Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN MAGANG/PKL DI PETROKIMIA GRESIK PART 1

                                                

  Perkenalkan aku mahasiswa jurusan Teknologi Informasi angkatan 2018, jadi aku mau berbagi sedikit pengalaman sekalian ngeramein blog kita hehe. Kemarin, tepatnya bulan Agustus semster 5 lalu saya melaksanakan Kerja Praktek atau magang di Pabrik PT. Petrokimia Gresik. Mungkin nanti isinya banyak cerita jalan jalannya ya hehe, tapi yakin banget deh kalian bakal bisa ambil banyak informasi dari ceritaku.Aku yakin, kalian-kalian yang lagi baca tulisan ini pasti lagi nyari info soal Petrokimia kan? Well, biar nggak banyak basa basi langsung aja ya.

 

Pencarian Tempat Magang

    Nah awalnya aku bisa masuk Petrokimia itu gara-gara aku lagi nyari tempat magang dan teman-temanku udah magang semua dari mulai bulan mei atau juni.Nah dari bulan mei sampai juni aku udah beberapa kali daftar ke tempat magang seperti Ruang Guru,Zenius,Ovo,Kompas 2x apply dan satunya perusahaan software asal Singapura FXM WEB dll kalo gak salah sampai 8 perusahaan, dari semua perusahaan yang ku daftari yang dapat tanggapan cuma Kompas dan itu pun gak lolos ,karena udah mau bulan Agustus dan masih belum dapat tempat magang apalagi ditambah lagi ada pandemic covid-19 jadi mungkin banyak perusahaan menutup program magang mereka yang akhirnya sulit untuk mencari tempat magang,dan takutnya kalau belum dapat tempat magang nanti telat sertifikasi atau tes toefl nya,dan  akhirnya  dapet tawaran dari dosenku waktu itu,sempat kefikiran mau daftar tapi tiba-tiba temanku Nopal ini nge wa kalo PMMB BACTH 2 dari PT PETROKIMIA GRESIK itu membuka kesempatan. Nah masalahnya pendaftaran tinggal 3 hari ,dapat infonya hari jumat tanggal 17 Juli dan terakhir tanggal 19 Juli ,saat itu masih belum ada persiapan berkas-berkas.

            Note : saya sebelumnya pernah mengajukan magang di PT PETROKIMIA GRESIK bukan melalui PMMB tapi langsung ke web ,dan waktu itu juga tidak ada tanggapan.

Untuk syarat berkas pendaftarannya sebagai berikut :

            1.Surat Rekomendasi dari kampus (ini saya pake form K1 ,karena waktu mau mengajukan ternyata gak bisa jadi dalam 2 hari)

            2.KTP

            3.KTM

            4.Video Motivasi ikut PMMB

            5.Nilai

            Setelah beberapa hari ngumpulin berkas tanggal 19 Juli akhirnya submit data ,dan nunggu pengumuman tanggal 21 Juli.

Hari yang ditunggu akhirnya tiba ,tanggal 23 dan pengumuman lewat email dinyatakan lolos tahap administrasi


                                                Foto pengumuman tahap administrasi

dan harus tes pengetahuan umum  tentang PT PETROKIMIA tanggal 23 Juli jam 09:00-10:00.Nah lucunya disini kupikir waktu itu tes pengetahuan umumnya cuma sebatas tentang perusahaan aja.Jadi ya belajarnya cuma tentang perusahaan.Dan waktu tes ternyata gk sebatas perusahaan aja tapi juga ada produk-produk pupuk ,kandungan-kandungan dari pupuk ,proses bisnis dll.Yah berhubung gue dulu waktu sma suka kimia jadi agak ngerti sedikit kalo bahasa jawanya ngerti sitik-sitik.Hasil tes gue cuma dapet nilai 61 ,benar 37 dan salah 23 untuk total soalnya 60.Berikut foto hasil tes yang kedua.

                                                        Foto hasil dari tes seleksi tahap tpu

            Setelah itu disuruh nunggu pengumuman yang kedua tanggal 27 Juli. Nah waktu tanggal sudah 27 ternyata pengumumannya diundur sampai tanggal 29 Juli. Dan penantian panjang pun akhirnya datang ,akhirnya dapat pengumuman via email bahwa saya dinyatakan tidak lolos, huhuhu sedih dong pastinya padahal udah berharap banyak malah di php ,mana teman-temanku udah pada magang semua kan waktu itu ,ditambah orang tua ku juga ikut kecewa.

    

    

                                              Foto dinyatakan tidak lolos

            Akhirnya cari tempat magang lagi dan akhirnya dapet tawaran dari dosen ku ,waktu tanggal 31 Juli malamnya rencanaku mau mengajukan magang yang dari dosen ku ,tapi waktu sorenya tiba-tiba dapet wa dari si Nopal kalo ada email lagi dari PT PETROKIMIA bahwa dinyatakan lolos PMMB BATCH 2 PT PETROKIMIA ,dan waktu ku check email termyata benar kalo ada email lagi, dan dinyatakan lolos ,wah akhirnya seneng dong wkwkwk gk jadi sedih lagi ,tapi waktu itu masih gk percaya sih. Dan ternyata si Nopal udah tanya ke panitia bahwa email itu ternyata benar dan langsung disuruh masuk grup besar PMMB.

