Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengirim Tulisan atau Artikel di Basabasi.co

Cara Mengirim Tulisan atau Artikel di Basabasi.co

Cara Mengirim Tulisan atau Artikel di Basabasi.co - Basabasi.co adalah tempat kongkow dan bercerita ini mengusung impian yang sangat muluk; dikenal luas, diperbincangkan, disegani, dan dicatat dalam kitab-kitab sejarah literasi Indonesia yang dikelola oleh DIVA Press.. Basabasi digagas dan dikelola oleh DIVA Press dan #KampusFiksi, diterbitkan dari Senin hingga Sabtu (kecuali hari libur nasional), menyajikan kolom celoteh (Senin), puisi (Selasa), artikel ringan (Rabu), esai (Kamis), cerpen (Jumat), dan resensi (Sabtu) dari siapa pun yang karyanya lolos kurator tim basabasi.Menjadi kontributor di basabasi.co.

Syarat menulis di Basabasi.co :

1. Basabasi.co berhak untuk menayangkan semua karya yang lolos seleksi.

2. Penulis bertanggung jawab terhadap isi dan orisinilitas karyanya dan memiliki hak cipta untuk setiap karyanya yang dimuat di basabasi.co.

3. Tidak diperkenankan menyebarkan karya yang dimuat di basabasi.co tanpa mencantumkan tautan sumber basabasi.co.

4. Karya belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun (cetak atau digital).

5. Setiap naskah yang dimuat akan mendapatkan fee: cerpen Rp300.000; puisi Rp250.000; esai Rp300.000; rehal buku (resensi) Rp200.000; dan hibernasi (artikel ringan) Rp200.000.

6. Bila dua bulan sejak pengiriman tidak dimuat atau tidak mendapatkan informasi akan dimuat maka otomatis naskah tersebut dinyatakan tidak lolos seleksi.

7. Tema, gaya bercerita, aliran, eksplorasi, dan panjang cerpen bebas; diketik dalam 1.5 spasi, (margin 4 atas, 3 bawah, 4 kiri, 3 kanan). Dan puisi dikirim 5-10 puisi per pengiriman. Genre dan tema puisi bebas.

8. Esai ilmiah, mendalam, teoritik-analitik, reflektif, dengan gaya bahasa dan penyajian ringan, tidak kaku seperti makalah atau skripsi. Minimal 3 halaman 1.5 spasi.

9. Panjang resensi buku adalah 3-4 halaman, 1.5 spasi, wajib menyertakan cover buku, buku bisa dari penerbit mana pun, dan berumur terbit tidak lebih dari 6 bulan. Khusus untuk tulisan atas buku-buku terbitan DIVA Press Group akan mendapatkan tambahan reward (1 eks buku DIVA).

 10. Hibernasi berisi bahasan segala sesuatu yang kekinian, menjadi tren di media massa, hobi, film, musik, fashion, seni, dunia kreatif, pengalaman hidup, dan sebagainya. Disajikan dengan bahasa ringan, panjang 3-4 halaman, 1.5 spasi.


Cara Mengirim Tulisan atau Artikel di Basabasi.co :

1.Tulis artikel/cerita mu di Microsoft Word atau WPS Office 

2.Kirim artikel/ceritamu ke email : gerobaknaskah@basabasi.co

3.Dengan subjek email sesuai dengan jenis naskah/artikelmu (PUISI/CERPEN/ESAI/REHAL BUKU/HIBERNASI).

4.Jangan lupa Penulis WAJIB menyertakan data seperti berikut; nama, nomor dan nama pemilik rekening, akun media sosial, foto pribadi, dan keterangan lain yang dirasa perlu (data diri HARUS diletakkan di halaman terakhir karyamu, bukan di badan email atau di file terpisah).

5.Fee akan ditransfer paling lambat satu minggu setelah pemuatan. Biaya transfer antar bank (kecuali Bank Mandiri) ditanggung oleh penulis.

6.Penulis boleh mengirimkan karya sebanyak-banyaknya dan boleh jadi akan sering dimuat jika lulus seleksi kurator jurnal ini.

Demikian tata cara kirim naskah ke Basabasi.co. walaupun media online, yang kirim naskah ternyata banyak, jadi Sobat mesti mengirimkan karya-karya terbaik agar menang dalam persaingan. Oke…tetap semangat dan salam inspirasi….


4 comments for "Cara Mengirim Tulisan atau Artikel di Basabasi.co"

  1. Replies
    1. Jenis kertas bebas kak ,sebaiknya pakai format umum A4

      Delete
  2. Untuk tulisan yang tidak lolos, apakah diperbolehkan untuk dikirim ke web lain?

    ReplyDelete
  3. Kalau tulisan ditolak biasanya ada pemberitahuan enggak ka ya?

    ReplyDelete
close