doa agar tulisan sahabat terpilih tim redaksi dan terpajang di VivaLog.

Demikian tutorial singkat tentang cara mengirim tulisan di VivaLog. Semoga bermanfaat dan dapat dipraktekan. Ingat! Kita bukan mengejar jumlah pengunjung dalam traffic, tapi kita mengejar jumlah kebermanfaatan dalam tulisan kita. So, keep writing and be inspiring blogger!

 


2 comments for "Cara Menulis Artikel di Viva.co.id"

  1. Saya beberapa kali menulis artikel di berbagai web berita, memang harus konsisten agar bisa mendapat manfaatnya, terutama di affiliatenya. jadi buat temen temen yang mau coba jadi penulis di media press, tetap semangat. metrolagu

    ReplyDelete
close