                                                              Dinyatakan lolos

            Setelah masuk grup akhirnya dapat informasi kalo tanggal 3 Agustus – 10 Agustus itu ada masa induksi dari PT PETROKIMIA ,Diklat ,dan Teman Caraka Group.Masa Induksi ini kayak pengenalan terhadap perusahaan dan teman-teman magang ataupun Diklat sama Caraka..

            Proses induksi hari pertama tanggal 3 Agustus jam 13:00-17:00 diisi dengan topik :

                        1.pemaparan program

                        2.pengenalan enterprise university

                        3.perkenalan peserta magang

                        4.dan pre test.

            Pada topic pertama ini diisi tentang seputar perusahaan dari produk ,bahan-bahan,logo,makna dll, dan topic kedua ini menjelaskan tentang platform seperti tugas yang isinya tentang materi-materi dan quiz serta diskusi tentang seputar materi.Pada topic ketiga ini perkenalan peserta magang ,nah disini peserta mendapatkan kode dan dibagi menjadi beberapa kelompok berdasar huruf abjad a-e yang tiap kelompok teridiri dari 6-7 orang, waktu itu aku dapat kelompok d dengan kode d7 dengan kode warna hijau,yang artinya urutan ketuju dan disini kita disuruh buat yel yel,waktu itu yel yel kelompok ku “ijo royo-royo”. Oh iya, kegiatan selama induksi ini lewat zoom atau daring karena sedang ada pandemic corona atau covid-19.

Foto selama induksi via zoom dengan background virtual dari PMMB. 

            Nah di topik keempat ini ada pre tes seperti tes yang tpu.

Hasil pre test dengan soal 60.

    Nah setalah acara selesai ini kita dapat tugas untuk membuat poster dan ppt tentang company profil dan safety induction yang akan dipresentasikan pada hari kedua.Nah lanjut ke part 2 ya

 

 


26 comments for "PENGALAMAN MAGANG/PKL DI PETROKIMIA GRESIK PART 1"

  1. haii kalo boleh tau kamu magang brp bulan disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6 bulan kak ,dari akhir agustus 2020 -akhir januari 2021

      Delete
  2. Bntuk Soal tesnya gimana kira" Mas ? Mohon info

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak di pupuk urea itu kandungannya apa aja ,trus ada deskripsi contoh perilaku nah itu mencerminkan visi/misi petrokimia yang mana dll

      Delete
  3. Replies
    1. Berarti untuk jalur PMMB itu tidak ada interview ya kak? Atau bagaimana?

      Delete
    2. Tergantung kak ,kalau pmmb lewat univ/ptn biasanya ada ,kalau aku dulu lagnsung dari perusahaan dan gk ada interview cuma tes soal ajaa

      Delete
  4. Untuk tesnya di beri waktu berapa jam?

    ReplyDelete
  5. Hi kak, izin tanya. Untuk program PMMB di petrokimia Gresik apakah Online/Offline? Kalau hybrid apakah ada jadwal ketika online/offline? Untuk sistem kerjanya bagaimana ya, hari liburnya tiap apa? thanks for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk sekarang mungkin hybrid ya kalo dilihat2 mengingat tunjangan tiap bulannya yang lumayan gede ,bahkan 2 kali lipat dari yang saya jalani waktu tahun 2020 ,dan kalo offline biasanya di akhir2 magang yang berkaitan dengan projek akhir magang ,dulu waktu saya magang juga ada rencana offline di akhir tapi gk jadi ,sistem kerjanya bisa baca yang bagian 2 ya kak saya sudah jelaskan disana ,untuk libur sabtu minggu dan hari besar

      Delete
  6. Haloo kak, magangnya itu full online ya 6 bulan waktu jaman Anda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tahun 2020 ,bisa dibaca di cerita yang ke 2 ,adapun yg offline cuma 1 anak dan harus domisili gresik kak

      Delete
  7. hai kak, mau nanya tes nya apa cuma mengenai tes mengenai perusahaannya saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. produk perusahaan ,visi misi ,dan bahan2 kimia di produk perusahaan

      Delete
  8. Oh ya kak mau tanya, utk tesnya selain pengetahuan ttg Petrokimia, apakah pakai juga tes TKD lainnya?
    Nama tesnya dulu apa ya kak kalau boleh tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk ada TKD ,hanya TPU saja ,itu digambar no 2 ada nama tesnya ,

      Delete
  9. oh ya mas ijin bertanya, utk total soalnya dulu berapa ya kalau boleh tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu digambar bawah udah saya tulis kak 60 soal

      Delete
  10. halo kak, mau nanya lagi hehe, dulu waktu daftar trs lolos tes tertulis habis itu ada tes interviewnya ngga ya? terimakasih

    ReplyDelete
  11. magang di sana berlaku untuk semua kampus atau kampus mitra saja kak?

    ReplyDelete
  12. Izin tanya kak, utk tes kesehatan itu, misal gigi berlubang apakah gapapa kak? atau gak lolos seleksi?wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gigi berlubang lolos bang wkwkwk ,yang penting jangan penyakit menular aja

      Delete
close